Ini 10 Minuman Alkohol Asli Indonesia dengan Kadar Alkohol Tinggi

Ini 10 Minuman Alkohol Asli Indonesia dengan Kadar Alkohol Tinggi Sumber: maskoolin.com

MATA LELAKI - Indonesia yang merupakan negara kepulauan, memiliki banyak suku, ras, budaya dan kulinernya. Selain itu, bangsa Indonesia juga punya variasi lainnya, yaitu berbagai minuman alkohol asli Indonesia bisa anda coba. Nah, berikut ini adalah 10 minuman alkohol asli Indonesia, yang tidak kalah dengan minuman alkohol dari negara lain seperti Amerika atau Jepang.

Hatten Wines

#
Sumber: BP Guide

 

Minuman pertama, adalah Hatten Wines, yang merupakan buatan orang Bali sejak tahun 1994. Gus Rai yang menciptakan minuman ini, merupakan produk yang wajib untuk anda cicipi. Wine ini sendiri, terbuat dari bahan anggur Belgia yang sudah matang dan juga penuh gula. Selain itu proses pembuatan wine ini juga sangat unik serta berkualitas. Tidak heran, wine ini menjadi wine kebanggaan provinsi Bali. Produknya sendiri, juga ditanam di Bali Utara dan akan menghasilkan rasa anggur yang begitu nikmat dengan citarasa yang begitu tinggi. Aromanya sendiri, merupakan aromatik semi-sweet yang akan sangat pas menjadi teman santap makan anda. Harganya sendiri adalah $18 atau sekitar IDR 240.461.

Arak Bali

#
Sunber: BP Guide

 

Produk selanjutnya masih datang dari Bali, dimana minuman ini kerap menjadi oleh-oleh dari Bali. Kalau anda ke Bali, anda bisa mencicipi Arak Bali yang sangat terkenal. Ini merupakan minuman dengan kadar alkohol yang mencapai 60%. Harganya sendiri mulai dari IDR 70.000 s/d IDR 100.000. Arak Bali sendiri dibuat dari bahan beras ketan yang sudah melalui pentapean dan lalu diperas dan difermentasikan serta destilasi.

Sopi

#
Sumber: BP Guide

 

Di Flores Barat, ada minuman yang terbuat dari sadapan pohon enau, dimana produk ini sendiri awalnya oleh Belanda disebut sebagai minuman zoopje atau juga alkohol cair. Minuman ini, merupakan minuman alkohol tradisional dan khas Flores Barat. Dengan kadar alkohol sebesar 30%, harga dari minuman ini mulai dari IDR 10.000 s/d IDR 50.000.

Two Island

#
Sumber: BP Guide

 

Masih di Bali, ada satu brand yang menyajikan rasa anggur yang sempurna. Namanya adalah Two Island Reserve yang merupakan minuman anggur yang terbaik, karena terbuat dari buah anggur premium. Anggurnya sendiri, sudah diimport dari Australia Selatan dan juga sudah mendapatkan karakteristik anggur yang begitu menarik. 

Tuak

#
Sumber: BP Guide

 

Tuak, merupakan minuman yang cukup terkenal di Indonesia. Terbuat dari bahan air nira atua aren, di wilayah lain ada yang membuat tuak dari bahan pohon siwalan atau juga tal. Kalau anda ke Sumatera Utara, maka anda akan menemukan banyak sekali tempat minum tuak, dimana disebut dengan lapo tuak. Harga tuaknya juga murah, hanya IDR 6.000 sampai IDR 10.000 per liter.

Artisan Estate

Jenis white wine yang paling laku keras di Bali adalah Classic Chardonnay. Karena wine ini terdiri dari buah anggur chardonay chenic blanc, verdelho dan juga sauvignon blanc. Campuran anggur ini, mernjadikan rasa dari wine putih ini benar-benar berkelas sekali. Sangat pas dijadikan sebagai penutup teman makan makanan khas Indonesia. Kalau bisa anda beli white wine, maka belilah Artisan Estate. Produk satu ini cukup berkualitas dengan harga IDR 220.000 saja.

Cape Discovery

#
Sumber: BP Guide

 

Lagi-lagi masih dari Bali, tapi kini ada di SIngaraja. Di daerah ini, ada wine yang benar-benar berkualitas dan sempurna dari proses pembuatannya. Wine ini benar-benar menggunakan bahan berkualitas, bahkan sampai-sampai ahli wine di Indonesia mengakui keunggulan wine ini. Produk ini adalah Cape Discovery Margaret River Chardonnay 750 ml. Proses fermentasi dari wine ini sangat berkualitas, sehingga anda bisa menikmati wine dengan makanan keju atau makanan rasa lembut lainnya. Kadar alkoholnya hanya 13,0 persen dan harganya sendiri hanya IDR 175.000.

Stark Wheat

#
Sumber: BP Guide

 

Selain Bintang, tentu anda tau Stark Wheat bukan? Brewery asal Indonesia ini, memproduksi wheat beer dan juga dark wheat beer. Rasanya sendiri sangat segar, dengan karakteristik malty, sehingga tidak heran minuman ini banyak dijumpai di pantai-pantai, karena udara siang yang panas saat di pantai, maka sudah menjadi hal yang tepat untuk menikmati bir dingin ini. Proses pembuatannya juga alami, dimana menggunakan air jernih.

Ballo

#
Sumber: BP Guide

 

Dari Bali kita ke Makassar, dimana ada minuman tradisional yang mirip tuak dengan nama Ballo. Minuman ini sendiri, terbuat dari bahan campuran enau, nipa, dan lontar. Minuman ini sendiri juga dibuat dengan cara difermentasi, tapi caranya yang lebih unik. Buah lontar akan ditampung di dalam satu tempat dan akan dipendam di dalam tanah. Selain Makassar, anda bisa menemukan minuman ini di daerah Toraja Utara. 

Swansrai

#
Sumber: BP Guide

 

Terakhir, ada minuman dari tanah Papua. Minuman keras tradisional dari tanah Papua ini biasa disebut dengan nama swansrai. Harganya cukup mahal untuk ukuran botol kecil, yaitu IDR 50.000. Bahan minuman ini sendiri, terbuat dari air pohon kelapa tua yang sudah dilakukan fermentasi. Kadar alkohonya sendiri juga hanya 30%. Anda sendiri, bisa menikmati minuman ini di daerah Biak.

Leave a Comment