Tuesday Sep 21, 2021 12:00

Kisah DJ Sihk, dari Hobi Jadi Profesi

Kisah DJ Sihk, dari Hobi Jadi Profesi

MATA LELAKI - Seseorang bisa meraih kesuksesan jika dirinya memiliki kemampuan dan juga hobi yang ditekuninya. Anda mungkin asing dengan nama DJ Sihk, akan tetapi jika anda adalah penggemar musik EDM, anda pasti sudah mengenal sosok DJ Sihk ini. Siapa sangka, produser musik yang satu ini sudah dikenal banyak oleh para penggemar musik EDM di mancanegara.

Apa yang membuat dirinya dikenal luas? Ternyata DJ Sihk bergabung dalam label Barong Family yang memiliki basis di Belanda. Sudah pasti dengan bergabung dengan Barong Family, DJ Sihk sudah banyak tampil di acara-acara dunia. Awalnya, DJ Sihk memiliki hobi mengotak-atik musik lewat perangkat lunak sebuah komputer milik orangtuanya.

Memiliki nama asli Ricky, DJ Sihk memulai kariernya saat berusia 14 tahun di mana dirinya bergabung di sebuah grup band dengan aliran Death metal. DJ Sihk sudah memiliki inspirasi untuk mengembangkan kemampuannya, namun rekan-rekan segrupnya itu masih bermain band untuk mengisi waktu luang mereka, padahal kesempatan untuk sukses terbuka lebar untuk mereka.

Kisah DJ Sihk, dari Hobi Jadi Profesi
Foto: pingpoint

 

Akhirnya, karena dirinya merasa tidak sependapat dengan rekannya, DJ Sihk kemudian membuat musik di sebuah aplikasi komputer. Saat itu dirinya membuat musik dengan genre keras seperti hardcore. Dirinya mulai terbiasa menggunakan aplikasi musik tersebut, hingga akhirnya dirinya mulai mencoba musik-musik dengan genre DJ di aplikasinya tersebut.

Dengan berbekal tutorial dari Youtube, dan hanya menggunakan material musik seadanya, DJ Sihk kemudian meramu musik pertamanya. Saat itu, zaman belum begitu maju seperti sekarang ini, dan DJ Sihk harus pergi ke kantor orangtuanya untuk menggunakan komputer yang dia pakai untuk membuat musik di sana. Dia mencoba mengotak-atik lagu dengan spesifikasi komputer yang dikatakan masih standar bahkan di bawah standar pada saat itu.

DJ Sihk kemudian memiliki panggung pertamanya ketika berusia 15 tahun di mana dirinya memiliki waktu untuk tampil di sebuah acara sekolah dan memamerkan musik hasil ciptaannya. Perjalanan menjadi DJ harus dia lalui dengan banyak kisah, seperti misalnya ketika di Amerika Serikat, dia harus bekrja menjadi flyerboy terlebih dahulu sebelum memiliki panggung di sana.

Hingga akhirnya, momen sebagai seorang DJ kembali naik ketika dia memutuskan untuk kembali ke Indonesia. Dia berkenalan dengan Rich Brian dan mereka langsung bekerja sama dalam sebuah projek musik. Lagu Dat $tick adalah karya DJ Sihk dan Rich Brian yang membuatnya terkenal di dunia DJ mancanegara.

You may also like

Leave a comment