GoPro Hero 8 Black, Rajanya Action Cam

GoPro Hero 8 Black, Rajanya Action Cam Sumber: gopro.com

MATA LELAKI - GoPro Hero 7 Black adalah titik balik GoPro kembali menjadi rajanya “action cam”, sebuah pencapaian yang tentunya mereka ingin raih kembali. Dengan hanya sedikit perubahan yang tidak terlalu mencolok pada model barunya, GoPro telah menghindari membuat perubahan drastis untuk produk anyar mereka GoPro Hero 8 Black. Mereka hanya melakukan penambahan di desain fisiknya melalui tambahan beberapa aksesori eksternal baru yang disebut 'Mods' .

Namun itu tidak berarti Hero 8 Black seharga 6 jutaan Rupiah ini tidak membuat beberapa peningkatan. Kamera ini sebenarnya memiliki daftar panjang peningkatan pada hardware dan software yang menambah kemampuan yang jauh lebih baik secara keseluruhan.

Sebagai catatan, GoPro Hero 8 Black memiliki bentuk yang lebih ramping, dan menggandakan level kemampuan tahan guncangan, dudukan terpasang yang dapat dilipat, mikrofon tahan angin baru, dan beberapa fitur perangkat lunak baru yang hebat untuk membuat video Anda terlihat lebih baik saat beraksi.

GoPro Hero 8 black

 

Aksesori 'Mods' baru yang tersedia, yang hanya kompatibel dengan Hero 8 Black, juga akan menghadirkan kemungkinan pengaturan yang lebih profesional, memungkinkan Anda untuk meningkatkan pencahayaan, suara, dan visibilitas.

Sebagai jantungnya, Hero 8 Black menggunakan chip GP1 dan sensor 12MP yang sama dengan Hero 7 Black, tetapi GoPro telah melakukan desain ulang perangkat lunak untuk kamera ini, untuk meningkatkan kinerja baterai dan meningkatkan kemampuan beberapa fitur dari prosesor. Optimalisasi ini telah meningkatkan proses untuk kapabilitas stabilisasi baru seperti meningkatkan fungsi HyperSmooth dan TimeWarp GoPro untuk video yang lebih halus dan time-lapse media.

Karena fungsi utama produk ini adalah sebagai action cam sehingga secara konsep kamera ini memang tidak memberikan Anda banyak ruang untuk mengatur lebih dalam komposisi pemotretan, sehingga ketersedian lensa sudut lebar dan stabilisasi pada kamera sangat penting. Inilah sebabnya mengapa GoPro kini berfokus pada peningkatan fungsi stabilisasi video HyperSmooth lebih baik di sini. HyperSmooth 2.0 sekarang tersedia di semua resolusi dan frame rate dan meningkatkan apa yang GoPro klaim sebagai stabilisasi video 'on-camera' terbaik yang tersedia.

HyperSmooth 2.0 menawarkan tiga mode stabilisasi yaitu On, High dan Boost. Mode Ob dan High akan akan memotong 10% dari sudut lensa Lebarnya untuk menjaga komposisi lengkungan gambar, sementara mode Boost bahkan berfungsi untuk menghilangkan bagian sudut dari kamera saat Anda melakukan sesuatu yang ekstrim. HyperSmooth 2.0 menghadirkan fitur stabilisasi untuk memperlambat bidikan footage pada 120fps dan 240fps, tetapi mode Boost terbatas pada framerate 60fps dan di bawahnya.

Meskipun memberikan hasill yang luar biasa pada setiap bidikan, algoritma HyperSmooth 2.0 masih memberikan kekhawatiran dalam beberapa bidikan yang seharusnya dapat berjalan lancar. Stabilisasi hanya benar-benar diperlukan untuk sebuah momen cepat yang bergerak, jadi selama Anda ingat untuk mematikannya saat pengambilan di dalam ruangan atau mengambil gambar yang lebih sinematik, Anda seharusnya tidak memiliki masalah.

