Ini Perbedaan Pempek Bangka dengan Pempek Palembang

Ini Perbedaan Pempek Bangka dengan Pempek Palembang Sumber: Twitter

MATA LELAKI - Pempek menjadi kuliner, yang kini banyak disukai berbagai kalangan usia. Dari anak-anak sampai orang tua, tampaknya semua menyukai pempek. Di Jakarta sendiri, sangat mudah sekali menemui kedai pempek, baik yang sederhana sampai di restoran-restoran. Pempek berasal dari Palembang, tapi ada juga berbagai jenis pempek seperti Pempek di Lampung, Pempek Bangka.

#
Sumber: Shoppe



Pempek Palembang dan Pempek Bangka sendiri, sering disandingkan kenikmatan keduanya. Memang kedua citarasanya juga berbeda, sampai cukanya sendiri juga berbeda. Pempek Bangka sendiri berasal dari pulau Bangka, dimana pembuatan pempeknya menggunakan ikan laut berjenis parang-parang hingga tenggiri. Memang bukan tanpa alasan, memilih ikan lau, karena provinsi Bangka yang dikelilingi oleh laut.

Untuk cukanya sendiri, pempek bangka juga cukup banyak variannya. Ada total tiga varian saus, mulai dari saus cabai, terasi sampai juga tauco. Biasanya cuka pempek bangka terdiri dari bahan seperti bawang, belacan dan juga ebi. Untuk rasa cukanya sendiri, lebih ke rasa asam pedas. 

#
Sumber: Pergi kuliner

 

Lain pempek Bangka, lain juga pempek Palembang. Ikan yang digunakan untuk membuat pempek, umumnya kikan belida di Palembang. Karena banyak sungai di Palembang, maka tidak sulit untuk menemuka ikan Belida. Sebagai bahan utama pempek, menggunakan ikan air tawar, beda dengan Bangka yang menggunakan ikan air asin.

Untuk varian jenis pempeknya, variasi pempek Palembang juga banyak sekali. Ada adaan, kapal selam, lonjong, keriting, kulit, pempek otak-otak, pempek pastel, tekwan dan lain sebagainya. Untuk kuahnya, menggunakan kuah cuko yang dibuat dengan gula merah. Maka rasanya manis dan juga pedas, bila anda tambahkan sambal.

Di Jakarta sendiri, anda bisa temukan Pempek Bangka di kedai yang menjual Bakmi Bangka. Biasanya di kedai bakmi bangka tersebut, anda akan menemukan pempek bangka dan berbagai gorengan, kue serta olahan khas Bangka. 

Leave a Comment