Ingin Berkarir Sebagai DJ ? Simak Artikel Berikut

Ingin Berkarir Sebagai DJ ? Simak Artikel Berikut

MATA LELAKI - Sekarang kalau anak - anak muda ditanya cita - citanya, profesi DJ pasti menjadi salah satu yang disebut. Bagaimana tidak, perkembangan teknologi dan musik EDM membuat banyak anak Millenial dan Gen z berlomba - lomba ingin menjadi seperti Alan Walker atau Martin Garrix. Terkenal, kaya, digandrungi banyak fans dan tentu saja bisa bekarir sesuai passion. 

#
Sumber  : Harnas

 

Meskipun DJ adalah istilah masa kini, tetapi ternyata profesi ini sudah ada sejak tahun 1950-an. Semula ia dijulukkan untuk seseorang yang terampil untuk memilih dan memainkan rekaman suara atau musik yang sudah disimpan sebelumnya (sumber : Wikipedia). Terjemahan bahasa Indonesia yang kurang dikenal adalah joki-cakram atau juru-cakram. Sekarang, DJ tidak hanya merujuk kepada kemahiran mengatur lagu atau musik dalam medium cakram, tetapi juga dalam bentuk medium lainnya yang lebih canggih seperti komputer tablet. 

#
Sumber : Udemy

 

Bagi anda yang ingin, menjadi seorang Dj profesional artikel ini cocok bagi anda. Pertama yang harus anda lakukan, anda harus belajar teori seperti pencampuran dan penggabungan musik (mix and blend). Biasanya cara ini disebut, audio mixing yang menggabungkan 2 atau lebih lagu yang berbeda. DJ juga harus tahu benar mana genre musik yang bisa dicampur dan mana yang harus terpisah. Semuanya memerlukan pembelajaran yang saksama dan pengalaman yang mendalam. Tidak seperti yang terlihat dari jauh, DJ adalah pekerjaan rumit yang mensyaratkan daya pikir dan olah rasa. 

Salah satu, Dj kenamaan Indonesia DJ Wingky pun memberikan tips dan trick. Menurut Wingky, saat ini DJ merupakan industri yang cuku besar dan mampu menghidupi banyak orang didalamnya. "Ini positif ya semua sudah banyak yang ikutin, dan semakin banyak juga yang ikut,"ujar Dj yang bernama asli Nurayendra Irwindo ini.


Namun bagi DJ yang pada 2015 sempat mengeluarkan album bertajuk Playlist fenomena ini diharapkan bukan dijadikan ajang ikut-ikutan semata. Terlebih ketika mengingat profesi DJ yang dari segi pendapatan bisa dibilang cukup menjanjikan ini. "Harus didasari suka musik harus yang mau eksplor musik. Kalau cuma ikut trend tapi tidak berkarya ya juga percuma. Sayang kan kalau nantinya Cuma seperti itu,"katanya.

Menjadi Dj, sama seperti menjadi profesi lainnya. Harus kreatif, inovatif dan bisa membawa sesuatu yang berbeda. Dj Winky berharap ada nuansa yang berbeda yang disajikan. Sehingga setiap musik yang dibawakan bisa menjadi hiburan yang lebih berenergi.

Banyak DJ yang merasakan bahwa perkembangan musik DJ cenderung monoton. Hal itu disikapi Winky sebagai hal yang lumrah. Meskipun ia sendiri juga berharap akan ada gebrakan baru di dunia DJ-in. "Evolusi itukan selalu berkembang warnanya juga akan berbeda-beda, Mungkin kalau di Indonesia trendnya bisa kembali ke era-era lampau. Jadi musik-musik lama di recyle lagi. Itu menurut saya asik sebenanya,"katanya.

Dari segi kualitas banyak DJ Indonesia yang sebenarnya layak diapresiasi dan dinikmati karyanya. Nama-nama seperti Dipha Barus, sampai Bottle Smokers adalah DJ-DJ yang layak dierhitungkan di tanah air.

Leave a Comment