Makanan Pengganti Ini Sempat Hits Saat Perang Dunia II

Makanan Pengganti Ini Sempat Hits Saat Perang Dunia II Sumber: IDN Times

MATA LELAKI - Perang memang hanya membawa duka dan masalah, baik yang menang dan juga kalah. Perang Dunia II contohnya. Konon korban jiwa dari salah satu peristiwa paling tragis sepanjang sejarah itu mencapai 50.000.000 sampai 80.000.000 orang. Belum lagi, pada zaman itu banyak yang kehilangan rumahnya, keluarganya, hartanya. Krisis pangan juga terjadi, ditambah krisis ekonomi. Rakyat yang menjadi korbannya, kelaparan timbul dimana-mana.

Ketika Perang Dunia II dimulai, tentu stok untuk membuat bahan makanan menjadi tipis dan tidak terkendali. Mau tidak mau, rakyat sampai tentara harus terbiasa dengan makanan pengganti ini.

Potato Pastry

#
Sumber: IDN TImes

 

Pada masa Perang Dunia II, rakyat Inggris suka sekali mengkonsumsi makanan manis. Tapi karena sedang dalam kondisi perang, persediaan mentega, telur dan juga tepung cukup langka. Maka mereka memutar otak, untuk menggunakan kentang sebagai adonannya. Saat Perang Dunia II tumbuh, pemerintah Inggris menyuruh rakyat untuk menggunakan kentang sebagai bahan untuk makanan, karena kentang mudah untuk tumbuh dimana saja. Bahkan sampai-sampai pihak berwenang, mengeluarkan selebaran yang berisi resep-resep bahan dari kentang, seperti roti kentang, kue kentang, biskuit kentang, dan sebagainya. Alhasil Potato Pastry ini menjadi makanan populer selama masa 6 tahun perang.

Kraft Mac & Cheese

#
Sumber: IDN Times


Kraft mac and cheese, menjadi makanan pokok para keluarga Amerika pada tahun 1940an. Makanan tersebut, menjadi makanan jatah yang diterima setiap keluarga di Amerika dan juga Kanada. Sebenarnya selain untuk makanan saat perang, kraft dinner juga dibuat untuk masa resesi, dimana masyarakat membutuhkan makanan berkalori tinggi tapi murah. Total 50 juta kotak terjual di Amerika, ketika Perang Dunia II berlangsung.

Roti National

#
Sumber: IDN TImes


Pada saat perang, roti Inggris dibuat menggunakan gandum dari negara Kanada yang melewati lautan atlantik. Akibat perang dunia, pada tahun 1942, pemerintah Inggris membatasi yang namanya roti putih. Sebagai gantinya, pemerintah Inggris menggunakan gandum khas Inggris dan roti yang diberi nama roti national. Gandum khas Inggris memang kurang halus, sehingga menciptakan roti yang mempunyai tekstur kasar. 

Leave a Comment