Giant Swan: Inilah Cara Saya Bermain Techno Punk Secara Live

Giant Swan: Inilah Cara Saya Bermain Techno Punk Secara Live Giant Swan

MATA LELAKI - Untuk menandai perilisan album debut dari Giant Swan, sebuah grup duo punk yang memainkan genre Punk Techno, artikel ini dibuat.Artikel ini ditujukan bagi anda DJ solois atau Group Music EDM, yang sedang merintis karier dari mulai bagaimana tampil saat live, sampai ke hal-hal pengaturan teknis seperti sequencer dan FX yang tidak begitu konvensional.

#
Sumber: DJ Mags

 

Semua orang pasti setuju, apalagi penikmat genre Punk Techno, kalau Giant Swan merupakan grup duo terbaik, enerjik dan dinamis saat tampil live di panggung. Energi "liar" mereka, langsung tertular kepada para penonton dan pengunjung, yang dalam sekejap langsung menggerakkan badannya ke kiri dan ke kanan. Uniknya, penampilan mereka selalu lengkap dengan meja pedal, sequencer, mesin drum dan juga FX. Kolaborasi antara vokal alami dan teknologi, membuat harmonisasi lagu yang benar-benar bisa dinikmati.

Uniknya, tidak ada ritual khusus dari Giant Swan, dalam bermain live yang benar-benar energik. Mereka hanya mengalir saja, biasanya mereka akan mulai dengan bermain gitar secara perlahan-lahan, sebelum masuk ke dalam "menu" utama. Pentingnya "tiktok" dalam harmonisasi nada dan beat, memang sangat diutamakan oleh Giant Swan. Apalagi, lagu mereka banyak digunakan sebagai basic dance, dimana para bboy, popping banyak menggunakan lagu Giant Swan untuk dance dan menari.

#
Sumber: Dj mags

 

Lalu yang menjadi pertanyaan, bagaimana cara menyatukan itu semua? Tantangan utama sebagian besar justru didasarkan pada sinkronisasi antara satu sama lain. Misalnya ketika mereka beralih ke metode bermain mesin yang lebih berbasis mesin, mereka akan memainkan satu pedal dengan metronom bawaan yang mudah. Pendekatan antara teknik suara dan juga teknik bermain alat musik, sangat penting untuk menyatukan irama. 

Harry sendiri yang merupakan Vocal dari Giant Swan mengatakan, dirinya menggunakan Volca Beats di klon 808. Ditambah dengan sub mixer yang juga menjalankan sampler/looper yang dilakukan secara terpisah. Cara ini sendiri bisa anda gunakan, bagi anda yang mempunyai platform disc jockey dengan suara sintesis dan vokal oktaf. Ke depannya, Giant Swan tidak hanya ingin menjadi grup duo yang menghasilkan album dan lagu lagu bergenre techno punk saja, tapi dari lagu mereka, orang-orang yang mendengarkan karya mereka bisa berkurang rasa frustasinya.

Leave a Comment