Sisi Lain Kehidupan DJ Dunia Malam: Cercaan Hingga Pujian

Sisi Lain Kehidupan DJ Dunia Malam: Cercaan Hingga Pujian DJ Dunia Malam

Matalelaki.com - Siapa yang tidak mengenal dengan profesi seorang DJ atau Disk Jockey? Sebuah profesi yang dituntut untuk tampil sangat prima di depan orang banyak ini memiliki banyak sisi lain dan juga kisah – kisah yang sangat menarik untuk bisa diungkapkan ke dalam sebuah tulisan. Profesi seorang DJ tidak jauh dengan profesi seorang Selebritis yang memiliki berbagai macam gosip, kehidupan pribadi yang coba diulik, dan juga mereka memiliki fans atau penggemar dan juga memiliki haters. Bagaimanakah lika – liku kehidupan DJ malam kali ini? Dalam artikel singkat kali ini kami akan mengungkap sisi lain dari kehidupan orang – orang yang mengarungi dunia malam untuk mendapatkan ketenaran serta kepopuleran tersebut.

Tidak banyak yang memandang kehidupan dan profesi seorang DJ dunia malam itu identik dengan segala hal yang berbau negatif. Beberapa kalangan menilai banyak DJ yang menggunakan narkotika dan  obat – obatan terlarang (Narkoba). Kerasanya tekanan yang didapat oleh seorang DJ, tidak jarang juga membuat mereka menjadi stress hingga ppenggunaan obat – obatan itu menjadi “jalan pintas” yang digunakan untuk membunuh tekanan tersebut. Di tempat yang mendukung yakni diskotik atau kelab malam, kerap menjadi ajang untuk penggunaan dan transaksi narkotika secara bebas. Tidak jarang juga banyak ditemui para pengedar yang ikut masuk ke dalam kelab malam ini untuk bertransaksi.

#
Foto: Shemazing

 

Namun, tidak sepenuhnya pandangan masyarakat mengenai penggunaan narkotika oleh seorang DJ itu benar. Salah satu DJ ternama, yaitu DJ Milinka justru tidak menggunakan obat – obatan tersebut untuk menghilangkan tekanan tersebut. Dirinya lebih memilih untuk menjalani hidup sehat dengan tidak merokok dan juga dengan disiplin diri yang ketat. Dengan demikian, semua tekanan dan juga frustrasi akibat tuntutan pekerjaan ini bisa teratasi tanpa menggunakan obat – obatan terlarang. Namun meskipun demikian, dirinya juga tidak menampik jika memang ada oknum DJ yang menjadi pemakai, karena memang tuntuan pekerjaan yang sangat tinggi membuat DJ tersebut harus memberikan penampilan terbaik untuk para penggemarnya yang menikmati pertunjukannya.

Penghasilan yang menggiurkan juga menjadi alasan mengapa banyak yang berusaha untuk mencari jalan ketenaran dengan menjadi seorang DJ. Bagaimana tidak, untuk sekali manggung saja rata – rata puluhan juta rupiah sudah bisa dikantongi bagi seorang DJ. Hal itu belum termasuk pendapatan lain jika DJ tersebut memiliki bidang profesi lain di luar kemampuanh bermusiknya seperti misalnya sebagai model, penyanyi atau juga ada yang berprofesi sebagai pengusaha. Meskipun sudah memiliki penghasilan yang bisa dikatakan tidak akan pernah habis, namun DJ dunia malam juga seorang manusia, yang pada fitrahnya memiliki hasrat tidak pernah puas atau ingin mendapatkan sesuatu yang lebih dari apa yang sudah didapatnya.

#
Foto: The Badger Herald

 

Hal tersebut tidak menampik fenomena bahwa ada DJ yang bisa diajak untuk BO atau Booking Order. Beberpaa waktu lalu sedang marak kasus prostitusi online yang menimpa seirang selebritis ternama di tanah air. Dengan sederet penyelidikan dan pengembangan yang dilakukan oleh aparat berwajib, muncul fakta baru yang mencengangkan yakni dari berbagai macam selebritis yang terlibat di dalamnya, terdapat beberapa nama yang berprofesi sebagai seorang DJ dengan tarif yang fantastis dalam sekali kencannya. Munculnya fakta ini ini semakin menguatkan paradigma bahwa seorang DJ yang sudah memiliki penghasilan tidak terbatas masih saja bisa terjerat kasus prostitusi. Alasan uang memang menjadi hal utama yang membuat seseorang tergiur untuk maskuk ke dalam lingkaran syahwat tersebut.

Kehidupan DJ juga tidak selamanya harus berurusan dengan dunia malam yang penuh dengan hingar bingar. Beberapa DJ memang ada yang memiliki kesadaran akan keberlangsungan profesinya tersebut. Seperti misalnya DJ Riri, salah seorang DJ ternama di Indonesia yang memiliki kepedulian akan eksistensi musik – musik EDM khususnya di tanah air. Persaingan industri musik yang semakin ketat membuat para seniman musik elektronik ini berpikir keras bagaimana caranya supaya bisa menempatkan musik – musik EDM menjadi lebih populer lagi di kalangan masyarakat. Kepedulian itulah yang membuatnya membuat sebuah gebrakan baru dengan mendirikan sekolah DJ.

#
Foto: Vulcan Post

 

Apa yang dilakukan oleh DJ Riri tersbut juga seolah memberikan bantahan bahwa kehidupan DJ yang penuh dengan hingar bingar dunia malam itu selalu diliputi dengan berita – berita atau kegiatan negatif di dalamnya. DJ Riri memberikan aura positif bagi profesi DJ yang selama ini masih banyak dicap negatif oleh masyarakat khususnya di Indonesia. Hal itu wajar, karena musik – musik dengan genre dance atau EDM masih memiliki peminat dengan segmentasi terbatas. Itulah yang menjadi tugas utama bagi para DJ, selain mereka harus menghibur para penggemarnya, mereka juga harus bisa ikut mengkampanyekan musik EDM ini agar bisa diterima dengan tangan terbuka oleh masyarakat.

Tantangan utama dari seorang DJ adalah bagaimana mereka bisa menggabungkan beberpa ajenis lagu dengan irama yang sangat baik. Dan tentunya membutuhkan performa yang enerjik. Namun, menggunakan jalan pintas seperti narkoba atau obat – obatan lainnya bukanlah sebuah langkah bijaksana yang dilakukan oleh oknum – oknum DJ yang tidak tahan terhadap pressure atau tekanan dalam hal pekerjaan. Selain itu, seorang DJ juga sejatinya adalah bagian dari masyarakat itu sendiri yang tentunya harus bersosialisasi dan juga memiliki banyak kebutuhan dalam hidup yang harus dipenuhi. Oleh karenanya, bukan sebuah hal yang terpuji juga jika kita mencela profesi atau pekerjaan sampingan yang dimiliki oleh seorang DJ tersebut. Toh mereka juga melakukan itu untuk memberikan yang terbaik bagi kehidupan mereka. Namun, tidak semua juga harus memiliki pandangan yang negatif. Jika memang ada beberapa DJ yang bekerja untuk masayarakat banyak dan mereka justru memberikan efek positif untuk msayarakat banyak, sepantasnya juga bagi kita untuk memberikannya apresiasi atas usahanya tersebut.(ml)

 

Leave a Comment