Flat Cap yang Jadi Aksesoris Populer Pria

Flat Cap yang Jadi Aksesoris Populer Pria Sumber: pxhere.com

MATA LELAKI - Flat cap merupakan topi bulat, dengan pinggiran kecil kaku yang ada di bagian depan. Topi ini, terbuat dari bahan wol, katun, tweed, kulit, linen dan masih banyak lagi. Item fashion ini, bisa dibilang cukup sederhana dan sering dipakai kaum pria dalam berbagai kesempatan. Yang menjadi pertanyaan, kapan flat cap ditetapkan menjadi aksesoris fashion pria? 

Dilansir dari Fashionablehats, ternyata topi ini pertama kali muncul di Inggris sejak lebih dari 400 tahun yang lalu. Kala itu, dibuatnya flat cap untuk meningkatkan perdagangan wol. Bahkan pada tahun 1571, sudah disahkan undang-undang di Inggris yang mewajibkan pria untuk mengenakan topi berbahan wol. Khususnya, pada hari minggu dan hari-hari libur nasional. Undang-undang inipun, akhirnya dilakukan oleh semua rakyat Inggris pada zaman itu. 

Identik dengan kaum pekerja

#
Sumber: The Guardian

 

Flat cap terbuat dari wol, umumnya banyak dipakai oleh kaum pekerja. Sedangkan para bangsawan, akan mengenakan flat cap yang terbuat dari bahan sultra atau beludru. Itulah mengapa, topi ini kerap diidentikkan dengan seragam para pekerja. Bahkan setelah undang-undang tentang kewajiban mengenakan flat cap telah dihapus pada tahun 1601, kepopuleran dari topi ini, bahkan menginsiprasi sebuah drama terkenal di BBC era tahun 1890-an. 

Kemudian, orang-orang Inggris dan irlandia bermigrasi ke Amerika Serikat, untuk mempunyai kehidupan yang lebih baik dan membawa topi flat cap. Topi ini akhirnya, mempunyai banyak nama seperti driving cap, topi paddy, atau newsboy karena sering dipakai dan digunakan oleh para pengirim surat kabar. Pada tahun 1920, mulai banyak orang Amerika yang memakai topi ini dengan bahan wol berkelas dan dipadukan dengan celana panjang. Sampai zaman modern sekarang, topi ini selalu dipakai oleh orang biasa, sampai aktor dan atlet terkenal seperti David Beckham.

Bahkan salah satu brand fashion miliknya, memproduksi flat cap dengan sentuhan modern dan klasik, yang akan membuat pemakainya tampak sangat stylish dan keren. 

Leave a Comment