Mau Jadi DJ? Kuasai Dulu 5 DAW Ini

Mau Jadi DJ? Kuasai Dulu 5 DAW Ini Ilustrasi DJ (Sumber: youtube.com)

MATA LELAKI - Musik elektronik, atau lebih spesifik lagi, musik EDM, memiliki penggemarnya sendiri, dan sepertinya musik-musik EDM juga sudah mulai menjamur. Biasanya, orang yang sering mendengarkan musik EDM akan tertarik untuk menjadi seorang DJ.

Mungkin anggapan mereka menjadi DJ adalah pekerjaan yang mudah, namun kenyataannya tidaklah demikian. Pasalnya, ada banyak hal yang harus dikuasai sebelum akhirnya tampil di panggung, salah satunya adalah menguasai DAW atau Digital Audio Workstation untuk menciptakan karya. Berikut ini adalah 5 DAW yang bisa dicoba untuk dikuasai jika ingin menjadi DJ.

1. FL Studio

#
FL Studio (Sumber: cymatics.fm)

 

Bisa dibilang FL Studio atau Fruity Loops merupakan salah satu software DAW yang cukup populer. Pasalnya, sudah banyak musisi EDM papan atas yang juga menggunakan software ini untuk menghasilkan karya. Alasan software ini populer adalah karena kemudahan dalam penggunaannya. Bagi yang belum pernah menggunakannya, jika mengikuti tutorial yang ada di internet, pasti bisa mengikutinya tanpa kesulitan.

2. Ableton Live

#
Ableton Live (Sumber: uaudio.com)

 

Dibandingkan FL Studio, Ableton Live bisa dibilang lebih rumit, dan memerlukan waktu untuk bisa menguasainya. Tentu saja, selain lebih rumit, Ableton Live memiliki fitur yang lebih banyak dibandingkan dengan FL Studio. Lewat software ini, kita bisa menciptakan karya dengan tingkat yang lebih tinggi lagi. Sotware ini cocok bagi musisi EDM yang suka bereksplorasi.

3. Cubase

#
Cubase (Sumber: uaudio.com)

 

Meski terbilang DAW jadul, namun seiring perkembangan zaman, software ini juga mengalami perkembangan ke arah yang lebih baik demi kepuasan dan kenyamanan pengguna. Kini, kita mengenal ada 3 versi Cubase ini, yaitu Cubase Pro, Cubase Artist dan Cubase Elements. Tentu saja, ketiga versi tersebut memiliki tingkat kerumitan yang berbeda, dan semakin tinggi versi yang digunakan, makin banyak waktu yang dibutuhkan untuk menguasainya.

4. Propellerhead Reason

#
Reason (Sumber: gak.co.uk)

 

Nama software yang satu ini mungkin masih asing, namun masih ada juga musisi yang menggunakan DAW ini. Meski dulu software ini sempat bermasalah, kini Reason sudah menjadi lebih baik. Software ini telah mendukung banyak plug-in dan perbaikan yang signifikan, serta memiliki fitur yang lebih lengkap dibandingkan versi-versi sebelumnya. Jika ingin mencoba DAW yang berbeda, bisa melirik software ini.

5. Logic Pro X

#
Logic Pro X (Sumber: alternativeto.net)

 

Bagi pengguna Mac, maka bisa mencoba DAW yang satu ini. Perbedaan dengan software yang sudah disebutkan sebelumnya, terletak di fitur touch bar. Tampilannya juga terbilang simpel dan mudah dimengerti, sehingga bagi orang awam juga bisa mempelajarinya dalam waktu yang tak terlalu lama. Jika kebetulan hanya punya perangkat di rumah dan ingin menjadi DJ, maka inilah pilihan DAW yang tepat.

Jadi, sudah siap untuk menjadi seorang DJ profesional?

Leave a Comment