Fitur fotografi interval GoPro, TimeWarp, juga telah dilengkapi dengan perangkat lunak stabilisasi baru untuk membuatnya terlihat lebih baik dalam time-lapse media di saat kamera bergerak. Ini adalah efek yang sangat baik jika Anda ingin memamerkan seluruh gambar dalam waktu singkat tanpa perlu banyak penyuntingan. Fitur yang diperbarui ini memiliki fungsi deteksi interval otomatis baru yang menggunakan akselerometer built-in untuk menambahkan lebih banyak bingkai ketika ada banyak hal yang terjadi selama jeda.

GoPro Hero 8 black

 

Ada beberapa fungsi pengaturan fotografi yang berfungsi lebih banyak untuk mencegah Anda dari menggunakan smartphone Anda untuk mengambil foto. Yang pertama adalah mode LiveBurst yang menangkap serangkaian gambar selama 1,5 detik di kedua sisi titik di mana Anda menekan tombol rekam, memberi Anda 90 frame gambar yang anda dapat pilih mana yang terbaik, sebuah cara yang bagus untuk melakukan bidikan bergerak yang sulit. Kamera ini sekarang juga memungkinkan Anda untuk menyimpan gambar dalam RAW dan perangkat lunak Hero 8 Black menawarkan gambar HDR yang ditingkatkan untuk gambar dengan rentang kontras yang luas dan pemrosesan cahaya rendah yang lebih baik untuk foto gelap dan video timelapse saat malam.

Tangkap Preset

Hero telah lama menyediakan pengaturan resolusi, framerate, sudut lensa dan zoom yang mudah diakses pada produk mereka, tetapi Hero 8 Black memperkenalkan Capture Preset. Pengaturan yang dapat disesuaikan ini memungkinkan Anda untuk mengubah pengaturan gambar dan warna sesuai dengan favorit Anda, untuk berbagai kegiatan dan dengan mudah beralih sesuai kondisi, akan sangat menghemat banyak waktu saat di pakai di lapangan.

Namun, begitu Anda terbiasa dengan kamera, Anda menyadari hal-hal seperti bidikan framerate yang lebih tinggi akan tidak bagus untuk kondisi cahaya rendah, lensa sudut lebar dengan resolusi tinggi tidak dapat melakukan HyperSmooth Boost, dan beberapa bidikan bekerja lebih baik dengan pengaturan warna yang berbeda. Ada banyak hal yang perlu dipertimbangkan dan sementara ini semua dapat dikelola ketika melihatnya saat di olah di pascaproduksi, Sedikit berlebihan dan menyulitkan untuk mencoba memperbaikinya di lapangan. Di sinilah Capture Preset baru benar-benar berfungsi karena mereka memungkinkan Anda untuk menyesuaikan pengaturan kamera Anda untuk aktivitas atau tipe pemotretan tertentu, dan perubahan pengaturan dapat dilakukan dengan sangat mudah saat Anda membutuhkannya.

Selain opsi lensa digital SuperView, Wide dan Linear yang tersedia di Hero 7 Black juga ada perspektif lensa 'Sempit' baru untuk mengambil rekaman atau foto orang (atau foto close-up) pada Hero 8 Black. Bitrate maksimum untuk 2.7K dan 4K telah ditingkatkan dari 75Mbps menjadi 100Mbps untuk menjadikan hasil pemotretan resolusi tinggi tersebut menjadi lebih terlihat profesional, bagi siapa saja yang mau mengorbankan memori ekstra. Hasil Livestream sekarang dapat dikirim dalam resolusi Full HD 1080p langsung ke Facebook, Youtube atau platform streaming favorit Anda.

GoPro tetap mempertahankan standar spesifikasi yang sama sejak Hero 5 Black dengan kemampuan ketahanan air 33ft (10m). Namun ada beberapa peningkatan pada ketahanan guncangan, dan dengan penambahan penutup lensa Corning Gorilla Glass baru pada Hero 8 Black. Penambahan ini menawarkan dua kali lipat dampak resistensi dari model sebelumnya.

