Jenis Udang Ini Banyak Digunakan di Kuliner Jepang

Jenis Udang Ini Banyak Digunakan di Kuliner Jepang Sumber: Pxfuel

MATA LELAKI - Kalau anda pecinta makanan Jepang, anda tidak akan penasaran lagi dengan yang namanya menu tempura ebi ataupun prawn sushi. Karena kedua kuliner tersebut sama-sama menggunakan udang, dan menghasilkan rasa yang begitu lezat. Berikut ini, ada beberapa jenis udang yang sering digunakan sebagai bahan kuliner di Jepang.

Amaebi

#
Sumber: IDN Times

 

Amaebi adalah jenis udang yang sering diplih dan digunakan untuk memasak nigirisuzhi. Ukuran udang ini tidak begitu besar, tapi kelebihannya adalah rasanya yang manis, karena itulah nama udang ini adalah amaebi, yang berasal dari kata Amai (manis). Tidak heran, udang ini juga bisa dinikmati dengan cara mentah, tanpa harus dimasak.

Sakura Ebi

#
Sumber: IDN TImes

 

Populer di Shizuoka, sakura ebi merupakan udang cere atau udang kecil dengan rata-rata ukuran 4-6 cm. Warnanya juga merah muda, aromanya sedap dan cocok dimasak untuk menu apapun. Untuk menangkap udang ini, nelayan harus mencari sampai ke dasar laut.

Botan Ebi

#
Sumber: IDN Times

 

Udang ini berwarna orange merah dan banyak ditemukan pada bulan Oktober sampai Mei di laut Hokkaido. Di Jepang sendiri, udang jenis ini banyak digunakan untuk membuat tempura ebi, makanan rebusan sampai potongan untuk nigiri.

Kuruma Ebi

#
Sumber: IDN Times

 

Kuruma Ebi adalah udang harimau yang punya ukuran Jepang dan sering sekali disantap oleh orang Jepang. Pertanyaannya, kenapa udang ini dinamakan udang harimau? Alasannya adalah karena kulitnya belang-belang, mirip dengan hewan darat harimau. Udang ini sendiri, sering dibuat untuk menu rebusan, karena rasanya yang segar dan enak. 

Shiroebi

#
Sumber: IDN Times

 

Sama seperti sakura ebi yang memiliki bentuk kecil, panjangnya sekitar 6 cm dan identik mempunyai warna putih segar. Untuk populasinya sendiri, banyak ditemukan di Teluk Tokoyama dan sering dimasak menjadi kakiage atau bakwan khas Jepang.

Leave a Comment