Thursday May 26, 2022 00:26

IPad Pro 12.9, Terbesar dan Tercepat

IPad Pro 12.9, Terbesar dan Tercepat

MATA LELAKI - IPad Pro 12.9 adalah perangkat yang luar biasa. Layarnya yang besar, kualitas audio yang fantastis, desain yang ramping serta periferal yang bermanfaat, dan tentu saja iOS. Anda tidak bisa mendapatkan tablet yang lebih baik dari ini. Apple jelas adalah raja =nya tablet, dan iPad Pro 12.9 adalah yang terbaik. Tampilan yang besar tetapi desain ramping menjadikan perangkat keras dan software-nya sempurna.

IPad Pro 12.9

iPad Pro 12.9 memiliki fitur yang menjadikannya tablet terbaik. Apakah Anda menginginkannya untuk streaming,  bermain game, membuat sketsa atau musik, atau juga hanya mengerjakan banyak dokumen kerja yang beragam, tablet ini jagonya. Tetapi semua kegunaan beserta  fitur yang hebat ini hadir dengan label harga yang tinggi, yaitu senilai Rp 15 jutaan, membuatnya menjadi perangkat genggam Apple yang mahal.

Ada empat ukuran memori internal yang dapat dipilih: 64GB, 256GB, 512GB, dan 1TB, dan ketika Anda memutuskan yang mana yang Anda butuhkan, Anda harus juga memutuskan apakah Anda senang dengan konektivitas Wi-Fi saja, atau  Anda menginginkan data seluler juga. Tentu saja, semakin banyak spesifikasi yang Anda inginkan, semakin banyak Anda membayar.

IPad Pro 12.9

Tapi itu belum semuanya, jika Anda membeli iPad Pro 12.9 kemungkinan besar Anda juga mempertimbangkan harus membeli periferalnya. Ini adalah Pensil Apple, yang harganya Rp 1,5 juta atau Apple Smart Keyboard, yang akan membuat Anda mengeluarkan Rp 2 juta lagi.

IPad Pro 12.9 bukan tablet terbesar di dunia, Samsung Galaxy View mencuri gelar itu. Tetapi tablet ini masih tergolong perangkat yang sangat besar. Dengan dimensi 280.6 x 214.9 x 5.9mm, iPad Pro 12.9 memiliki tubuh yang lebar, tetapi sebenarnya lebih tipis dari smartphone rata-rata Anda, jadi rasanya seperti memegang kotak logam tipis. Ini adalah perangkat yang ramping, dan ujung-ujungnya yang bulat serta desain minimalis memberikan kesan premium.

Tablet ini sedikit berat, pada 631g untuk model Wi-Fi dan 633g untuk versi seluler, tetapi untuk perangkat sebesar itu tidak terasa berat, sebagian berkat desain tipis yang disebutkan di atas. Di bagian atas tablet (saat dipegang dalam orientasi potret) adalah susunan speaker besar dan tombol power, dan di bagian bawah ada port USB-C. Di sisi kanan ada dua tombol volume, port SIM, dan magnet untuk memegang Pensil Apple, dan di sebelah kiri adalah lubang mikrofon tunggal.

IPad Pro 12.9

Tombol-tombolnya tidak terlalu menonjol, dan bagian depan dan belakang perangkat ini pada dasarnya datar, memberikan kesan aerodinamis. Ssatu-satunya gangguan adalah kamera belakang, yang sedikit keluar dari belakang sedikit. Pastinya ukuran layarnya yang berukuran 12.9 inci, yang merupakan tampilan terbesar yang bisa Anda dapatkan di perangkat Apple, menjadikannya hebat untuk berbagai kegiatan, mulai dari menciptakan karya seni hingga bermain game.

Layar tablet ini menggunakan tampilan Liquid Retina baru Apple, seperti yang terlihat di iPhone XR, yang merupakan jenis LCD tapi setajam dan berwarna seperti layar OLED. Layarnya memang menampilkan warna dengan sangat baik, cukup  terang dan cerah. Perlu juga diingat bahwa kerapatan piksel iPad Pro 12.9 terasa lebih rendah daripada yang Anda dapatkan di iPhone. Resolusi 2732 x 2048 diterjemahkan menjadi 264 piksel per inci, yang lebih rendah daripada iPhone XR pada 326ppi atau iPhone XS pada 458ppi, meskipun dalam praktiknya kualitas layarnya sempurna untuk dilihat mata.

Kekuatan sesungguhnya dari layar iPad Pro 12.9 adalah layar True Tone, yang mengukur level pencahayaan di sekitar Anda berada, dan secara halus mengubah keseimbangan kecerahan tampilan. Ini berarti layar tampak hebat apakah kami bekerja di kedai kopi, kamar tidur yang gelap, atau di udara terbuka, dan Anda tidak pernah harus mengutak-atik pengaturan layar atau kecerahan untuk menemukan keseimbangan yang tepat.

