Kumpulkan Sampah Puntung Rokok, Anda Bisa Minum Bir Gratis di Bar Spanyol

Kumpulkan Sampah Puntung Rokok, Anda Bisa Minum Bir Gratis di Bar Spanyol Sumber: beergembira.com

MATA LELAKI - Banyak negara kini, yang darurat sampah yang jumlah volumenya sangat banyak. Selain sampah plastik, puntung rokok juga menjadi sampah terbanyak yang ada di dunia. Hal ini dapat dimaklumi, karena merokok sudah menjadi aktivitas bagi sebagian banyak orang. Mulai dari pria, wanita, anak muda sampai dengan orang dewasa. Hal inilah yang menyebabkan banyaknya sampah puntung rokok yang bisa anda temui di jalan-jalan. Jumlah perokok pun, naik dari tahun ke tahun. Bahkan di Indonesia sendiri, jumlah perokok yang masih di bawah umur tergolong tinggi.

Sadar atau tidak sadar, setiap selesai merokok para perokok akan membuang batang rokoknya di mana saja, baik itu jalanan, sungai, laut sampai sekitaran pantai. Jadi bisa anda bayangkan, bagaimana jika semua perokok di dunia membuang puntung rokoknya sembarangan?

#
Sumber : Beergembira

 

Melihat permasalahan ini, sebuah bar di Spanyol yaitu Chiringuito Azul di Kota Alicante membuat sebuah kebijakan baru yang unik dan dapat menguntungkan banyak pihak. Bar ini, akan memberikan segelas bir gratis bagi para turis yang berhasil mengumpulkan sampah puntung rokok di sekitaran pantai. Nantinya, para turis yang mau berpartisipasi bisa mengumpulkan sampah batang rokok di sekitar pantai besar, dan sampah tersebut bisa ditukarkan dengan segelas bir dingin yang nikmat.  Selain itu, pihak bar juga menyediakan soda gratis bagi para traveller yang bukan merupakan beer lovers.

Kebijakan ini sendiri bertujuan untuk meningkatkan rasa kepedulian terhadap lingkungan untuk para turis dan juga masyarakat sekitar. Karena bahayanya, sampah puntung rokok ini bisa dimakan oleh burung ataupun hewan lainnya. Bahkan sudah banyak kasus yang terjadi dan dilaporkan mengenai banyaknya satwa yang mati akibat menelan sampah rokok tersebut.

Bar ini tentu saja bisa menjadi inspirasi dan pelopor untuk ditiru oleh bar lainnya. Menjaga lingkungan tentu saja menjadi tanggung jawab umat manusia di manapun dan juga siapapun.

#
Sumber : Beergembira

 

Bir gratis untuk lingkungan yang lebih bersih tentu akan membuat kita semua senang, bukan? Bagaimana dengan tanggapan anda? Semoga di Indonesia, bisa meniru ide yang serupa ya.

Leave a Comment