Ini Bahaya Makan Berlebih Saat Anda Tidak Lapar

Ini Bahaya Makan Berlebih Saat Anda Tidak Lapar Sumber: Male Indonesia

MATA LELAKI - Apakah anda termasuk orang yang sering makan berlebih, walaupun anda tidak lapar? Kalau jawabannya adalah iya, maka anda patut waspada, karena anda sedang terkena stres eating. Penyakit ini bisa ditemukan di siapa saja, tapi sering banyak ditemukan di kaum pria.

Tentunya setiap dari anda, pernah mengalami yang namanya stres. Stres sendiri bisa dipengaruhi banyak hal, saking parahnya, sampai-sampai stres ini mempengaruhi cara anda makan. Pola makan anda akan berubah, tentunya ini tidak sehat dan bahaya bagi tubuh anda sendiri. Akan ada bahaya yang timbul, karena nafsu makan anda yang berlebih. Kalau sudah demikian, anda harus bisa mengontrol nafsu makan anda yang berlebih itu.

#
Sumber: Male Indonesia

 

Stress eating atau emotional eating, adalah suatu gejala dimana lebih baik anda makan sampai kenyang untuk mengatasi emosi anda, dibanding memang karena tubuh anda memang sudah lapar dan memberi sinyal. Misalnya, ketika pekerjaan di kantor anda menumpuk, maka anda lebih baik menyantap makan dalam jumlah yang lebih banyak. Kalau kondisi stresnya kian parah, anda bahkan tidak peduli makanan jenis apapun yang masuk ke dalam mulut anda. 

Seperti yang sudah ditulis di atas tadi, stres merupakan penyebab anda mengalami makan yang berlebih ini. Jadi masalahnya, bukan terletak di nafsu makan anda, melainkan emosi anda yang justru tidak stabil. Stres sendiri bisa timbul dari banyak hal, karena masalah pekerjaan anda sampai hubungan anda dengan pacar anda.

Kalau sudah begitu, anda akan akan makan dalam porsi yang luar biasa banyak. Anda justru akan cenderung untuk mengkonsumsi junk food, karena memang untuk pengidap stressfood akan berpikir kalau makanan junk food bisa melenyapkan rasa sedih mereka. Makanan manis juga akan menjadi pelampiasan, dari mulai kue, es krim, coklat dan masih banyak lagi.

Anda sendiri sebenarnya bisa mengatasi stres, dengan cara anda harus berolahraga secara rutin. Anda bisa jogging di pagi atau sore hari. Stres anda akan hilang, tubuh anda akan menjadi kuat dan anda tidak akan stres lagi, karena pikiran anda sudah menjadi segar kembali. Selain olahraga, anda bisa melakukan hobi seperti membaca buku, mendengarkan musik yang membuat pikiran anda rileks dan juga tenang.

Leave a Comment