Wednesday Oct 20, 2021 03:55

Limbah dari Bir Ini Ternyata Bisa Menjaga Lingkungan

Limbah dari Bir Ini Ternyata Bisa Menjaga Lingkungan

MATA LELAKI - Masalah pencemaran lingkungan, memang bukan main-main. Bumi bisa dibilang sedang dalam keadaan rawan dan juga darurat. Efek rumah kaca, membuat bumi semakin panas dari hari ke hari. Belum lagi hutan banyak yang ditebang untuk dijadikan area industri atau pemukiman. Hewan-hewan jadi tidak punya rumah, sehingga seringkali masuk ke area pemukiman manusia. Konflik antara hewan dan manusia terjadi, hasilnya banyak hewan yang mati akibat konflik ini. 

Selain itu, juga ada masalah limbah yang mengotori sungai dan juga laut. Mulai dari limbah industri besar, sampai limbah yang industri rumahan kecil. Lalu bagaimana dengan yang namanya limbah bir? Ternyata bagi anda penikmat bir sekaligus pecinta alam pasti juga memikirkan hal ini. Ternyata limbah bir yang dibuang ke sungai, mengandung ragi, hop dan juga bisa mengeluarkan mikroba. Mikroba inilah yang berfungsi untuk bisa menurunkan nitrogen dan juga fosfor yang ternyata memicu pertumbuhan lumut di sungai, dan hasilnya akan membunuh ikan-ikan yang ada di sungai.

Atas hal inilah, brewery yang ada di kota Montana, Kanada, berusaha untuk memanfaatkan limbah bir untuk hal positif. Limbah bir ini sendiri, ternyata bisa menghemat proses pengolahan bir di suatu tempat dengan sangat cepat sekali. Hasilnya, ekosistem sungai, danau atau laut akan terjaga dengan baik dan tidak membunuh hewan-hewan di sana.

Limbah dari Bir Ini Ternyata Bisa Menjaga Lingkungan
Sumber: beergembira


Triple Dog Brewing, brewing dari Kanada ini, bekerja sama dengan pengelola limbah air kota. Ide brewery ini, ingin menggunakan sisa jelai dan hasil pembuatan bir untuk memberi makan mikroba yang mereka punya. Nah, di masa depan sendiri, cara ini dipercaya bisa menghemat 1 juta dollar. Selain itu, standart air juga akan menjadi jauh lebih bersih dan terawat.

Limbah dari Bir Ini Ternyata Bisa Menjaga Lingkungan
Sumber: beergembira

 

Ide inovatif ini akhirnya mendapatkan penghargaan dari The Enviromental Protection Agency pada tahun 2019. Walaupun memang belum dilakukan secara luas, tapi hal ini diharapkan bisa berdampak positif bagi masa depan. Ternyata limbah bir yang selama ini tidak kita pikirkan sebagai penikmat bir, punya manfaat juga asal berada di orang yang tepat.

You may also like

Leave a comment