Ini Tips Membuat Selai Buah Sendiri di Rumah Anda

Ini Tips Membuat Selai Buah Sendiri di Rumah Anda Sumber: IDN Times

MATA LELAKI - Salah satu topping yang biasa orang gunakan untuk makan roti atau pancake, adalah selai buah. Dari selai buah nanas, strawberry, blackcurrent, durian, jeruk sampai cokelat. Biasnya selai dibeli di supermarket, tapi ternyata anda bisa membuat selai buah sendiri di rumah. Bagaimana caranya? Ikuti saja langkah-langkah di bawah ini.

Pilih Buah yang Tidak Terlalu Matang

Usahakan anda membeli buah yang tidak terlalu matang dulu, karena selai itu identik dengan rasa yang segar, dimana tidak akan anda temukan di buah-buah yang sudah matang. Untuk aroma, pilihlah buah yang aromanya kuat, ada nanas, apel dan berbagai aneka ragam buah beri.

#
Sumber: IDN Times

 

Jangan Menggunakan Blender

Untuk proses penghalusan buah, jangan menggunakan blender. Blender hanya akan membuat buah menjadi cair saja dan tidak ada teksturnya sama sekali. Cara lain yang bisa anda gunakan adalah mengulek sendiri atau memotong kecil-kecil sampai menjadi halus. Dengan begitu tekstur buahnya juga akan terjaga.

Menambahkan Gula yang Cukup Banyak

Pembuatan selai tentu tidak terlepas dari namanya gula. Gunakan gula yang relatif banyak, hal ini juga akan membuat selai anda bertahan lama. Selain itu pula, selai yang ditambahkan gula banyak, akan menjadi lebih kental. Jadinya memang selai yang bagus itu, mempunyai konsistensi yang kental.

Garam dan Jeruk Nipis Sebagai Pelengkap

Bahan-bahan pelengkap seperti garma dan jeruk nipis, akan memberikan rasa gurih dan bisa mengawetkan selai yang ada. Sensasi rasa segar juga bisa anda dapatkan di jeruk nipis. Kalau proses pengolahan selai sudah selesai, anda bisa menyimpan di toples kaca yang streril dan bersih. Simpan di dalam kulkas dan jangan sampai terkena sinar matahari. Baru setelah itu, anda bisa membeli roti tawar dan nikmati selai buah segar dan manis yang sudah anda buat. 

Jika anda sudah bisa membuat selai sendiri, maka anda tak perlu lagi membelinya di supermarket, dan bisa menghemat pengeluaran.

Leave a Comment