DJ Renny Sunview, Female DJ Sekaligus Mentor DJ Pemula

DJ Renny Sunview, Female DJ Sekaligus Mentor DJ Pemula Sumber: Tribunnews

MATA LELAKI - Memiliki sebuah kemampuan dalam dunia hiburan pastinya merupakan anugerah yang tidak semua orang bisa miliki. Pasalnya, sangat sedikit dari mereka yang ingin mengasah kemampuannya agar bisa lebih baik lagi. Akan tetapi bagi salah satu Female DJ cantik ini, kemampuan yang dimilikinya tersebut ditularkan kepada mereka yang ingin belajar menjadi DJ.

Dari FDJ Menjadi Mentor

#
Foto: Tribun Banjarmasin

 

Dialah Renny Sunview yang sudah hampir lima tahun berkecimpung di dunia musik EDM dengan menjadi seorang female DJ. Dirinya melihat ada banyak DJ-DJ baru yang bermunculan dan dirinya tergerak untuk menularkan ilmunya tersebut untuk mencetak DJ-DJ baru. Diharapkan nantinya akan ada DJ berbakat yang diminati oleh para pecinta musik EDM.

Dirinya sudah banyak berpengalaman bermain di banyak kota besar Indonesia. Sebut saja seperti Jakarta, Bandung, kemudian Palembang, dan juga kota Banjarmasin. Khusus di Banjarmasin ini, dirinya banyak bermain di kelab malam sehingga namanya sudah dikenal banyak khususnya bagi warga Banjarmasin. Dari pengalaman itulah dirinya ingin menularkan kemampuannya tersebut kepada calon DJ.

Meskipun masih menjadi DJ dan menerima pekerjaan untuk manggung di berbagai acara, dirinya juga kini tercatat sebagai salah satu pengajar aktif di DJ House By Nrc. DJ House By Nrc sendiri merupakan salah satu sekolah DJ yang ada di Indonesia. Dirinya bekerja sama dengan DJ Jerry yang juga menjadi mentor di sana.

Wanita yang juga digadang-gadang mirip seperti Aura Kasih ini juga bercerita mengenai kegiatan mengajarnya. Menurut Renny, dirinya memegang beberapa paket dan juga materi yang bisa diambil oleh para DJ pemula yang ingin berguru kepadanya. Dia mengatakan ada paket reguler yang materinya hanya beberapa kali saja dan ada paket khusus yang mengajarka anak didiknya sampai benar-benar bisa.

Ketika disinggung mengenai biaya yang harus dikeluarkan, Renny menjawab bahwa yang menentukan harga paket adalah dari pihak sekolah DJ-nya. Akan tetapi, yang dia ketahui kisaran harga paket pembelajarannya adalah Rp. 1.000.000,- hingga yang paling mahal adalah paket yang harganya Rp. 5.000.000,-.

Tidak hanya aktif sebagai salah satu pengajar di sekolah DJ, Renny juga masih aktif tampil dalam berbagai ajang musik DJ. Akan tetapi, karena kesibukannya sebagai salah satu tenaga pengajar di sekolah DJ tersebut, Renny mengaku hanya menerima pekerjaan manggung di akhir pekan. Hal itu untuk menyiasati kegiatannya di sela-sela waktu mengajar.

Renny mengatakan bahwa dirinya hanya mengajar di hari biasa dan baru mengambil pekerjaan manggung ketika akhir pekan tiba. Jika sebelum menjadi pengajar, dirinya bekerja hampir setiap hari dengan menjadi residen di beberapa tempat. Kini, menjadi pengajar adalah salah satu kegiatan utamanya dan menjadikan penampilan di atas panggung sebagai pekerjaan sampingan.

Awal Perjalanan Karier DJ Renny

#
Foto: Tribun Banjarmasin

 

Sebelum memulai profesinya sebagai seorang DJ, Renny Sunview memiliki pekerjaan sebagai SPG salah satu produk rokok. Selama beberapa tahun dirinya menjadi SPG, kemudian banting setir menapaki dunia hiburan di tanah air sebagai seorang DJ. Renny Sunview sempat menjadi residen di Arjuna Pool Banjarmasin untuk beberapa waktu sebelum akhirnya mendapatkan tawaran di tempat lain.

Tidak hanya di Arjuna Pool saja, dirinya juga sempat beberapa kali pindah residen seperti misalnya di Royal Karaoke Arya Barito. Beberapa kali menjadi residen di tempat yang berbeda membuat diriya kemudian memutuskan untuk mencoba menjadi seorang mentor yang nantinya mencetak DJ-DJ baru yang memiliki talenta sangat baik.

Keinginan menjadi seorang DJ memang datang dari dalam dirinya. Awalnya Renny sama sekali tidak mengetahui apapun mengenai dunia DJ ini. Bahkan menyentuh alat turntable saja belum pernah. Namun setelah dirinya melihat bahwa memainkan alat turntable itu menyenangkan, maka sejak saat itulah dirinya memiliki keinginan untuk menjadi seorang Female DJ.

Renny kemudian memutuskan untuk belajar menapaki karier sebagai seorang DJ pada bulan April tahun 2016. Saat itu dirinya belajar di Arjuna Pool dan hanya dalam kurun waktu setahun dirinya suudah mendapatkan kepercayaan untuk tampil di berbagai macam acara yang ada di kota Banjarmasin.

Pengalaman Selama Menjadi DJ

#
Foto: Tribun Banjarmasin

 

Salah satu pengalaman yang tidak akan dilupakannya adalah ketika dirinya diminta untuk pindah menjadi residen di sebuah hotel berbintang. Renny langsung menyetujui tawaran tersebut karena dirinya ingin suasana dan juga tantangan baru dalam kariernya. Kesempatan untuk tampil bersama DJ ternama akan tebuka lebar jika dia bermain di tempat bergengsi seperti hotel berbintang.

Meskipun dikatakan masih baru menapaki jejak sebagai seorang DJ, Renny memiliki banyak pengalaman dan juga kisah menarik. Renny mengaku hanya setahun menjalani pendidikannya sebelum menjadi DJ, namun dia merasa bangga karena sudah menjalani banyak pengalaman seru ketika berlatih di studio dan juga saat melakukan job training di beberapa ajang.

Suka dan juga duka sudah banyak dialami oleh Renny selama perjalanan kariernya meskipun masih singkat. Dirinya bercerita bagaimana perasaannya ketika memiliki panggungnya untuk pertama kali setelah menjalani pendidikan tersebut. Rasa minder dan juga gugup pastinya menghinggapi wanita cantik tersebut. Dirinya juga pernah batal melakukan pertunjukan karena ada faktor cuaca.

Tidak hanya itu, menjadi seroang Female DJ juga harus siap menerima kritikan dan juga masukan dari orang lain. Dirinya sudah biasa menghadapi cibiran dan dari orang banyak yang mengatakan bahwa profesi sebagai DJ ini adalah profesi negatif. Hal ini terjadi karena mereka masih menganggap seorang DJ identik dengan kehidupan malam yang banyak negatifnya.

Akan tetapi, Renny tidak terlalu memusingkan masalah itu. Dia menganggap hal tersebut adalah wajar karena tidak semua orang paham dengan kehidupan dan juga seluk beluk DJ itu seperti apa. Renny hanya fokus mengejar kariernya sebagai salah satu Female DJ dan berusaha memberikan penampilan yang terbaiknya di atas panggung.

Leave a Comment