Kamera GoPro sebelumnya membutuhkan bingkai tambahan untuk memasang snappers ke, katakanlah, tripod. Namun, untuk GoPro yang baru ini, sekarang mereka memberikan sepasang engsel yang dapat dilipat (yang oleh mereka disebut “fingers”) di bagian bawah yang dapat digunakan untuk memasang kamera ke berbagai jenis perangkat tambahan standar GoPro dan saat tidak digunakan engsel ini akan rata terselip di bawah.

GoPro Hero 8 black

 

Mount built-in baru dengan penjepit magnetik ini adalah fitur praktis yang akan menghemat banyak waktu Anda dalam jangka panjang. Karena penambahan itu, pintu baterai telah dipindahkan dari bawah ke sudut kanan dan dilengkapi dengan mekanisme baru yang mengamankan unit dengan kait kompresi yang tangguh, dan juga membuat GoPro Hero 8 Black lebih berat 10g daripada Hero 7 Black, tetapi sistem pemasangan terintegrasi ini membuatnya lebih ringan dari pendahulunya jika Anda memasukkan berat rangka pemasangan. Ini juga beberapa milimeter lebih tipis dan lebih kecil dari Hero 7 Black. Adapun dimensinya adalah 66,3 x 48,6 x 28,4mm.

Ada mikrofon menghadap ke depan baru yang diposisikan lebih baik untuk menangkap audio di depan kamera. Fitur mikrofon baru ini mendukung fungsi penghilang suara angin sehingga Anda dapat menangkap lebih banyak suara yang sebenarnya Anda inginkan. Ada juga rangkaian perintah suara tambahan untuk GoPro, memungkinkan Anda untuk menghidupkan perangkat dengan suara yang dapat dilakukan penyesuaian suara perintah, jika Anda mau.

Baterai lithium-ion pada Hero 8 Black yang secara teknis memiliki kapasitas yang lebih tinggi daripada yang digunakan dalam Hero 7 Black, tetapi kamera barunya menggunakan daya yang sedikit lebih besar sehingga daya tahan baterai 1.220 mAh tetap sama. Baterai Hero 8 Black baru kompatibel ke perangkat lawas, tetapi Anda tidak akan bisa mendapatkan semua fitur yang berjalan di Hero 8 Black tanpa adanya baterai terbaru ini, yang tentunya sedikit mengecewakan bagi siapa pun yang berharap untuk menggunakan Baterai Hero 7 Black sebagai cadangan.

Baterai dapat bertahan sekitar 50 menit ketika terus-menerus memotret dalam 2,7 atau 4K pada frame rate tinggi, tetapi Anda dapat menggunakannya menjadi lebih seperti 2 jam untuk rekaman resolusi rendah atau video TimeWarp. Anda dapat membeli baterai tambahan jika Anda membutuhkan tambahan waktu perekaman, jika tidak, Anda harus menunggu sekitar 3 jam 10 menit untuk mengisi penuh Hero 8 Black.

Mod adalah rangkaian aksesori baru GoPro yang diluncurkan akhir 2019 kemarin, ditujukan untuk siapa pun yang ingin meningkatkan kemampuan audio dan video tingkat profesional dari Hero 8 Black. Aksesori nomor satunya adalah, Media Mod, sebuah bingkai yang menambahkan port mikrofon 3,5mm, mikrofon shotgun, HDMI-out, dan dua dudukan cold-shoe untuk memasang komponen lain, ke Hero 8 Black.

GoPro Hero 8 black

 

GoPro juga telah mengumumkan Display Mod, yang menambahkan tampilan rotatable yang lebih besar yang memiliki baterai sendiri dan dapat dilipat saat tidak digunakan. Light Mod juga tersedia, yang dapat dipasang di bagian atas Hero 8 Black untuk memproyeksikan 200 lumen cahaya ke apa pun dalam jarak 1 m. Seperti Mode Tampilan, Mod Cahaya memiliki baterai sendiri sehingga, sebagai alternatif, ia dapat dipasang ke salah satu dudukan GoPro yang ada, memungkinkan Anda menerangi bidikan Anda dari posisi independen.

