Ini Pemanis Pengganti Gula Agar Tetap Hidup Sehat

Ini Pemanis Pengganti Gula Agar Tetap Hidup Sehat Sumber: IDN Times

MATA LELAKI - Gula memang berbahaya sekali, karena beberapa penyakit berbahaya berasal dari konsumsi gula. Sebut saja  Diabetes, obesitas dan berbagai penyakit berbahaya lainnya. Sebagai solusinya, anda bisa menggantinya dengan yang namanya gula alami. Gula dan juga pemanis alami, bisa anda temukan di buah-buahan. Tentunya, gula alami ini, jauh lebih sehat, kalau dibandingkan dengan gula rafinasi. 

Lalu, apa saja pemanis yang bisa kita gunakan sebagai pengganti gula? Berikut pembahasannya.

#
Sumber: IDN Times

 

Gula Kelapa

Gula kelapa sendiri dibuat dan diproduksi dari nira kelapa. Ini merupakan pemanis alami, dimana terdapat kandungan vitamin, mineral dan juga antioksidan. Gula kelapa ini bisa anda gunakan di semua jenis makanan, teksturnya juga jauh lebih kasar dibandingkan gula halus dan warnanya adalah karamel.

Madu

Sudah dari zaman dulu, orang-orang menggunakan madu sebagai pemanis. Bisa dibilang, madu menjadi pemanis alami terbaik. Rasa manis sendiri, diambil dari nektar bunga yang diambil lebah madu. Selain sebagai pemanis alami, ternyata madu juga digunakan sebagai obat alami untuk luka dan kesehatan di dalam tubuh. Gunakan madu, sebagai pemanis alami untuk teh, yogurt, pancake, oatmeal, teh dan juga salad. Bahkan, banyak orang juga mengkonsumsi madu secara langsung. 

Kurma

Kurma manis rasanya seperti karamel, dan bisa menjadi pengganti gula rafinasi yang sehat. Kurma juga menjadi sumber nutrisi yang baik, ada vitamin B, vitamin C, selenium, potasium, tembaga dan juga magnesium. Kurma sendiri, bisa anda gunakan untuk isian kue anda, atau sebagai makanan pendamping dan ngemil di saat sore. Rasanya manis, bisa anda nikmati dengan teh hangat atau kopi hangat. 

Sirup Maple

Sirup maple berasa dari getah maple yang direbus dan menjadi cairan kental. Sirup ini, begitu terkenal sekali di Amerika dan Eropa, orang-orang menggunakan sirup maple untuk tambahan manisan pancake, oatmeal, kue, yogurt tawar, penekuk, salad, ayam dan makanan lainnya. Selain itu, anda juga bisa menambahkan sirup maple ke dalam gula dan teh yang anda minum.

Leave a Comment