Ini 4 Cara Bikin Acar Mentimun Sendiri untuk Pendamping Makanan

Ini 4 Cara Bikin Acar Mentimun Sendiri untuk Pendamping Makanan Sumber: IDN Times

MATA LELAKI - Ngemil sehat kekinian, nampaknya kini sudah diikuti oleh para millenial. Salah satunya adalah ngemil acar timur dengan sensasi asam dan juga segar. Selain itu, acar timun ini juga cocok menjadi makanan pelengkap untuk berbagai sajian makanan lainnya. Bagi anda yang mau buat acar timun sendiri, ikuti saja 4 tahapan berikut ini.

Pilih Timun yang Berukuran Sedang

#
Sumber: IDN Times

 

Biasanya restoran-restoran yang menyajikan acar timun, menggunakan timun yang berukuran sedang. Timun ukuran sedang akan mudah sekali untuk diolah, dan akan bisa meresap cairan cuka. Selain itu, volume yang menyusut juga tidak terlalu banyak dan tentunya akan memberikan tekstur yang garing begitu disantap. Kalau timur ukuran besar, justru hasil acar timunnya akan lembek dan tidak padat, seperti timun ukuran sedang.

Gunakan Wadah Tertutup untuk Tempat Penyimpanan Timun

#
Sumber: IDN Times

 

Untuk pilihan tempat menyimpan timun, anda bisa pilih toples yang wadahnya tertutup. Hal ini agar kesegaran acar timun tetap bisa terjaga, selain itu bisa membuat lama kesegaran timun anda menjadi baik. 

Rendam Timun Dalam Air Es

#
Sumber: IDN Times

 

Kalau timun anda tidak anda letakkan di wadah tertutup sesudah membeli, maka anda bisa rendam timun anda di dalam air es selama 2 jam. Air es sendiri, akan menjaga timun tetap segar, sehingga teksturnya akan menjadi garing. Air es juga akan membuat warna hijau di mentimun menjadi keluar, jadi penampilan dari mentimun anda akan menjadi semakin bagus.

Potong Bagian Ujung Timun

#
Sumber: IDN Times

 

Jangan menggunakan seluruh ujung timun, dimana bisa membuat acar menjadi lembek. Ujung timun sendiri mengandung enzim, yang akan membuat daya tahan acar otomatis menjadi rentan basi, kalau tekstur timunnya lembek dan basah.

Leave a Comment