GoPro tampaknya telah melakukan banyak hal untuk meningkatkan kualitas gambar. Mereka secara khusus melakukan peningkatan kualitas HDR dan mode malam untuk Hero 8 Black. Namun, bahkan dengan kemajuan ini, kualitas foto masih jauh dari apa yang Anda dapatkan dari salah satu smartphone andalan terbaru. 

Hal yang sama dapat dikatakan tentang kualitas video jika Anda mencoba untuk menangkap bidikan di dalam ruangan atau dalam cahaya rendah pada resolusi tinggi. Namun, jika Anda gunakan di luar ruang, maka itu adalah cerita yang berbeda. Stabilisasi Hero 8 membuat tampilan terlihat cukup stabil untuk dipotret. Ini memberi Anda kesempatan untuk merekam video yang tampak profesional tanpa membawa banyak peralatan dan tanpa banyak usaha.

Juga jika Anda ingin memotret dalam resolusi yang lebih rendah, pemotretan di luar ruangan malam hari terlihat jauh lebih baik dan Anda mendapatkan manfaat penuh dari HyperSmooth 2.0.

Ini juga hebat dalam menangkap cuplikan gerak lambat dalam sudut lebar yang berarti Anda tidak akan melewatkan aksi apapun yang terjadi di pinggiran bingkai Anda.

Area lain yang benar-benar bersinar di Hero 8 Plus adalah dalam mode TimeWarp. Stabilisasi yang ditingkatkan bercampur sempurna dengan accelerometer untuk membuat video yang menonjol dari gambar yang seharusnya terlalu jauh untuk ditampilkan secara keseluruhan. TimeWarp 2.0 berkembang pada opsi fotografi selang waktu yang sangat bagus yang benar-benar memberi Hero 8 Black keunggulan.

Jika Anda belum memiliki Capture Preset yang tepat, GoPro telah membuatnya mudah untuk mengubah pengaturan langsung pada kamera. Layar sentuh memungkinkan Anda untuk menggeser ke kiri dan kanan untuk bertukar antara foto, video dan mode pemotretan selang waktu. Atau, menggesek ke atas atau ke bawah akan memunculkan media yang disimpan atau menu pengaturan.

Di bagian sudut layar tampil ikon kode warna yang menunjukkan persentase baterai, ruang penyimpanan (dalam waktu), mode pemotretan, serta hal-hal seperti fungsi gerak lambat, HyperSmooth Boost, sudut kamera digital, zoom dan tab menu pengaturan pemotretan penuh. Tampilan Antarmuka ini cukup sederhana bagi Anda untuk mengubah apa pun yang Anda inginkan dalam kondisi yang sulit dilihat, tanpa kehilangan kendali.

GoPro telah menggabungkan aplikasi pengeditan Quik dan kendali jarak jauh dalam satu aplikasi GoPro terpadu baru untuk Android dan iOS. Tata letak baru dipecah menjadi bagian kontrol kamera, perpustakaan media dengan pengeditan klip, pembuat film cepat dan halaman pengaturan. Bagian kontrol adalah tempat Anda harus berada ketika mengambil video dan gambar baru atau menyiapkan streaming langsung. Itu menggunakan banyak fitur yang sama yang akan Anda lihat pada versi aplikasi yang lebih lama. Pada dasarnya, apa pun yang dapat Anda lakukan langsung pada kamera juga tersedia disini, dengan perpustakaan di kamera tempat Anda dapat mengunduh media jika Anda tidak mengaktifkan auto-offload.

Pustaka media dan editor klip smartphone adalah bagian yang sangat berguna, memungkinkan Anda untuk melakukan berbagai pengeditan sederhana langsung di ponsel Anda. Bagi siapa saja yang hanya ingin melakukan koreksi sederhana, Anda dapat dengan mudah memotong, membingkai, menerapkan filter, menyesuaikan kecepatan pemutaran, mengambil gambar diam dari video dan bahkan menayangkan informasi ketinggian, kecepatan atau peta HUD yang diambil oleh Hero 8 di samping rekaman.

