Honda NSX 2019, Sports Car Andalan Honda di GIIAS 2019

Honda NSX 2019, Sports Car Andalan Honda di GIIAS 2019 Sumber: oto.com

MATA LELAKI - Dipasarkan pertama kali untuk pasaran Amerika Utara, NSX 2019 yang diberi nama Acura NSX telah melewati tahapan regenerasi dan upgrade fitur. Honda NSX 2019 dipersembahkan melalui facelift generasi kedua dengan menambahkan perubahan pada mesin hybrid secara menyeluruh. Upgrade ini juga diikuti dengan peningkat eksterior yang diperlembut beserta tweak performance dinamis pada sasis NSX 2019.

Honda NSX 2019 GIIAS 2019
Pic Source : otomotif.bisnis.com

 

Dengan konsep “lebih menyenangkan untuk kegiatan sehari-hari”, tidak berarti Honda melupakan sisi estetika. Para ahli desain sportcar yang telah menginjak usia 28 tahun ini merancangnya sedemikian rupa sehingga bisa terwujud dalam tipe NSX 2019 yang menawan tanpa meninggalkan konsep awal serta target implentasi teknologi teranyar.

Honda HP-X, dengan variabel X sebagai konstanta yang tidak diketahui dalam simbol matematika, menjadi cikal bakal sejarah NSX. Dimulai tahun 1984, mobil konsep HP-X atau lebih dikenal sebagai Honda Pininfarina eXperimental, bermesin 3.0L peruntukan sports car dengan penggerak roda belakang. Tujuan Honda saat itu untuk menyaingi dominasi Ferrari sebagai brand sports car bermesin V8. Reliabilitas dan harga yang lebih murah menjadi faktor penantang yang diusung Honda kala itu. Evolusi dan perkembangan dari konsep itu yang akhirnya menelurkan NSX (New Sports-car X).

Honda NSX 2019 GIIAS 2019 3
Pic Source : mobilinanews.com

 

Pada ajang Chicago Motor Show 1989, hasil evolusi NSX diperkenalkan sebelum dijual secara umum tahun berikutnya. Chief Designer Masahito Nakano dan Chief Engineer Executive Shigeru Uehara sebagai kepala tim rancang desain mobil Honda untuk proyek NSX memutuskan menggunakan engine V6 kapasitas 3.2L yang lebih besar pada keluaran facelift 2002 sebelum generasi pertama NSX ini diberhentikan produksinya pada tahun 2005.

Pada tahun 2012 pada ajang North America International Auto Show Honda memperkenalkan NSX generasi kedua yang diberi nama Acura NSX Concept dan mendapat apresiasi yang positif dari penggemar otomotif. Generasi kedua produksi 2016 inilah yang menjadi NSX 2019 setelah mengalami facelift dan upgrade performa.

Beberapa perubahan dan pengembangan tersebut bisa disimak di bawah ini.

Eksterior Honda NSX 2019

Sports Car Honda satu ini mendapatkan facelift berupa batang stabilizer yang lebih besar demi meningkatkan stiffness hingga 19% di sisi belakang dan 26% di sisi depan. Grill depan tampilan NSX 2019 mendapatkan re-touch color tones yang lebih lunak senada warna bodi mobil serta bumper yang lebih glossy looks. Perubahan ini membawa kesan NSX 2019 sedikit lebih ‘melunak’.

Honda NSX 2019 GIIAS 2019 2
Pic Source : teknologi.inilah.com

 

Garis-garis menonjol yang dihasilkan grill dengan warna silver pada produksi sebelumnya dipangkas menjadi sewarna bodi dengan demikian tampilan NSX menjadi lebih ‘sederhana’. Sementara itu, grill bagian bawah mendapat ubahan warna Hi-gloss serupa intake udara samping kanan kiri. Secara keseluruhan, sedikit perubahan pada eksterior NSX 2019 ini tidak lantas mengubah penampilan menjadi lebih padu atau dramatisnya, malah menjadikan NSX 2019 lebih ‘easy look’. Apalagi tampilan lampu depan tipis, desain grill, lubang masukan udara sisi yang juga tetap serupa dengan generasi sebelumnya.

Ground clearance Honda NSX 2019 masih sama di angka 110 mm dengan pilihan ban Continental SportContact 6 khusus teruntuk produksi NSX. Ukuran ban belakang 305/30ZR20 dan depan sedikit lebih kecil, 245/35ZR19. Artinya, desain sporty slim masih tetap dipertahankan Honda untuk NSX 2019.

