Keterampilan Non-Teknis yang Harus Dikuasai DJ

Keterampilan Non-Teknis yang Harus Dikuasai DJ Sumber: Light Sounds

MATA LELAKI - Berprofesi sebagai salah satu pekerja di industri hiburan pastinya tidak akan lepas dari sorotan media dan juga penggemarnya. Segala tingkah laku serta semua hal yang mengelilingi dirinya selaliu menjadi bahan untuk pemberitaan atau pembahasan. Jika anda ingin menjadi seorang DJ, pastinya harus memiliki kemampuan yang mumpuni dalam profesi yang digemari banyak orang itu.

Sudah pasti, kemampuan seperti menggunakan alat kemudian juga kemampuan seperti membaca musik dan mengatur lagu menjadi hal utama yang harus anda miliki. Akan tetapi, terlepas dari hal tersebut, ada juga kemampuan sikap atau soft skill yang juga harus dimiliki oleh seorang DJ. Apa sajakah soft skill tersebut?

Bisa membaca Crowd

#

 

Crowd adalah kumpulan para penonton yang berada di bawah panggung untuk menyaksikan aksi dari si DJ ini. Jumlahnya bisa mencapai ratusan bahkan ribuan orang jika J tersebut berada dalam sebuah ajang besar. Kemampuan utnuk membaca Crowd menjadi salah satu keterampilan yang harus dikuasai oleh seorang DJ saat ini.

Pasalnya, crowd akan sangat mengapresiasi penampilan dari DJ yang tampil ketika dirinya bisa mengerti apa yang diinginkan penonton. Memberikan lagu-lagu sesuai dengan keadaan hati penonton juga menjadi salah satu hal yang menjadi penilaian apakah DJ itu dikatakan sukses di atas panggung atau tidak. Jika memberikan lagu dengan beat tinggi secara terus menerus juga tidak baik karena akan membuat penonton kelelahan.

Menghibur Crowd

#

 

DJ adalah seseorang yang memiliki profesi dan juga tugas utama yakni menghibur orang. Pekerjaan menghibur ini bukanlah sebuah profesi yang mudah dijalani, karena memang memerlukan keterampilan khusus untuk menjadi seorang entertainer. Seorang DJ memiliki tugas menghibur para penonton yang hadir.

Mereka dituntut untuk bisa berinteraksi dengan penonton yang menyaksikan aksinya. Kontak mata dengan para penonton dan juga komunikasi menggunakan mikrofon bisa menjadi salah satu cara dalam berinteraksi dengan mereka. Sehingga anda sebagai DJ bisa membaca dan juga mengetahui apa yang diinginkan oleh penonton dan memberikan lagu yang pas untuk dimainkan dari atas panggung arena DJ tersebut.

Disiplin Diri

#

 

Sebagai seorang pelaku industri hiburan, khususnya di tanah air, sikap profesional juga memang harus dimiliki oleh seorang DJ. Namun hal tersebut harus dibarengi dengan kemampuan disiplin diri. Disiplin diri dalam hal ini adalah memiiki komitmen untuk selalu memberikan yang terbaik dengan karya dan juga aksi di atas panggung.

Menghormati rekan sesama DJ juga termasui ke dalam disiplin diri di mana terkadang sang DJ harus berbagi panggung dengan DJ lain. Meskipun ada persaingan dalam dunia hiburan, namun hendaknya persaingan tersebut dilakukan secara sehat sehingga bisa menghasilkan nuansa pertandingan yang kompetitif tanpa saling menjatuhkan satu sama lain.

Kemampuan Menjalin Hubungan

#
Caption

 

Tidak jarang seorang DJ bertemu banyak orang-orang baru dalam kiprah perjalanan kariernya. Mereka bisa berasal dari rekan sesama DJ, kemudian ada juga promotor, ada juga koordinator acara, dan juga manajemen artis. Sebagai seorang publik figur, semestinya memiliki sifat rendah hati yang tujuannya untuk menarik minat banyak orang untuk bisa bekerja sama lebih lanjut.

Karier dari seorang DJ tersebut bisa naik dengan cepat, selain karena memang memiliki kemampuan teknis yang baik, mereka juga memiliki hubungan yang baik dengan berbagai pihak. Sehingga ke mana pun, dia akan memiliki rekan bisnis yang juga bisa membawa mereka untuk lebih sukses lagi ke depannya.

Itulah beberapa hal yang harus dikuasai oleh seroang DJ selain dengan kemampuan teknis yang mereka miliki.

Leave a Comment