Friday Aug 12, 2022 09:38

Manfaat Berpegangan Tangan dengan Pasangan dari SIsi Ilmiah

Manfaat Berpegangan Tangan dengan Pasangan dari SIsi Ilmiah

MATA LELAKI - Apakah Anda sering berpegangan tangan dengan kekasih saat jalan bersama? Kalau benar seperti itu, selamat maka anda termasuk orang yang mendapatkan manfaat dari bergandengan tangan dengan pasangan, terutama dari segi ilmiahnya. Bukan rahasia umum lagi, kalau berciuman sampai berhubungan intim, mempunyai manfaat yang sangat baik untuk kesehatan tubuh dan juga kesehatan mental. 

 

Manfaat Berpegangan Tangan dengan Pasangan dari SIsi Ilmiah
Sumber: Stock Photo

 

Untuk genggaman tangan sendiri, berdasarkan penelitian terbaru ternyata bisa mengurangi rasa sakit, bahkan bisa menyinkronkan gelombak otak antara anda dengan pasangan. Penelitian ini tersebut, dilakukan oleh University of Colorado dimana periset ingin menguji apakah manfaat dari interaksi fisik, terutama antara pasangan yang saling mencintai. Interaksi antar kulit, juga merupakan alat komunikasi tidak langsung antara anda dengan pasangan.

Penelitian ini sendiri, mengumpulkan total 22 pasangan yang sudah bersama dalam kurun waktu satu tahun. Mereka lalu dihadapkan kepada rangkaian skenario yang dihubungkan ke mesin electroencephalography (EEG) untuk mengukur gelombang otak. Untuk penelitian ini sendiri, dimulai dari duduk di satu ruangan tanpa bersentuhan, duduk bersama sambil berpegangan tangan dan juga duduk di kamar terpisah. Lalu untuk wanita, juga diberikan sedikit sentuhan rasa sakit.

Hasilnya, saat pasangan yang ada di ruangan sama namun tidak bersentuhan, tapi saat mereka diizinkan bersentuhan, koneksi gelombang menjadi lebih kuat. Menariknya juga, saat pria memegang tangan pasangan mereka, pikiran jauh lebih selaras dan juga jauh lebih berempati. Sehingga, rasa sakit yang ada pada wanita, akan berkurang dengan sendirinya. Sebaliknya, ketika mereka tidak diizinkan melakukan kontak fisik, sinkronisitas gelombang otak akan mengalami penurunan.

Jadi bisa disimpulkan, temuan ini mendapatkan betapa pentingnya, sinkronisasi otak, detak jantung, dan pernapasan pada genggaman tangan kepada orang yang dicintai. Di samping itu pula, berpegangan tangan, juga akan membuat anda menjadi lebih dekat dan intim serta terhubung dengan pasangan. Skala kecil dari penelitian yang mereka lakukan memang masih perlu ditelaah dan dilakukan untuk lebih lanjut. Walaupun begitu, sudah cukup jelas kalau sentuhan tangan bisa memperbaiki perasaan kedua belah pihak, juga menumbuhkan empati serta mengurangi rasa sakit fisik.

You may also like

Leave a comment