Fakta Menarik Aliran Musik Trance EDM

Fakta Menarik Aliran Musik Trance EDM Sumber: Folkhouse Music

MATA LELAKI - Salah satu jenis aliran musik yang saat ini dikenal banyak di dunia musik EDM adalah aliran Trance. Aliran ini berkembang dengan pesat setelah mengalami perjalanan panjang dari awal mula kemunculannya. Untuk menambah pengetahuan anda mengenai musik Trance ini, berikut kami sampaikan fakta-fakta unik mengenai keberadaan dari musik Trance yang terkenal ini.

Seperti diketahui, musik-musik EDM adalah musik yang menggunakan alat elektronik dalam meramu dan juga memproduksi musiknya. Untuk musik Trance ini adalah salsah satu genre musik EDM yang menggunakan banyak sekali alat-alat dalam meramunya. Tidak hanya dalam pembuatan lagu saja, namun juga ketika sang DJ memainkan musik-musik EDM ini yang menggunakan banyak alat.

Aliran Musik EDM dengan Instrumen Terbanyak

#
Foto: Wallpaper Set

 

Instrumen atau alat-alat yang lumrah digunakan dalam pembuatan musik Trance ini adalah recorder, kemudian Keyboard, Mixer, dan juga Controller. Sudah pasti, sang DJ harus bisa menguasai semua alat-alat ini agar bisa menghasilkan permainan musik Trance yang sangat enak untuk didengar dan juga atraktif untuk dimainkan di atas panggung.

Hampir semua kunci utama dalam setiap aliran musik EDM adalah pada proses mixing lagu. Dalam hal ini, aliran musik Trance adalah aliran musik EDM yang memiliki beat dan juga tempo yang tinggi. Itulah mengapa, setiap DJ yang memainkan aliran musik ini pasti bisa menempatkan tempo tersebut dengan tepat dan juga benar.

Dalam pembuatan mixing lagu ini juga tentunya seorang DJ harus bisa memadukan lagu yang akan dicampur dengan alat-alat yang digunakan. Biasanya proses mixing lagu Trance ini sering dipadukan dengan aliran musik lainnya seperti misalnya rock, jazz, pop. Bahkan beberapa lagu menggunakan instrumen tradisional dalam proses mixing lagu Trance tersebut.

Musik Trance yang Baik Dihasilkan oleh Kolaborasi DJ dan Produser

#
Foto: Sound On Time

 

Untuk memproduksi musik Trance ini tidak saja bisa dilakukan oleh seorang DJ, namun juga produser musik atau bahkan semua orang juga bisa memproduksi musik Trance ini. Akan tetapi, pada faktanya, DJ yang memproduksi musik Trance ini juga bekerja sama dengan produser musik untuk menghasilkan aliran musik Trance yang enak untuk didengar.

Kolaborasi kedua orang tersebutlah yang bisa membuat musik Trance ini semakin enak untuk didengar. Apalagi jika kedua orang ini memiliki latar belakang musik yang berbeda, sehingga tidak salah jika musik Trance ini memiliki tempat di telinga para penikmat musik-musik EDM ini. Kualitas dari musik Trance ini bisa dilihat dari siapa yang memproduksi lagunya.

Karena bisa dipadukan dengan banyak aliran dan juga instrumen musik, maka banyak DJ-DJ ternama yang memproduksi musik Trance ini dengan berkolaborasi bersama dengan produser musik yang ada. Tidak saja ketika memproduksi lagi, namun ketika di atas panggung juga mereka berkolaborasi untuk menghasilkan musik Trance yang enak untuk didengar.

Memiliki Ajang Trance Khusus

#
Foto: MixMag Asia

 

Para DJ yang memproduksi musik-musik Trance ini biasanya berkeasi di nada dan juga beat musik yang ada. Proses penambahan gende lain dilakukan ketika proses mixing lagu tersebut. Dengan demikian kolaborasi kuat akan menghasilkan musik Trance yang bagus untuk didengar semua penikmat musik EDM.

Aliran Trance ini memiliki sebuah festival khusus yang diadakan secara tahunan. Adalah festival Tomorrowland, yang merupakan festival musik Trance tersbesar di dunia. Ajang musik Trance ini juga merupakan agenda tahunan yang wajib dihadiri oleh para pecinta musik EDM.

Ajang tersebut bisa dikatakan sebagai ajang unjuk gigi bagi para DJ yang memiliki aliran musik-musik EDM. Tercatat, hampir semua DJ ternama yang sudah tampil dalam ajang musik Trance tahunan tersebut.

Leave a Comment