Kisah Perjalanan Legenda DJ John Digweed

Kisah Perjalanan Legenda DJ John Digweed Sumber: insomniac.com

MATA LELAKI - Seorang legenda biasanya akan terus dikenang meskipun dirinya sudah tidak ada. Salah satu legenda DJ berikut yakni John Digweed memiliki kisah perjalanan yang panjang dalam dunia musik EDM. Memiliki nama lengkap Thomas John Digweed, dia lahir pada tanggal 1 Januari 1967 di negara Inggris. John Digweed pernah dinobatkan menjadi DJ No. 1 oleh DJ Magazine.

Awalnya, John Digweed memang bukan berasal dari musik EDM. Dirinya justru mengawali karier sebagai seorang musisi solo. Bersama dengan Sasha, dirinya berhasil membuat sebuah grup dengan nama Sash & John Digweed dan juga Bedrock bersama dengan Muir. Kedua grup tersebut pernah mencapai kesukesan pada masanya.

Kiprah John Digweed dimulai ketika dirinya menginjak usia 15 tahun, di mana dirinya bermain di sebuah night club yang berada di kota kelahirannya di Hastings. Dirinya pernah mencapai kesuksesan di Hastings Pier, di mana saat itu terdapat beberapa musisi-musisi ternama yang ikutan tampul seperti Carl Cox dan The Prodigy.

#
Foto: Mixing.DJ

 

Pada tahun 1993 yang lalu dia berhasil membuat sebuah gebrakan terbaru dengan mengirimkan demo mixtape miliknya ke pendiri sebuah klub malam bernama Geoff Oakes. Bersama rekannya yang juga sesama DJ yakni Sasha alias DJ Alexander Coe, mereka memainkan demo mixtape tersebut di sebuah kelab makam bernama Renaisains di Mansfielsd, Inggris.

Setelah pertemuannya tersebut, Digweed dan Sasha menjalin sebuah kerjasama dalam jangka waktu yang panjang. Mereka berdua kemudian merilis sebuah kompilasi pada tahun 1994 dengan nama Renaissance: The Mix Collection. Kompilasi campuran ini merupakan sebuah proyek pertama yang mereka garap dengan serius. Namun, Mix Collection ini hanya diedarkan secara independen ke sesama DJ.

Seiring berjalannya waktu, Digweed membuat sebuah label rekaman dengan nama Bedrock Records. Bersama dengan salah seorang temannya yakni Nick Muir, memproduksi sebuah lagu yang diberi judul For What You Dream Of. Duo ini juga pernah mengisi sebuah soundtrack untuk serial Spider-Man pada tahun 2003 silam. Kepopulerannya sudah dirasakan di Amerika Utara dan Eropa.

Leave a Comment