Tuesday Sep 21, 2021 12:15

Kiprah DJ Ijoel, FDJ Legend Indonesia di Dunia EDM

Kiprah DJ Ijoel, FDJ Legend Indonesia di Dunia EDM

MATA LELAKI - Periode 90-an merupakan periode di mana dunia hiburan sedang mengalami masa-masa keemasannya. Tidak hanya dunia film dan juga selebritis, tahun 90-an menjadi masa-masa keemmasan musik EDM. Salah satu FDJ yang saat itu fenomenal adalah Ijoel Dwiyanti, yang terkenal karena satu-satunya Female DJ Indonesia yang mendunia.

Kini, masa-masa emas tersebut memang sudah meredup, akan tetapi bukan berarti kiprahnya di musik EDM terhenti begitu saja. Pada awal tahun 2000-an, dirinya mendirikan sekolah DJ yang diberi nama Ijoel DJ School. Nama tersebut kemudian berubah menjadi The Doctor DJ School untuk mengikuti perkembangan zaman yang ada saat itu.

Dari sekolah yang didirikannya tersebut, DJ Ijoel sudah melahirkan tidak kurang dari 1000 DJ-DJ muda yang sudah memiliki panggungnya sendiri. Wanita yang lahir di Yogyakarta ini sudah hampir 20 tahun membuka dan mengajarkan siswanya untuk bisa bermain DJ. Di sana juga dirinya sekaligus menjadi pengajar atau instruktur untuk siswanya.

Kiprah DJ Ijoel, FDJ Legend Indonesia di Dunia EDM
Foto: Caping

 

Tidak hanya itu, DJ Ijoel juga mendirikan sebuah asosiasi DJ yang dia beri nama nama PDJI atau Persatuan Disk Jockey Indonesia. Asosiasi ini dia dirikan bersama dengan DJ-DJ senior tanah air lainnya untuk menampung aspirasi para DJ yang berkarier di Indonesia. Di PDJI, dirinya menjabat sebagai Ketua Bidang Hukum dan HAM.

Nama DJ Ijoel memang sudah melegenda, terbukti dari berbagai penghargaan yang sudah banyak dia raih seperti misalnya Runner Up dalam ajang DJ Se-Indonesia pada tahun 1986, kemudian untuk tingkat ASEAN, dirinya juga pernah menjuarai runner up di ajang DJ Se-ASEAN. Tidak hanya itu, dirinya juga menjadi resident di Studio East bandung pada tahun 1993.

Merasa cukup dengan pencapaian yang diraihnya selama menjadi DJ, FDJ Legenda ini akhirnya berhenti menjadi DJ dan menempuh pendidikan S3 di kota Bandung. Meskipun dirinya sudah jarang langsung terjun di atas panggung, jasanya untuk mencetak DJ-DJ berbakat di Indonesia wajib diapresiasi.

You may also like

Leave a comment