Kriteria Wanita yang Layak untuk Diajak ke Jenjang Pernikahan

Kriteria Wanita yang Layak untuk Diajak ke Jenjang Pernikahan Sumber: varieerinhetverkeer.be

MATA LELAKI - Semua orang pasti akan melewati masa-masa sulit menjelang pernikahan, yang pasti akan membawa situasi membingungkan dalam hidupnya. Semakin matang perencanaan dan persiapan yang dilakukan, tentu akan sangat berat tantangan dan proses yang harus dilewati.

Salah satu yang menjadi hambatan bagi para lelaki ketika hendak melangkah ke jenjang pernikahaan bersama wanita pujaan hatinya adalah mengenai dan menilai, apakah pasangannya saat ini adalah sosok wanita yang memang layak untuk menjadi teman hidupnya. Hal yang satu ini memang menjadi salah satu yang paling krusial, sebelum melangkah ke jenjang pernikahan. Sebab kesalahan dalam memilih wanita untuk menjadi teman hidup atau diajak melangkah ke jenjang pernikahan, akan menjadi suatu kesalahan fatal yang membuat bahtera rumah tangga akan sangat terancam dikemudian hari.

Dalam bahasan kali ini, kami telah merangkumkan 5 kriteria mendasar dari seorang wanita yang memang layak untuk diajak ke jenjang pernikahan. Mari simak di bawah ini.

Setia dan Perhatian

Hal pertama yang menjadi kriteria penting dalam konteks ini adalah, setia dan perhatian. Poin pertama ini mengarah kembali kepada diri si lelaki, apakah ia merasa wanita yang menjadi pasangannya saat ini memiliki kesetiaan dan perhatian, atau justru si wanita sangat cuek dan terkesan dingin. Hal yang satu ini tidak bisa ditolelir sedikitpun, bahkan wanita-wanita dengan kepribadian tertutup atau introvert pun akan mampu menunjukkan kehangatan, perhatian dan kesetiaan kepada lelaki yang menjadi pasangannya. Jadi jika anda menilai bahwa pasangan anda saat ini tidak memiliki perhatian bagi anda serta terkesan dingin, maka hal ini menjadi indikasi besar adanya ketidakberesan dalam hubungan asmara yang dijalani. Wanita yang setia juga akan mampu membatasi dirinya dalam berinteraksi dengan lelaki lain yang ia temukan dalam lingkup tempat dimana ia berada.

Memiliki Sifat Kedewasaan Hidup

Kriteria Wanita Yang Layak Untuk Diajak ke Jenjang Pernikahan
Sumber : myonearmor.com

 

Kedewasaan hidup yang dimaksudkan di sini berkaitan dengan berbagai hal dalam kehidupan sehari-hari, mulai dari emosi, cara menghadapi masalah, berinteraksi dengan keluarga, lingkungan dan pasangan, serta mampu membedakan kehidupan asmara dan kehidupan sosial biasa. Wanita yang layak dipertahankan dan cocok dijadikan teman hidup, adalah wanita yang mampu mengontrol emosinya atau memiliki kecerdasan emosi yang baik.

Wanita tipe ini tidak akan mudah marah atas situasi yang tidak sesuai dengan apa yang ia harapkan atau inginkan, dirinya akan cenderung mencari alasan atau penyebab yang membuat harapannya tidak terwujud. Wanita yang memiliki kedewasaan hidup, juga akan mampu memprioritaskan hal-hal yang memang benar-benar penting dalam kehidupannya, mampu membedakan antara kebutuhan dan keinginan dan menyadari batasan yang ia miliki, baik secara finansial, kemampuan atau skill serta batasan dalam interaksi yang ia lakukan.

Matang Secara Mental

Hal ketiga yang menjadi kriteria wanita yang layak untuk diajak ke jenjang pernikahan adalah kematangan secara mental. Wanita tipe ini akan menyadari tantangan berat yang telah menanti di depan, ia menyadari bahwa setelah menikah dirinya tidak akan lagi memikirkan diri sendiri, namun juga pasangan atau anak yang tentu akan hadir dalam hidupnya.

Kematangan secara mental juga berkaitan dengan kecerdasan emosi, serta mampu menjalani hubungan asmara dengan saling menjaga perasaan satu sama lain. Kemampuan wanita dalam memberikan motivasi dan dorongan bagi pasangannya juga menjadi salah satu contoh kematangan secara mental, jadi ketika mereka menjalani hubungan asmara tidak hanya sebatas cinta apalagi nafsu saja, namun hal-hal yang sifatnya membangun.

Memiliki Pemikiran yang Berorientasi pada Masa Depan

Kriteria Wanita Yang Layak Untuk Diajak ke Jenjang Pernikahan
Sumber : thebrunettediaries.com

 

Hal keempat ini berkaitan dengan mindset atau jalan pikiran. Wanita yang berkualitas dan memiliki kriteria layak untuk menjadi teman hidup, adalah wanita yang memiliki pemikiran yang berorientasi pada masa depan. Pemikiran jenis ini memiliki kecenderungan persiapan matang dibandingkan menjalani tanpa persiapan yang jelas. Mereka akan menyadari bahwa apa yang ia lakukan hari ini, akan menentukan apa yang terjadi di masa yang akan datang. Maka dari itu, wanita tipe ini akan berusaha semaksimal mungkin untuk memanfaatkan hari-hari yang ia lalui untuk memiliki kualitas hidup yang baik di masa yang mendatang.

Dewasa dan Tidak Bergantung pada Orang Tua dalam Mengambil Keputusan

Masalah tentu akan hadir setiap saat, suka atau tidak suka masalah pasti datang menghampiri. Dan lewat masalah ini, kaum lelaki dapat menilai secara seksama, apakah pasangannya saat ini memang layak untuk dinikahi atau tidak. Aspek penilaiannya adalah bagaimana cara si wanita dalam mengambil keputusan, untuk menghadapi masalah yang ia miliki. Jika si wanita selalu bergantung pada orang tua dalam mengambil keputusan dan orangtuanya selalu mengambil alih permasalahan yang dimilikinya, maka ini menjadi indikasi bahwa wanita tersebut belum atau tidak layak untuk dinikahi.

Sebab ketika ia masih memikirkan dirinya sendiri, si wanita sudah sangat bergantung pada orang tua, lalu bagaimana jadinya jika nanti setelah menikah dan memiliki anak dan dirinya mendapati masalah-masalah yang jauh lebih besar dalam hidupnya. Kebiasaan kebergantungan ini sangat sulit dihentikan. Jadi jika sejak masa pacaran, wanita yang menjadi pasangan anda selalu bergantung penuh pada orang tua terutama dalam hal pengambilan keputusan maka anda harus waspada dalam hal kedewasaan ini.

Sebaliknya, wanita yang berkualitas dan layak dinikahi, akan cenderung mampu mengambil keputusan sendiri atas setiap masalah atau langkah yang akan ia jalani. Mereka juga akan meminta saran dari pasangannya serta orangtuanya, namun hanya sebatas pertimbangan saja, bukan menjadi keputusan mutlak yang akan ia pilih.

Leave a Comment