Sunday Jan 29, 2023 03:58
Featured

Ingin Menjadi DJ Pemula? Ini Daftar Perangkatnya

Ingin Menjadi DJ Pemula? Ini Daftar Perangkatnya

Matalelaki.com - Menjadi seorang DJ tentunya tidak cukup hanya dibekali dengan skill atau kemampuan yang mumpuni namun juga harus ditunjang dengan alat tempur yang bisa membuat pertunjukkan anda semakin hidup lagi. Jika anda ingin menjadi seorang DJ, namun masih bingung dalam menentukan apa saja alat terbaik untuk manggung, berikut kami berikan ulasannya.

Headphone Audio Technica ATH-M50x

Ingin Menjadi DJ Pemula? Ini Daftar Perangkatnya
Foto: Audio Technica

 

Headphone merupakan alat wajib utama yang harus dimiliki seorang DJ di atas panggung. Bukan untuk mendengarkan musik akan tetapi sebagai alat bantu untuk memantau suara yang dihasilkan dari atas panggung. Untuk DJ pemula, ada sebuah headphone bagus yang bisa anda pilih yakni Audio Technica ATH-M50x.

Dibanderol dengan harga 2 jutaan, headphone ini memiliki teknologi terbaru dengan fitur bisa diputar 90 derajat di bagian earphonenya, dan memeliki respon frekuensi 15 hingga 28 khz. Headphone ini memiliki kabel yang bisa dilepas sehingga bisa disesuaikan dengan panjangnya, dan juga dilengkapi dengan head adjustment yang bisa disesuaikan dengan ukuran kepala anda ketika digunakan di panggung.

Turntable Pioneer PLX-500

Ingin Menjadi DJ Pemula? Ini Daftar Perangkatnya
Foto: Arc Technica

 

Fungsi dari perangkat ini adalah untuk mengubah pitch lagu, memperlambat tempo lagu, atau untuk mengganti lagu. Beebrapa DJ menggunakan pengaturan dengan berbasis laptop. Namun, untuk DJ pemula sebaiknya perlu untuk menggunakan turntable ini agar lebih terlihat percaya diri di hadapan penonton.

Ada banyak merk dan jenis turntable, namun kami menyarankan untuk menggunakan PLX-500 yang merupakan turntable yang didesain untuk pemula. Turntable ini memiliki penututp debu, label audio, kabel USB, dan digital rekordbox. De3ngan adanya alat penggerak, maka membuat putaran menjadi stabil dan halus. Alat ini juga dilengkapi dengan Built in Preamp yang dapat diatur untuk dikirim ke mixer secara langsung.

Pioneer DJM-900NX2

Ingin Menjadi DJ Pemula? Ini Daftar Perangkatnya
Foto: Pioneer India

 

Mixer juga tidak kalah penting bagi anda yang ignin menjajal karir sebagai seorang DJ pemula. Kegunaan dari mixer adalah untuk mengontrol  tingkat volume, nada, dan juga untuk mengubah transisi dari satu lagu ke lagu yang lain dengan sentuhan yang sangat baik. Bisa dibikabg mixer adalah pusat dari semua pengaturan pertunjukkan DJ.

Salah satu jenis mixer yang digunakan adalah Pioneer DJM-900NX2 yang merupakan mixer standar yang digunakan oleh Dj baik itu DJ pro atau DJ pemula. Memiliki penyiaran 3 band dengan salurn EQ, memiliki 7 Colour FX, 16 Colour FX, dan juga koneksi USB ditambah dengan kemampuan untuk memutar format MIDI.

Controller Numark DJ2GO

Ingin Menjadi DJ Pemula? Ini Daftar Perangkatnya
Foto: Thomann

 

Senjata andalan berikutnya yang memegang peranan penting dalam pertunjukkan DJ anda adalah Controller. Alat ini merupakan gabungan dari mixer dan turntable. Kegunaan dari alat ini adalah untuk mengatur kustomisasi dan pengaturan perangkat lunak yang terhubung dengan komputer atau laptop.

Anda bisa memilih controller Numark DJ2GO yang memiliki ukuran sebesar laptop. Fungsi Controller Numark DJ2GO adalah untuk kontrol, navigasi tanpa menggunakan mouse. Selain itu kelebihan dari perangkat Numark DJ2GO ini adalah memungkinkan anda untuk bisa mengatur controller ini di mana saja dan juga kapan saja hanya dengan bantuan sebuah kabel USB dan sebuah software perangkat lunak yang diberi nama Serato DJ Lite.

JBL EON 610

Ingin Menjadi DJ Pemula? Ini Daftar Perangkatnya
Foto: India Mart

 

Alat terakhir yang bisa anda gunakan untuk memulai pertunjukkan DJ anda adalah sebuah speaker. Untuk alat ini sudah jangan ditanyakan lagi kegunaannya untuk apa karena tanpa speaker ini pertunjukkan DJ anda akan terasa sangat hambar. Ada banyak pilihan merk speaker yang sangat baik di pasaran untuk digunakan dalam pertunjukkan DJ.

Kami merekomendasikan Speaker JBL EON 610 yang memiliki kelebihan suaranya yang menggelegar dan terdengar sampai ke semua sudut ruangan. Selain itu kelebihan yang menjadi unggulan dari JBL EON 610 ini adalah sangat praktis sehingga tidak lagi memerlukan Power Amplifier Eksternal.

 

You may also like

Leave a comment