Inilah Dampak Memakai Sepatu Baru Setiap Hari

Inilah Dampak Memakai Sepatu Baru Setiap Hari Sumber: unsplash.com

MATA LELAKI - Ketika anda baru saja mempunyai dan membeli sepatu baru, apa yang biasanya Anda lakukan? Hampir sama seperti sebagian orang, anda tentu akan memakainya kalau bisa hampir setiap hari. Itu bukanlah cara terbaik memperlakukan sepatu baru. Kaki anda bisa menjadi lecet, dan kalau sudah begitu tentu saja anda tidak bisa bepergian dengan nyaman memakai sepatu baru anda. Memang, faktor tampilan adalah hal yang membuat kita ingin mengenakan sepatu baru terus menerus. Tampilannya masih fresh dibandingkan sepatu lain di rak, tapi rupanya anda harus menghindari kebiasaan tersebut.

#
Sumber: Adidas

 

Karena pada dasarnya, segala sesuatu yang baru tentu jauh lebih kaku ketika anda pertama kali memakainya. Itupun juga berlaku untuk sepatu. Agar ukurannya pas di kaki Anda, jangan mengenakannya dalam waktu yang terlalu lama. Cobalah memakai secara bertahap, misalnya anda memakai sepatu selama beberapa jam saja. Ulangi empat sampai enam kali, atau ketika anda merasa ingin melepaskannya karena tidak nyaman. Barulah bagian dalam sepatu, perlahan-lahan akan longgar dan menyesuaikan dengan kaki anda.

Selain itu, anda juga harus memperhatikan perawatan dan kebersihan dari sepatu anda sendiri. Anda harus menyikat kotoran yang menempel sampai hilang, jangan terlalu kencang. Biasakan menyikat  dua minggu sekali, dengan catatan, anda tidak boleh menyikat sesaat sebelum anda kenakan. Selain itu anda bisa memasukkan shoe trees ke dalam sepatu anda. Kalau tidak punya, bisa gunakan kayu cedar untuk menyerap keringat dan kelembapan di dalam sepatu. Jauhkan sepatu anda dari tempat lembab dan disinari oleh cahaya. 

Kalau anda bisa merawat sepatu anda sendiri, bukan tidak mungkin anda bisa menjadi kolektor sepatu atau menjualnya kembali dengan kondisi yang masih layak dan bagus. Keuntungan yang anda terima dari penjualan sepatu anda kemudian bisa anda gunakan untuk membeli sepatu kembali. Kalau tidak, anda juga bisa sumbangkan ke yayasan panti asuhan atau lembaga sosial yang membutuhkan sepatu yang masih layak dipakai.

Leave a Comment