Inilah Ajang Musik EDM Tahun Depan yang Wajib Anda Kunjungi

Inilah Ajang Musik EDM Tahun Depan yang Wajib Anda Kunjungi Sumber: Hostelworld

MATA LELAKI - Tahun 2020 sebentar lagi akan meninggalkan kita, namun bukan berarti tahun berikutnya anda sama sekali tidak memiliki rencana untuk bisa menikmati sajian hiburan musik EDM kelas dunia. Setiap tahunnya, ada festival musik EDM di dunia yang rutin menggelar festival dengan kelas dunia. Apa sajakah festival kelas dunia yang menarik tersebut?

Tomorrowland

#
Foto: tomorrowland

 

Bagi anda para pecinta musik EDM, pastinya sudah tahu banyak mengenai ajang musik EDM yang satu ini. Setiap tahunnya, event ini selalu digelar dengan hasil akhir yang sangat memuaskan untuk para penonton dan juga pengisi acaranya. Deretan DJ kelas dunia tampil untuk menghibur ribuan pecinta musik EDM dunia.

Ajang Tomorrowland ini biasanya diadakan pada pertengahan tahun atau menjelang liburan musimpanas di Eropa. Negara-negara yang ada di Eropa menjadi giliran setiap tahunnya untuk menggelar acara yang sangat mengundang banyak perhatian banyak pihak ini.

Ultra Music Festival

#
Foto: Ultra Music Festival

 

Amerika Serikat, sebagai negara adidaya di dunia juga tidak ingin kalah dalam hal hiburan musik. Ada benyak kegiatan musik yang rutin digelar setiap tahunnya dan untuk ajang musik EDM adalah Ultra Music Festival yang mengundang DJ kelas dunia.

Acara ini diadakan setiap tahunnya di Florida dan selain menghadirkan pertunjukan DJ kelas dunia, acara ini juga selalu menghadirkan atraksi tarian cahaya yang sangat memukau. Karena animo masyarakat tinggi, acara ini digelar juga di negara luar Amerika seperti Korea, Argentina, dan Spanyol.

Electric Zoo

#
Foto: EDM.com

 

Selain Ultra Music Festival, salah satu acara yang rutin digelar untuk menghibur ribuan pecinta musik EDM, khususnya di Amerika Serikat adalah Electric Zoo. Yang menarik, acara ini digelar setiap tahunnya yang bertepatan dengan hari buruh yang menjadi hari nasional di Amerika Serikat.

Festival ini diadakan di kota New York, dan selalu dipadati oleh ribuan pecinta pesta yang tidak saja berasal dari Amerika Serikat namun juga dari luar Amerika Serikat. Beberapa nama DJ top seperti Tiesto, kemudian Armin Van Buuren juga pernah mengisi acara Electric Zoo ini.

Creamfields

#
Foto: Getintothis

 

Salah satu ajang EDM yang paling banyak ditunggu oleh para pecinta musik EDM adalah Creamfields, yang masuk ke dalam salah satu agenda wajib penyelenggaraan musik EDM dunia. Sudah banyak negara yang menjadi tuan rumah yang menyelenggarakan acara yang bergengsi ini.

Seperti misalnya Turki, kemudian Portugal, Australia, dan juga Argentina. Acara ini biasanya diadakan di bulan Agustus setiap tahunnya. Berbagai macam aliran musik Electro Dance seperti techno, kemudian Dubstep, Trance daan juga House dipertunjukkan dalam ajang yang mendapat perhatian dunia ini.

Electric Daisy Festival

#
Foto: Forbes

 

Ajang musik berikutnya yang rutin diadakan setiap tahunnya adalah Electric Daisy Festival di mana setidaknya sebanyak 200 ribu pasang mata lebih menyaksikan acara ini. Kota Las Vegas dipilih sebagai kota yang menyelenggarakan acara ini setiap tahunnya yang juga digelar dengan meriah.

Konsep Rave Party dipilih untuk bisa menghentak penonton yang hadir dalam acara tersebut selama 3 hari berurut-turut. Tidak hanya di Amerika Serikats aja, Puerto Rico juga dipilih sebagai negara kedua yang menyelenggarakan acara ini di bawah Even Organiser Insomniac Events.

Noctrual Wonderland

#
Foto: Fresh Music Freaks

 

Dari sekian banyak ajang musik EDM, sepertinya Noctural Wonderland adalah ajang yang diadajak sejak lebih dari 1 dasawarsa silam. Sejak tahun 1998, ajang ini selalu mengundang animo masyarakat terhadap musik EDM yang menjadi salah satu musik yang paling banyak digemari.

Ajang Noctural Wonderland ini biasanya diadakan pada bulan September yang mengambil lokasi berbeda-beda di stiap negara. Sudah pasti berbagai macam aliran musik juga dipertunjukkan di sini yang dibawakan oleh sederet DJ-DJ yang memiliki nama di dunia musik EDM saat ini.

Global Gathering

#
Foto: DJ Central

 

Eropa sepertinya menjadi kiblat dalam ajang musik EDM yang digelar di dunia. Selain Tomorrowland, ada juga ajang Global Gathering yang tidak kalah menariknya dari ajang musik EDM serupa. Global Gathering sebaiknya dimasukkan dalam daftar kunjungan ajang EDM anda.

Pasalnya, di ajang ini DJ-DJ ternama sudah pernah menjejakkan kakinya di atas panggung untuk menghibur pecinta musik EDM. Negara-negara yang tercatat sudah sukses dalam mengadakan ajang ini adalah Belarus, kemudian Rusia, Ukraina dan juga Polandia. Berbagai aliran musik EDM juga dipertunjukkan di acara bergengsi ini.

Future Music Festival

#
Foto: Music Feeds

 

Jika anda merasa acara-acara musik EDM tersebut terlalu jauh dengan jarak karena diadakan di negara benua Amerika dan Eropa, anda tidak perlu khawatir dengan ajang yang satu ini. Pasalnya, ajang Future Music Festival merupakan ajang musik EDM yang diadakan di benua Australia.

Sejak diadakan pada tahun 2012 ajang ini sudah banyak mendapatkan perhatian dan juga antusiasme dari para pecinta musik EDM, khususnya yang berada di Asia Tenggara. Future Music Festival juga mulai merambah ke luar Australia seperti misalnya di Kuala Lumpur, Malaysia.

Stereosonic

#
Foto: Tone Deaf

 

Masih di negara Australia, kali ini ada sebuah ajang yang dinamakan dengan Stereosonic yang diadakan setiap akhir tahun di Australia. Awal Desember menjadi jadwal rutin untuk pelaksanaan ajang musik kelas dunia ini yang diadakan di lokasi berbeda.

Beberapa kota seperti misalnya Brisabane, kemudian Adelaide, Perth dan juga Sydney menjadi kota yang ditunjuk untuk melaksanakan kegiatan ini secara bergantian. Deretan DJ lokal dan juga DJ dunia sudah banyak yang ikut serta dalam ajang ini. Setiap tahunnya, kota penyelenggara Stereosonic ini berbeda-beda.

Itulah deretan ajang musik EDM yang sebaiknya masuk ke dalam daftar tujuan wisata musik anda tahun 2021 nanti. Harap persiapkan segala sesuatunya dari sekarang, terutama untuk masalah finansial, karena memang untuk menuju ke ajang tersebut tidak mebutuhkan biaya yang sedikit, namun jika sudah tercapai maka semuanya akan terbayarkan.

Leave a Comment