Melakukan Solo Touring, Jangan Lupakan Hal Ini

Melakukan Solo Touring, Jangan Lupakan Hal Ini Sumber: blogspot.com

MATA LELAKI - Touring adalah kegiatan berkendara keluar kota, baik dilakukan sendirian ataupun berkelompok, namun yang sering terjadi adalah berkelompok. Ternyata kegiatan ini jika dilakukan sesuai prosedur akan terasa berkesan dan aman. Terkadang beberapa orang memilih solo touring atau touring sendirian daripada berkelompok, alasannya adalah karena mungkin memang lebih asyik sendiri. Untuk anda yang akan melakukan solo touring, lebih baik menyiapkan beberapa hal ini ini ya, supaya perjalanan anda lebih aman karena anda sendirian jika terjadi apa-apa sulit untuk mencari bantuan. Yuk simak hal apa saja yang perlu dipersiapkan.

1. Rencanakan Rute Perjalanan

#

 

Untuk anda yang masih suka mendadak sebelum touring, lebih baik hindari kebiasaan tersebut. Memang merencanakan rute itu terlihat tidak terlalu penting namun banyak manfaatnya jika anda melakukannya dengan benar. Rencanakan terlebih dahulu rute anda, jadi anda bisa menyiapkan barang tertentu ketika melewati tempat tertentu. Seperti jika anda melewati lokasi yang nantinya jarang pom bensin, anda bisa membawa bensin cadangan di jerigen agar tidak bingung jika kehabisan bensin di jalan.

2. Buat List Perlengkapan dan Peralatan

#

 

Ingat, anda itu sendiri jadi benar-benar siapkan peralatan yang tepat. Jika perencanaan touring sudah matang, lanjut untuk menyiapkan peralatan dan perlengkapan yang akan dibawa, apakah mau camping atau menginap di hotel. Bawalah barang yang sesuai dengan perencanaan anda. Jangan bawa peralatan berlebih dan tidak berguna, bawa peralatan yang benar-benar dibutuhkan. Jangan lupa membawa tools untuk kendaraan anda untuk berjaga-jaga jika ada masalah seperti ban bocor atau bisa juga mesin mogok.

3. Riset Area

#

 

Nah yang satu ini juga tidak kalah penting. Anda bisa terlebih dahulu ketahui situasi dan kondisi tempat yang anda kunjungi medan jalannya seperti apa. Dan yang penting cari tahu tempat yang akan dikunjungi tersebut masih dibuka tidak, jangan sampai sudah jauh-jauh ternyata sudah ditutup, tentu anda akan sangat kecewa. Anda sendiri perlu cari tahu juga medan jalannya ini rawan atau tidak, seperti rawan begal atau perampokan. Tentu keamanan bukan hal dianggap remeh, jika memang rawan cari tahu kapan jam jalan tersebut ramai dilalui.

4. Buat Cadangan Rencana

#

 

Terkadang hal yang ingin dilakukan selalu ada saja masalah. Untuk itu buatlah rencana cadangan perjalanan anda. Jadi ketika rencana awal anda gagal total, anda masih memiliki rencanan cadangan yang juga sama menariknya. Untuk yang sudah memiliki pasangan izin terlebih dahulu ya, jangan anda pergi namun pasangan anda marah karena tidak mengizinkan. Nantinya anda sendiri yang akan kerepotan di jalan.

5. Tentukan Emergency Contact

#

 

Hal yang terakhir ini sangat penting, karena anda tidak pernah tahu kapan akan mengalami hal serius. Karena sendirian, tentu anda harus meminta bantuan bukan. Nah, untuk itu, jangan lupa untuk menyimpan emergency contact seperti ambulans, kantor polisi dan juga keluarga. Selain itu jika terjadi masalah anda bisa share loc kepada saudara anda melalu WA.

Itulah hal penting yang harus anda persiapkan. Karena solo touring memiliki resiko masalah yang lebih besar daripada berkelompok, jadi persiapkan matang-matang sebelum jalan ya.

Leave a Comment