Wednesday Oct 20, 2021 05:16

Haruskah Pria Selalu Mengikuti Tren Fashion Kekinian?

Haruskah Pria Selalu Mengikuti Tren Fashion Kekinian?

MATA LELAKI - Ketika tahun berganti, gaya fashion atau tren fashion sudah pasti akan semakin baru dan beragam. Contohnya saja, tahun ini yang sedang menjadi tren adalah turtle neck, maka untuk tahun depan belum tentu gaya yang sama akan menjadi tren. Mungkin anda bertanya-tanya, darimanakah datangnya tren fashion terbaru ini? Apa mungkin karena banyak orang yang memakai fashion tersebut, sehingga sebuah item fashion menjadi tren baru? Selain itu, wajibkah seorang pria harus mengikuti tren tersebut?

Seperti rantai makanan

Haruskah Pria Selalu Mengikuti Tren Fashion Kekinian?
Sumber: Pinterest

 

Dilansir dari Fashionbeans, pada dasarnya memang tren fashion itu hanya bertahan antara dua sampai lima tahun. Setelah di atas tahun tersebut, biasanya sebuah tren fashion akan hilang dengan sendirinya dan sudah tidak dianggap kekinian. Jadi, kalaupun anda menyangkal terpengaruh dengan perubahan tren fashion yang ada, hanya dalam beberapa titik, anda sudah pasti akan mengubah dan berganti tren anda dalam berpakaian.

Tren fashion sendiri, hampir mirip dengan yang namanya rantai makanan. Rantai makanan akan memakan rantai makanan paling bawah, yaitu para pecinta fashion. Mereka akan menggunakan fashion baru sampai menjadi hal yang wajar. Mungkin bagi sebagian kelompok tidak akan terpengaruh dengan gaya yang sedang tren. Kelompok seperti ini menempati rantai makanan tingkat paling atas. Tapi, bukan tidak mungkin bila suatu saat kelompok tersebut akan mengikuti arus.

Selain itu, untuk memunculkan tren fashion dan gaya baru biasanya muncul dari para desainer. Memang harus ada perpaduan antara gaya baru dengan gaya familier. Karena, jika sebuah tren terlalu baru, maka akan langsung membosankan, sebaliknya bila terlalu familier, maka tidak akan ada perubahan sama sekali. Dari mulai tahap ini, para desainer akan memprediksi apa yang menjadi ketertarikan orang di masa mendatang, kemudian para desainer ini akan membuat model yang pasti laris di pasaran.

Perbedaan mencolok

Haruskah Pria Selalu Mengikuti Tren Fashion Kekinian?
Sumber: Fashionista

 

Pada dasarnya, tentu ada perbedaan mendasar antara persebaran tren fashion pria dengan wanita. Untuk tren fashion pada wanita biasanya memiliki siklus tren yang jauh lebih cepat, mulai dari satu musim (tiga bulan) hingga satu semester, cenderung ke tren yang sudah pernah ada.

Sedangkan tren fashion pada pria berjalan jauh lebih lambat. Sederhananya, tren akan lebih bertahap dan relatif tidak banyak perubahan. Ini karena sebagian pria, jauh lebih kompulsif dalam memilih gaya berpakaian maupun memadukan berbagai jenis item fashion. Jadi pentingnya mengikuti tren fashion atau tidak, kembali pada kenyamanan masing-masing. Karena item fashion sekarang yang menjadi tren, belum tentu nyaman dikenakan di tubuh anda. 

You may also like

Leave a comment