GoPro Hero 8 black

 

Salah satu tajuk utama fitur baru adalah editor Horizon Leveling baru yang akan memungkinkan Anda untuk menyesuaikan sudut video di aplikasi untuk memperbaiki semua visual dari kamera yang tidak dipasang sesuai dengan horizon. Fitur ini sangat bagus untuk membuat rekaman dari GoPro yang dipasang pada drone, sepeda atau kendaraan yang akan terlihat sangat rata. Editor klip yang kuat ini akan lebih dari cukup untuk sebagian besar pengguna, memungkinkan Anda untuk dapat menghindari pengeditan di  komputer sebelum menerbitkan atau menyimpan klip.

Anda dapat melakukan sedikit tambahan, mengedit atau Anda ingin memotong video dari aplikasi GoPro yang sangat mirip dengan perangkat lunak pengeditan Quik. Bagian pengeditan Quik memiliki 10 tema yang dapat dipilih untuk dipilih dan akan menambahkan judul pembuka, animasi penutup, dan trek suara yang sesuai, tetapi Anda juga dapat memotongnya ke ukuran yang tepat dan memformatnya menjadi 16: 9, 1: 1 , 4: 3 atau 9:16 rasio aspek agar siap untuk diterbitkan. Mungkin tidak memiliki kedalaman yang diperlukan untuk mengedit film sepenuhnya, tetapi ini adalah aplikasi smartphone yang luar biasa cepat, mudah dan kuat yang akan membantu banyak orang. Anda bahkan dapat menambahkan klip non-GoPro, animasi logo dan musik Anda sendiri ke video, yang memberi Anda semua alat yang Anda butuhkan untuk membuat konten video online dalam waktu singkat, langsung dari smartphone Anda.

Dibutuhkan sekitar 23 detik untuk mentransfer file 230MB melalui Wi-Fi ke ponsel Anda, yang bagus untuk klip pendek, tetapi dua kali lebih cepat ketika mentransfer melalui kabel USB 3.1 ke SSD PC, jadi kami akan merekomendasikan metode koneksi USB untuk menyalin file besar.

Jika Anda lebih suka memiliki semua rekaman saat bepergian maka Anda dapat mendaftar untuk layanan berlangganan GoPro Plus, yang memberi Anda penyimpanan cloud tanpa batas untuk video dan gambar Anda. 

Kesimpulannya adalah bahwa Hero 8 Black secara minor mengalami peningkatan dari tipe sebelumnya, secara umum dilakukan agar memastikan itu tetap menjadi sebuah pilihan action cam utama. Bagi banyak orang, Hero 7 Black yang lebih murah akan menawarkan kualitas dan kinerja video yang cukup, tetapi pembaruan andalan untuk stabilisasi, kualitas suara, dan desain keseluruhan ini meningkatkan kegunaannya secara keseluruhan.

Dalam banyak hal, Hero 8 Black adalah GoPro yang paling sempurna sejauh ini. Peningkatan bitrate, output gambar RAW dan streaming langsung Full HD pasti akan dihargai oleh mereka yang mencari peruntungan dari video YouTube ekstrem atau menggunakan GoPro untuk cuplikan B-roll. Opsi penyimpanan cloud tanpa batas dengan GoPro Plus hanya mempermanis.

GoPro telah berusaha untuk mempersempit kesenjangan kualitas gambar terhadap smartphone untuk sinematografi non-aksi, tetapi masih jauh dari apa yang akan Anda dapatkan dari handset flagship terbaru itu bahkan masih di belakang beberapa kamera smartphone jadul.

Aksesoris 'Mods' yang ada sepertinya akan menjadi tambahan yang masuk akal bagi siapa pun yang ingin mendapatkan Hero 8 Black lebih memiliki kualitas tinggi. Tetapi harusnya GoPro perlu berbuat lebih banyak untuk kemampuan pengambilan gambar cahaya rendah, HDR dan kualitas gambar dalam ruangan agar lebih dekat dengan standar saat ini, menyamai kamera smartphone multi-lensa, jika itu benar-benar ingin menjadi pesaing dalam dunia videografi.

Sumber foto : gopro.com

Leave a Comment