IPad Pro 12.9

Mungkin sedikit kelemahan terbesar iPad Pro 12.9 adalah daya tahan baterainya, yang seharusnya tidak mengejutkan bagi penggemar iPhone, karena baterai ponsel Apple selalu berada di level itu, tetapi agak mengganggu pada perangkat yang digunakan sebagai alat bantu kerja. Dengan baterai kapasitas 9720mAh, penggunaan dalam waktu lama menghabiskan baterai dalam jumlah yang signifikan, sehingga tidak akan bertahan sehari penuh . Untuk penggunaan biasa, seperti membaca ringan atau membuka beberapa email dalam perjalanan, baterainya baik-baik saja, tetapi 'Pro' dalam judulnya ada karena tablet ini ditargetkan untuk orang yang membutuhkannya untuk sesuatu yang lebih daripada penggunaan biasa. IPad Pro 12.9 juga tidak menyenangkan saat proses mengisi daya, karena butuh dua setengah jam untuk mengisi dari kosong menjadi 100%. Ini terasa lambat.

Kamera iPad Pro 12.9 bukan salah satu nilai jualnya, tetapi ada saatnya Anda ingin mengambil bidikan gambar yang baik. Kamera belakang adalah 12MP f / 1.8 snapper, dengan beberapa fitur seperti 5x digital zoom, pemotretan timer dan mode panorama yang mungkin berguna tergantung pada bagaimana Anda menggunakan iPad Anda. Kameranya pas walau gambarnya tidak berkualitas tinggi, mereka baik untuk pemotretan fungsional saat bekerja atau kuliah, tetapi Anda mungkin tidak akan memasukkan hasil bidikan Anda ke Instagram. Saat hasil gambar diperbesar, agak terlihat berbintik-bintik, dan untuk pemotretan dalam ruangan, foto terlihat sedikit redup, tetapi secara keseluruhan kualitasnya lumayan, cukup untuk tugas-tugas dasar.

Di bagian depan iPad Pro 12.9 adalah kamera TrueDepth 7MP f / 2.2, yang digunakan untuk mengambil gambar ke depan dan untuk pengenalan ID Wajah. Ini bukan kamera kualitas tertinggi di dunia, tetapi Anda akan menggunakannya untuk panggilan video dan pemotretan selfie dadakan. Mode potret pada kamera depan memiliki beberapa filter bagus yang bisa berguna. Ukuran iPad Pro 12.9 membuatnya agak sulit untuk mengambil selfie yang  cantik dan ini juga masalah yang sama untuk panggilan video dalam mode lansekap.

IPad Pro 12.9

IPad Pro 12.9 menjalankan iOS 12, dan versi terbaru OS mobile Apple berkinerja sangat baik. Namun kemudian pada tahun 2019 ini Apple memperbarui semua iPad dengan sistem operasi baru, iPadOS, yang akan merombak tampilan iPad Pro. Pada layar sebesar itu, ikon-ikonnya terlihat agak kosong, yang memberi setiap halaman menu tampilan yang kurang padat, tetapi itu berarti Anda tidak berisiko menekan ikon yang salah.

Salah satu fitur yang paling berguna dari iOS 12 di iPad adalah navigasinya yang mudah dipakai dengan menggunakan gerakan. Jika Anda menggeser ke atas dari bawah Anda mengakses aplikasi yang baru saja digunakan, sambil menarik turun dari atas memunculkan toolbar sehingga Anda dapat mencari aplikasi, dan melakukannya dari kanan atas membuka Pusat Kontrol dengan pengaturan seperti kecerahan atau volume. Menggunakan kontrol ini untuk menavigasi menu, dan beralih di antara aplikasi, sangat intuitif, dan dengan cepat menjadi kebiasaan.

Kualitas speaker di iPad Pro 12.9 mungkin yang terbaik yang pernah dipakai di perangkat genggam. Dengan susunan empat speaker - dua di bagian atas dan dua di bagian bawah bingkai (saat dalam orientasi potret) - kualitas audio yang dihasilkan luar biasa: bass booming, treble jernih, dan volumenya keras. Kualitas suara ini berarti iPad sama bagusnya baik Anda mendengarkan musik yang ada di perangkat, menggunakannya sebagai speaker eksternal mahal, atau alat bermain game dan menonton media.

Ketika kami menonton konten video di YouTube, dan film serta acara TV di layanan streaming, layar iPad Pro 12.9 cukup besar sehingga rasanya seperti ada bioskop di pangkuan kami, dan speaker tentu saja menambah efek ini. Namun, tampilan tablet yang rasionya 4: 3, saat menonton acara TV dalam rasio aspek 16: 9 atau film 21: 9, tentunya ada bilah hitam tebal di bagian atas dan bawah layar. Chipset B12 A12X, memastikan grafis tampilan mulus dan tanpa lag. Sempurna untuk memainkan game yang berat sekalipun.

IPad Pro 12.9 adalah perangkat genggam tercepat, berkinerja mengesankan di berbagai aplikasi dan fitur. Ini menjalankan chipset Bionic A12X Apple, dan dilengkapi dengan RAM 4GB kecuali Anda memiliki versi memori 1TB perangkat, dalam hal ini Anda mendapatkan 6GB.

Anda dapat melihat manfaat dari chipset A12X Bionic iPad Pro 12.9 setiap kali Anda menggunakan tablet. Pengeditan dan rendering video jauh lebih cepat daripada perangkat genggam lainnya. Anda dapat menjalankan dua aplikasi dalam mode layar terbagi tanpa penurunan kinerja.

Bagi Apple fan boy, rasanya pasti wajib memiliki tablet ini. Bagi pekerja profesional perkantoran atau desain tablet ini layak dimiliki, karena bisa membuat penggunanya tampil gaya dan bergengsi.

Sumber Foto : https://www.apple.com 

You may also like

Leave a comment