ini 3 Perbedaan Antara Matcha dan Hojicha

ini 3 Perbedaan Antara Matcha dan Hojicha Sumber: IDN Times

MATA LELAKI - Teh hijau sebenarnya sudah dikenal sebagai teh yang kaya khasiat sejak tahun 2737 sebelum masehi. Memang tidak heran, karena kandungan di dalam teh hijau sendiri yang punya manfaat yang begitu baik. Jepang sendiri, dikenal sebagai negara yang mempunyai budaya minum teh hijau. Budidaya teh hijaupun dilakukan di Jepang, dari ada yang untuk pengobatan sampai teh hijau untuk dikonsumsi secara rutin saja. 

Di Jepang sendiri, ada 2 jenis teh hijau berkualitas tinggi, yaitu Matcha dan juga Hojicha. Keduanya sudah dikonsumsi dari dulu dan walaupun punya kemiripan, tapi keduanya ternyata juga berbeda. Apa saja perbedaan dari Matcha dan Hojicha? Berikut ini beberapa perbedaannya.

Proses Pengolahan

#
Sumber: IDN Times

 

Matcha merupakan teh hijau yang bisa diubah menjadi bubuk dan langsung diseduh. Matcha sendri, dibuat dengan cara menggiling teh hijau sampai halus seperti tepung. Untuk Hojicha sendiri, dibuat dengan cara dipanggang sebelum diseduh. Teh hijau satu ini, diolah dengan suhu tinggi sampai akhirnya terpanggang. Proses pemanggangan ini bertujuan, untuk menghilangkan kandungan kafein dan menghasilkan aroma yang khas dan juga unik.

Tampilan Warna

#
Sumber: IDN Times

 

Proses pegelolahan yang berbeda antara keduanya, juga akan menghasilkan warna yang berbeda pula. Matcha sendiri, biasanya berwarna hijau terang, sementara untuk hojicha, lebih ke warna coklat kemerahan dengan tampilan yang lebih pekat. Proses inilah yang membuat keduanya menjadi berubah setiap warnanya.

Aroma

#
Sumber: IDN Times

 

Matcha sendiri, cenderung mempunyai aroma yang seperti sayuran dan juga teh segar. Aroma ini sendiri, didapatkan dari proses penggilingan secara langsung dan juga menggunakan peralatan traditional. Proses pengelolahan alami tersebut, akhirnya akan membuat aroma khas dan daun teh segar ini. Citarasa dari Matcha sendiri, juga cenderung pahit dan juga ada beberapa yang punya rasa gurih. Untuk bubuk matcha sendiri, rasanya cenderung seperti rumput laut dan juga ada sensasi rasa creamy.

Untuk hojicha sendiri, cenderung lebih gurih, pekat, dan muncul aroma yang smoky. Cocok untuk anda yang tidak suka teh pahit.

Leave a Comment