Kisah Sejarah dari 5 Bar Legendaris di Dunia

Kisah Sejarah dari 5 Bar Legendaris di Dunia Sumber: Qraved

MATA LELAKI - Hampir semua hal yang ada di dunia saat ini memiliki sejarah yang menarik dan seru untuk dikupas. Salah satu tempat yang bikin penasaran adalah bar. Tempat hiburan yang memiliki konotasi "gelap" dan berbahaya ini memang selalu menjadi teka-teki. Sama seperti tempat bersejarah lainnya, 5 bar ini punya legenda dan cerita tersendiri yang akan membuat anda kagum akan karya historis bar tersebut.

1. Bar Hemingway at The Ritz Paris

#
Sumber : Qraved

 

Dari beberapa bar yang ada dalam list ini, Bar Hemingway at The Ritz ini merupakan bar bersejarah yang muncul saat era Ernest Hemingway. KononErnest Hemingways menghabiskan banyak waktu di tempat yang dijuluki "ladies barini bersama kawan Long Generation-nya pada tahun 1920 sampai 1930-an. Pada tahun 2019, memang bar ini sedang direnovasi besar-besaran. Menurut walikota, tidak akan ada banyak perubahan dari segi desain dan interior. 

Dalam sejarahnya, Ernest Hemingway berhasil membebaskan the intimate space saat Paris lepas dari jajahan Nazi saat akhir Perang Dunia II. Pada waktu itu Ernest Hemingway berhasil menghabiskan 51 tab dry martini yang ia nikmati bersama pasukan Amerika yang membantunya dalam misi pembebasan Ritz.

2. Harry New York Bar

#
Sumber : Qraved

 

Mengambil nama dari barman bernama Harry MacElhone, pekerja yang mulai bekerja pada tahun 1911 ini berhasil membeli bar ini pada tahun 1923. Tempat ini cukup terkenal memiliki long list of luminaru derrieres seperti Coco Chanel, the Duke of Windesor, Rita Hayworth, Jack Dempsey, George Gershwin dan juga Ernest Hemingway.

Bar ini merupakan salah satu bar yang mengklaim tempatnya sebagai pencipta Bloody Mary, meskipun pernyataan itu masih menjadi perdebatan. Walau begitu, fakta bahwa Sidecar dan French 75 merupakan ciptaan dari Harry's Paris sudah diakui oleh khalayak ramai. Bar ini berlokasi di Harry's New York Bar, 5 Rue Daunou, Paris, Itali.

3. The Long Bar at Raffles Hotel Singapore

#
Sumber : Qraved

 

Singapura yang kini dikenal sebagai negara dengan jumlah turis yang cukup banyak ternyata menyimpan sebuah bar legendaris yang menarik untuk dibahas. Bar ini sudah mulai berdiri pada abad ke-19, dan pada tahun 1915, The Long Bar berhasil melahirkan Singapore Sling yang termahsyur. The Long Bar itu kini dikenal sebagai Writers bar, yaitu bar legendaris yang dipersembahkan untuk Ernest Hemingway dan Somerset Maugham.

4. El Floridirita Havana

#
Sumber: Qraved

 

Havana sebagai ibu kota dari Kuba ini juga memiliki bar yang sangat legendaris, yaitu El Floridita. Cafe yang sekaligus menjadi restoran ini telah berdiri sejak tahun 1817 dan cukup terkenal dengan The Spirit of Hemingway. Bar yang satu ini juga mengklaim dengan sebutannya "la cuna del daiquiri" di mana frozen cocktail pertama diciptakan.

Lokasi dari El Floridita ini terletak di ujung jalan Calle Obisop yang berseberangan dengan Museum Seni Rupa Nasional Havana (Museo Nacional de Bellas Artes de La Habana). Cafe yang sering dikunjungi dan menjadi tempat favorit dari Ernest Hemingway ini dulunya bernama La Piña de Plata atau yang dalam bahasa inggris berarti The Silver Pineapple.

5. The American Bar at The Savoy London

#
Sumber : Qraved

 

Bar yang satu ini sangat terkenal di mata dunia sebagai bar terbaik di dunia. London’s Art Deco Grande Dame-lah yang menominasikan The American Bar at The Savoy ini sebagai bar terbaik di dunia. Di balik gelar tersebut, bar yang berlokasi di London ini memiliki nilai sejarah yang cukup kuat.

The American Bar at The Savoy ini sudah berumur ratusan tahun. Walaupun sudah banyak ter-modernisasi, bar yang satu ini tetap menjaga nilai-nilai sejarahnya. Bartender mengenakan jas yang rapi dan berwarna putih salah satunya. Hal ini mengingatkan pada bartender legendaris yaitu Harry Craddock. Craddock yang juga penulis buku dari The Savoy Cocktail Book ini terkenal dengan karya minumannya yang sangat legendaris yaitu White Lady.
 
Umur bar yang sudah cukup lama ini menjadi perhatian bagi para selebriti ternama seperti Errol Flynn, Richard Harris, Charlie Chaplin, Fred Astaire, Cary Grant, Frank Sinatra, Marlon Brando, Christian Dior, Richard Burton, Laurence Olivier, John Wayne dan masih banyak lagi lainnya. Bukan cuma selebriti ternama saja yang sering nongkrong di bar ini, Neil Armstrong yang kita kenal sebagai astronot ini juga mendatangi bar yang satu ini setelah ia kembali ke bumi dari pendaratannya di bulan.

Leave a Comment