Monday Jul 26, 2021 09:27

Inilah Kesalahpahaman dalam Musik EDM

Inilah Kesalahpahaman dalam Musik EDM

MATA LELAKI - Musik EDM adalah salah satu musik yang saat ini banyak digemari oleh berbagai macam kalangan mulai dari kalangan muda hingga kalangan tua. Istilah ravers kemudian muncul sebagai salah satu sebutan untuk anak muda yang menyukai musik-musik EDM tersebut. Hal ini semakin seru dengan adanya ajang-ajang musik EDM yang diadakan tahunan.

Akan tetapi, meskipun memiliki nama musik EDM, masih saja banyak orang yang salah kaprah terhadap eksistensi musik ini. Apa sajakah hal tersebut?

Musik EDM Bukanlah Musik Baru

Inilah Kesalahpahaman dalam Musik EDM
Foto: Brian Baker

 

Meskipun memiliki nama “Electro” di bagian awalnya, musik EDM ini bukan tergolong sebagai musik baru yang saat ini sedang hits. Bahkan alat untuk mengubah aransemen lagunya sendiri sudah tercipta tahun 1877. Dan musik EDM ini memang sudah muncul sejak tahun 1970-an, jadi anggapan bahwa EDM adalah musik baru tidaklah benar, karena sudah ada sejak hampir 5 dekade yang lalu.

Tidak Semua Musik EDM Sama

Inilah Kesalahpahaman dalam Musik EDM
Foto: Seoul Sync

 

Jika dilihat dari hasil lagu yang dibuat oleh para produser atau lagu yang dimainkan para DJ, tentu sekilas akan terdengar sama. Namun, dalam proses pembuatan serta segmentasi lagunya pastilah berbeda. Karana ada aturan tersendiri dalam proses pembuatan musik EDM ini di mana sang komposer atau produser memiliki sebuah pedomannya sendiri salam menctipatakan lagu tersebut.

Memiliki Banyak Genre

Inilah Kesalahpahaman dalam Musik EDM
Foto: Dance Music CNW

 

Jika anda masih berpikir bahwa musik EDM itu hanya memiliki satu buah aliran saja, maka sebaiknya anda harus memperbarui pengetahun bermusik anda. Pasalnya, aliran dalam musik EDM itu tidaklah satu melainkan ada lebih dari 20 aliran. Di setiap wilayah yang ada di dunia memiliki alirannya masing-masing namun cabang dari aliran inilah yang membuat musik EDM ini bervariasi.

Pandangan mengenai Remix

Inilah Kesalahpahaman dalam Musik EDM
Foto: EDM Sauce

 

Beberapa menganggap bahwa DJ yang tampil di atas panggung banyak yang melakukan remix atau mengaransemen ulang musik yang sudah ada ke dalam aliran EDM ini. Beberapa menilai bahwa remix yang dilakukan oleh komposer atau DJ hanyalah mengambil untung dari karya yang ada. Padahal, remix adalah reinterpretasi dari sebuah karya yang sudah ada sebelumnya.

Apakah Harus Elektronik?

Inilah Kesalahpahaman dalam Musik EDM
Foto: insomniac

 

Meskipun namanya adalah Musik Dansa Elektronik, namun pada faktanya di lapangan, dalam memainkan musik EDM ini tidak harus selalu menggunakan alat-alat yang bersifat moderen atau elektronik. Alat musik instrumental juga bisa saja digunakan dalam permainan musik EDM ini seperti yang pernah dilakukan oleh London Electricity yang membuat karyanya.

Aksi DJ di Atas Panggung

Inilah Kesalahpahaman dalam Musik EDM
Foto: best DJ Stuff

 

Masih banyak yang menganggap bahwa kehadiran seorang DJ di atas panggung hanyalah dengan menekan tombol play kemudian musik bermain dengan sendirinya. Padahal, kejadian sesungguhnya di lapangan terungkap bahwa seorang DJ juga ikut menciptakan lagu yang dimainkannya tersebut. Tidak jarang mereka juga memutar piringan hitam agar suasana lebih menarik lagi.

Pandangan Miring Terhadap EDM

Inilah Kesalahpahaman dalam Musik EDM
Caption

 

Salah satu bentuk stereotip yang masih berkembang adalah dengan pandangan yang mengatakan bahwa EDM erat kaitannya dengan narkoba. Tidak bisa dipungkiri, memang musik EDM ini erat hubungannya dengan dunia malam. Dan dunia malam memang rentan untuk terjerumus ke arah negatif. Akan tetapi, pandangan yang mengatakan bahwa musik EDM sangat erat dengan narkoba sebaiknya dihilangkan.

Pasalnya, untuk bisa menikmati musik EDM tidak usah menggunakan obat-obatan terlarang sepertu itu. Pendengar hanya cukup bergabung ke arena dansa dan ikut menari bersama ratusan orang lain yang ada di arena tersebut. Jadi, tanpa menggunakan obat-obatan pun anda sudah bisa terhibur dengan penampilan memukau dari DJ di atas panggung.

You may also like

Leave a comment