Inilah Berbagai Macam Jenis Kuah untuk Rebusan Hot Pot

Inilah Berbagai Macam Jenis Kuah untuk Rebusan Hot Pot Sumber: Nibble

MATA LELAKI - Hot Pot merupakan makanan khas dari negeri Tiongkok, dan kini sudah banyak digemari orang Indonesia. Banyak sekali restoran yang buka, menggunakan konsep Hot Pot dengan berbagai macam isian topping dan kuahnya. Di Korea sendiri, dikenal dengan nama sukiyaki dan di Jepang dengan nama Shabu Shabu.  Biasanya di setiap restoran, punya kuah dengan citarasa sendiri. Nah, berikut ini beberapa macam kuah untuk rebusan Hot Pot.

Mala

#
Sumber: Nibble

 

Pertama ada kuah Mala, yang terkenal akan kepedasan kuahnya ini. Mala sendiri, merupakan sebuah kuliner legendaris dari Sichuan dan Chongqing. Dari kedua provinsi tersebut, resep kuah Mala akhirnya menyebar dan disukai oleh semua penduduk di Tiongkok sana. Mala sendiri berasal dari bahasa Tiongkok, yaitu mati rasa yang berarti kepedasan. Kuah Mala sendiri, biasanya terdiri dari berbagai macam rempah, mulai dari merica, bawang putih, cengkeh, bubuk cabai, dan juga jahe. Semuanya ini lalu direbus dengan lemak sapi dan minyak sayur untuk beberapa jam. 

Collagen

#
Sumber : Nibble

 

Sekarang ini, restoran Hot Pot sudah cukup banyak yang menyediakan kuah dengan Chicken Collagen. Rasanya benar-benar menyegarkan, tanpa anda harus menambahkan berbagai macam rempah lagi. Kuah Chicken Collagen sendiri, dipercaya sebagai salah satu obat tradisional untuk tubuh manusia.

Sup Miso

#
Sumber: Nibble

 

Kalau Miso Soup berasal dari Jepang dan merupakan salah satu makanan tradisional khas Jepang. Miso dalam soup sendiri, dibuat dari kedelai yang sudah difermentasi dengan garam dan juga kanji. Produk jadi miso sendiri, nantinya akan dicampur dengan sebagai campuran sayur, daging dan sup. Sup miso sendiri, memang dipercaya mempunyai kandungan yang tinggi dan benar-benar kaya akan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh manusia. 

Tom Yum

#
Sumber: Nibble

 

Tom Yum merupakan makanan khas Thailand, yang terkenal akan kepedasan dan kesegarannya. Karena populer, kini kuah Tom Yum banyak digunakan untuk kuah hot pot, sukiyaki dan juga shabu shabu. Kuah Tom Yum sendiri, memang mempunyai ciri khas yang mencampurkan rempah dan bahan baku segar, seperti serai, jeruk kunci, jahe dan juga lemon.

Leave a Comment