Interior Honda NSX 2019

Warna Indigo Blue baru untuk pelapis kulit semi-aniline dengan kombinasi bahan kulit Black Milan dan Alcantara adalah salah satu perubahan yang terlihat mencolok untuk kabin dalam produksi NSX 2019 dibandingkan generasi sebelumnya. Lucunya, tim desainer Honda tetap mempertahankan tampilan minimalis elegan untuk dasbor mereka, yang jauh lebih simpel dibandingkan sports car lain.

Sedikitnya tombol kontrol disubstitusi dengan peningkatan kesan futuristik untuk kontrol bagian tengah. Peningkatan juga diberikan ke celah keluaran AC yang diletakan di atas konsol infotainment mobil, lebih baik dari versi sebelumnya.

Penyesuaian dengan menambah fitur tombol cruise dan logo Acura di tengah stir menjadi peningkatan lainnya dari facelift NSX 2019, meski tetap mempertahankan stir berpalang tiga meski juga lebih ‘lunak’.

Selain itu tidak ada perubahan berarti untuk sisi kemudi.

Honda NSX 2019 GIIAS 2019 4
Pic Source : oto.com

 

Standar NSX untuk kursi untuk semua model adalah tipe sporty ringan dengan penyesuaian manual ke 4 arah untuk setiap kursinya. Berbahan kulit Black Milani dan Alcantra, warna jok yang tersedia secara standar adalah warna Ebony. Untuk tampil lebih exclusive atau sekedar ingin memiliki kesan kabin yang lebih cerah, Honda memasukkan opsi tambahan warna jok merah yang bisa dipesan.

Fitur teknologi dari mobil hybrid Honda NSX dibuat semodern mungkin. Penerapan sistem navigasi Satellite Linked Navigation misalnya. Atau sensor depan dan belakang dengan sensitivitas tinggi dan terintegrasi. Untuk sistem audio, NSX 2019 menyematkan ELS Studio Premium Audio System. Untuk pedal, bahan alumunium dengan desain sporty tetap menjadi pilihan terbaik dan sudah dijadikan fitur tetap untuk keluaran Honda NSX.

Tidak sampai di situ, teknologi terbaru untuk powertrain hibrida, sistem kelistrikan power steering dan Vehicle Stability Assist sistem juga menjadi fitur peningkatan demi mendapatkan keseimbangan dan respon kemudi lebih tinggi, terutama dalam pengaturan Sport, Sport+ dan mode Track. Versi facelift NSX produksi 2016 dalam sisi teknologi memang menjadi peningkatan paling signifikan dibandingkan versi 2015.

Ruang Mesin NSX 2019

Honda NSX 2019 GIIAS 2019 5
Pic Source : honda-indonesia.com

 

NSX 2019 mempercayakan Twin Turbo V6 yang diharapkan mendukung tenaga engine 3.5L dengan 3 motor listrik penghasil daya. Dikembangkan khusus untuk mengadopsi kekuatan mesin 3.5L, Twin Turbo V6 menggabungkan injeksi langsung guna menghasilkan keluaran 500 HorsePower dan torsi max 550 Nm. Dengan bantuan 3 motor listrik, dalam pengendaraan 4-wheels drive, kecepatan dan performa mesin bisa ditingkatkan hingga 573 HorsePower dan torsi 645 Nm.

Tidak heran kalau NSX 2019 memiliki catatan percepatan 0-100 km/jam dalam waktu kurang dari tiga detik. Sementara kecepatan tertinggi mencapai angka 307 km/jam. yang sayangnya, tidak terlalu istimewa dalam deretan catatan kecepatan maksimal sportscar sekelas lainnya.

Harga NSX 2019

Harga Honda NSX 2019 di Amerika telah naik menjadi USD 157.500 yang jika dikurskan ke rupiah senilai Rp 2,2 miliar. Penyesuaian harga terjadi untuk pilihan warna Casino White dan Thermal Orange. Sedikit lebih mahal lagi untuk pilihan warna Nouvelle Blue Pearl dan Valencia Red Pearl. Untuk harga di Indonesia sendiri tentu saja harus memperhitungkan tambahan berbagai pajak.

Honda NSX 2019 GIIAS 2019 6
Pic Source : merahputih.com

 

Berminat meminang mobil sport yang satu ini?

Leave a Comment