Kunci Sukses Menikah Muda Bagi Kaum Lelaki

Kunci Sukses Menikah Muda Bagi Kaum Lelaki Sumber: Instagram @lipupil

MATA LELAKI - Menikah pada usia yang tergolong muda atau bahkan sangat muda, tidak lagi menjadi hal yang asing terlihat pada kehidupan kaum milenial. Telah banyak muda-mudi milenial yang memutuskan untuk melepas masa lajang di usia yang sangat muda dan menapaki kehidupan pernikahan. Akan tetapi, menikah pada usia yang muda atau pernikahan yang dijalani pada usia muda, seringkali berakhir dengan hal yang tidak diinginkan yakni perceraian. Hal ini tentu difaktori oleh hal-hal yang kurang tepat serta cenderung memaksakan diri untuk menikah pada usia yang muda.

Kendati peluang kegagalan dalam kehidupan pernikahan yang dijalani pada usia muda sangatlah tinggi, menikah muda juga menjadi hal paling ampuh untuk mendukung proses yang dijalani hingga menapaki kesuksesan. Ketika memutuskan untuk menikah pada usia muda, tentu akan hadir sosok teman hidup yang akan mendukung pada setiap proses yang dijalani dan hal semacam ini menjadi pelecut paling efektif menuju kesuksesan dan membuat level kehidupan tidak berada pada posisi stagnan.

Berikut ini adalah kunci sukses menikah muda bagi kaum lelaki, tentunya untuk menjadikan pernikahan membawa dampak positif bagi kemajuan karier pada setiap proses yang dijalani.

Kunci Sukses Menikah Muda Bagi Kaum Lelaki
Sumber Gambar : psiloveyou.xyz

 

Komitmen yang Tinggi

Komitmen menjadi suatu ‘harga mati’ yang harus dipenuhi sebelum memutuskan untuk menikah muda. Setiap kaum lelaki, harus memiliki komitmen yang jelas dan harus memegangnya, terutama setelah menapaki kehidupan pernikahan, artinya komitmen dalam konteks ini, tidak hanya dimiliki pada saat sebelum pernikahan.

Komitmen yang dimaksudkan, berkaitan dengan banyak hal, terutama pada hal kesetiaan dengan pasangan atau calon mempelai. Berkomitmen untuk membangun bahtera rumah tangga dengan menerima segala kekurangan si wanita secara keseluruhan dan menjaga kesetiaan satu sama lain. Tanpa adanya komitmen semacam ini, keretakan dan akhir kebersamaan dengan si wanita atau istri nantinya, hanya menunggu waktu.

Menyadari Perbedaan yang akan Terjadi dalam Hidup

Harga mati yang juga harus dipenuhi oleh lelaki sebelum memutuskan untuk menikah muda adalah menyadari adanya perbedaan yang signifikan antara kehidupan sebelum dan sesudah pernikahan. Pada umumnya, lelaki yang menikah muda tidak menyadari atau bahkan menyepelekan adanya perbedaan ini dan setelah mereka menjalani kehidupan pernikahan, beban pikiran akan terus bertambah dan menekan sisi psikologinya.

Sebab tentu saja, ketidaktahuan atau bahkan sifat mengabaikan yang dilakukan terhadap perbedaan antara kehidupan sebelum dan sesudah pernikahan, akan menimbulkan ‘perasa kaget’ karena situasi atau kondisinya sangat berbeda dari biasanya (sebelum menikah). Lelaki yang tadinya hanya memikirkan kebutuhan ‘perutnya’ sendiri, kini harus memenuhi kebutuhan keluarga, mendedikasikan tenaga, waktu, pikiran dan uang yang dimiliki untuk keluarganya.

Secara otomatis, kebebasan untuk berkumpul dengan rekan-rekan tongkrongan yang menjadi kebiasaan muda-mudi milenial akan hilang setelah memiliki keluarga. Dengan menyadari perbedaan ini, lelaki akan lebih siap dan mengetahui apa yang harus dilakukan, hal ini menjadi suatu jaminan yang cukup besar untuk sukses menjalani kehidupan pernikahan di usia muda.

Kunci Sukses Menikah Muda Bagi Kaum Lelaki
Sumber Gambar : psiloveyou.xyz

 

Wanita yang Sepadan

Kaum lelaki yang memutuskan untuk menikah muda juga wajib memperhatikan wanita yang akan dipinangnya. Pertanyaan yang harus dijawab secara pasti adalah, apakah si wanita siap untuk menjalani kehidupan pernikahan yang tentunya memiliki beban yang lebih berat dan kondisi yang lebih rumit dari kehidupan sebelumnya? Wanita yang cocok untuk diajak menikah di usia muda adalah wanita yang sepadan dan benar-benar memiliki mindset atau pemikiran yang maju dan bersifat dewasa, bukan lagi kekanak-kanakan yang masih kurang mampu membedakan antara keinginan dan kebutuhan.

Berorientasi pada Masa Depan

Menikah di usia muda, jelas memiliki tantangan yang lebih dari pernikahan di usia yang lebih matang. Pada umumnya, pernikahan di usia muda didasari oleh keinginan atau hasrat seksual yang tinggi dan tidak lagi dapat ditahan, atau bahkan ada juga yang memutuskan menikah muda karena dampak negatif dari aktivitas seksual yang dilakukan. Hal ini jelas menjadi suatu kesalahan besar dan membuat kehidupan pasca pernikahan yang nantinya akan dijalani, menjadi sangat terancam.

Untuk mampu sukses menikah muda dan menjadikan pernikahan di usia muda tersebut sebagai faktor yang mendukung kesuksesan, harus ada pemikiran yang berorientasi pada masa depan sebagai dasar yang kuat. Bicara soal masa depan, tentu akan berhubungan dengan harapan dan cita-cita atau minimal, kehidupan seperti apa yang menjadi target atau diinginkan. Pemikiran yang beroriantasi pada masa depan akan membuat dorongan bagi kaum lelaki untuk terus maju dan berkembang sehingga kehidupannya tidak menjadi stagnan.

Kunci Sukses Menikah Muda Bagi Kaum Lelaki
Sumber Gambar : beardmag.com

 

Pertimbangan yang Matang

Serangkaian pertimbangan juga menjadi faktor yang tidak boleh dilupakan sebelum melangsungkan pernikahan pada usia muda. Pertimbangan dalam konteks ini menyangkut situasi atau kondisi yang ada, mulai dari ekonomi, latar belakang, karier atau pendidikan yang telah dijalani dan lain sebagainya. Setiap orang tentu memiliki kondisi atau situasi masing-masing yang sulit untuk diungkapkan dan pertimbangan untuk melangsungkan pernikahan muda tentu harus dilakukan.

Demikian juga dengan kesiapan calon mempelai wanita dan segala pertimbangan yang ada. Semua hal ini jelas tidak dapat dikesampingkan dan menjadi suatu penentu bagi kehidupan pernikahan yang nantinya akan dijalani. Kematangan dalam membuat dan melakukan pertimbangan, menjadi kunci sukses untuk menjalani kehidupan pernikahan di usia muda dan menjadikan pernikahan muda sebagai pembawa dampak positif bagi kehidupan yang dijalani.

Leave a Comment