Genre EDM yang Mendobrak Musik di Indonesia

Genre EDM yang Mendobrak Musik di Indonesia Sumber: youtube.com

MATA LELAKI - Film AADC alias Ada Apa dengan Cinta menjadi sebuah dentuman, bagaimana musik EDM di Indonesia dalam perkembangannya. Tentu anda masih ingat, adegan di AADC 2 dimana Cinta dan teman-temannya, sedang asyik "dugem" di salah satu klub malam di Yogyakarta. Uniknya, lagu tersebut adalah lagu dengan bahasa Jawa yang dikemas apik, sehingga bisa menggerakkan tubuh ke kiri dan ke kanan. Lagu "Ora Minggir Tabrak" sebenarnya adalah lagu dolanan anak-anak. Tapi dengan kreatifitas, lagu ini digarap ulang kembali oleh Libertaria dan Kill the DJ dalam balutan musik hip-hop dan Electronic Dance Music (EDM). Lagu ini sendiri sukses menjadi salah satu lagu latar film AADC 2. 

Hal ini, bisa diartikan bahwa sekarang sudah banyak orang yang datang ke Yogyakarta tidak hanya lagi hanya melihat keraton atau candi, atau keadiluhungan. Tapi untuk bersenang-senang di kota Yogyakarta ini, mereka justru ingin mencari sisi lain dari kota Yogyakarta. Pada dua dekade yang lalu, masyarakat Indonesia masih melihat musik EDM atau elektronik sebagai suatu musik yang tabu karena citra negatif, seperti alkohol dan narkoba, dunia malam dan berkaitan dengan hedonisme. Pokoknya tidak cocok dengan budaya timur dan budaya di Indonesia.

#
Sumber: Loop

 

Lewat film AADC 2 tampaknya, stigma tersebut berusaha dipatahkan. Kita bisa melihat musik EDM modern berkembang, dalam kesederhanaan dan keistimewaan kota Yogyakarta. Tanda-tanda makin populernya musik EDM, juga hadir di institusi kesenian, dimana perhelatan pekan komponis Indonesia 2016, mengusung tema musik Eksperimental Elektronik. Konser ini sendiri, berlanjut selama 3 hari dan sukses membuat gebrakan baru dengan banyak penikmat musik dari berbagai genre yang datang.

Selain itu, juga sudah banyak musisi Indonesia yang kekinian menggunakan genre musik EDM sebagai latar atau pendamping lagu buatan mereka. Hal ini semakin, menguatkan citra genre EDM sudah banyak berubah soal persepsi di mata masyarakat Indonesia. Musik memang adalah sebuah jiwa yang bisa menyatukan satu sama lain. Tanpa ras, agama, suku, semua bisa disatukan oleh musik. EDM berhasil menyatukan para anak Milenial dari berbagai latar, untuk menyukai genre ini.

Jadi, mana musik EDM yang menjadi favorit anda?

Leave a Comment