DJ Radlix, dari Death Metal ke Electro Dance Music

DJ Radlix, dari Death Metal ke Electro Dance Music Sumber: Facebook

MATA LELAKI - Berkarier dalam musik EDM di usia yang masih muda merupakan salah satu hal yang tidak semua orang bisa meraihnya. Pasalnya, diperlukan adanya keterampilan dan juga kemampuan khusus dalam mempelajari ilmu tersebut. Akan tetapi salah satu DJ ini membuktikan bahwa rdirinya bisa berkarir dalam usianya yang masih muda dan dia bernama DJ Radlix.

Memiliki nama panggilan Radlix Juliant, dirinya pernah masuk dalam jajaran 100 DJ terbaik Indonesia dan sudah sering tampil dalam berbagai ajang musik DJ yang ada di Indonesia. Sejak kecil dirinya memang sudah mengenal dunia musik sejak kecil. Bahkan ketika duduk di kelas 5 SD dirinya sudah sering mengamen.

Pengalaman bermusik yang sebenarnya baru dia rasakan ketika menginjak bankgu Sekolah Menengah Pertama. Radlix memutuskan untuk pindah ke Bojonegoro, setelah sebelumnya dirinya bersekolah di kota Semarang. Pria yang lahir pada tahun 1994 ini memutuskan untuk melanjutkan pendidikan Menengah Atasnya di sebuah SMK yang ada di Bojonegoro, dan dia tinggal bersama keluarganya.

Di Bojonegoro itulah dirinya mulai berkenalan dengan musik Underground di mana pada tahun 2009 dirinya bergabung dangan salah satu band yang berasal dari kota Semarang. Band tersebut memiliki genre Brutal Death Metal dengan nama band Disfigure Deputation. Selama bermusik itu dirinya harus bolak-balik dari kota Semarang ke wilayah Bojonegoro.

#

 

Lulus dari SMK, Radit kemudian memutuskan untuk menekuni karier bermusiknya bersama band miliknya tersbut. Bersama dengan rekannya, dirinya mengikuti tur ke semua wilayah Jawa pada tahun 2011 yang lalu. Tidak jarang juga mereka mengisi acara bersama dengan band underground lainnya. Bahkan mereka pernah 1 panggung bersama salah satu band ternama yang ada di Indonesia

Akan tetapi, band yang selama beberapa tahun ini diusungnya harus vakum karena kesibukan personilnya masing-masing. Hingga akhirnya masing-masing dari personilnya tersebut harus berpisah dengan mengundurkan diri. Hal ini yang membuat Radlix bingung karena dirinya ingin berkarya namun tidak memiliki rekan yang satu pemikiran dengan pendapat dirinya.

Di tengah kebingungan dan juga kebuntuan yang dialami oleh Radlix, dirinya kemudian memiliki ide untuk merambah ke dunia musik EDM. Menurut Radlix, miusik EDM bisa dilakukan sendiri dan juga tidak perlu banyak orang. Dirinya kemudian memutuskan untuk menjadi seorang DJ, yang sangat jauh dari aliran musik yang dia lakoni sebelumnya.

Saat itu tahun 2016, musik EDM sedang mencapai masa-masa popularitasnya di Indonesia. Dirinya terinspirasi oleh lagu berjudul Animal yang diciptakan oleh Martin Garrix. Lagu itu menjadi salah satu lagu yang populer dan juga menjadi top trending di tahun 2016 tersebut. Keputusannya itu berbuah manis terhadap karier Radlix sebagai DJ.

Nitanya menjadi seorang DJ sepertinya serius untuk dijalani oleh Radlix. Untuk bisa lebih menguasai aliran musik tersebut, dirinya kemudian mengikuti kursus agar bisa mendapatkan ilmu yang lebih baik. Dirinya kemudian menghubungi salah satu rekannya yang juga seroang DJ, dan selama kurun waktu 6 bulan dirinya belajar secara intensif dengan rekannya itu.

Dirinya mulai menunjukkan tajinya dalam dunia EDM 2017 dengan mengikuti beberapa ajang musk EDM seperti misalnya Hin Dance Music Festival, kemudian juga festival musik lainnya yang dia ikuti. Saat ini dirinya tidak saja menjadi seorang DJ namun juga menjadi seorang Manajer DJ dengan merintis sebuah agensi yang bernama Sunday Kick Entertainment. Salah satu cita-citanya adalah ingin menjadi orang yang berkecimpung dalam dunia musik EDM, namun tidak saja di depan panggung melainkan di belakang panggung juga.

Leave a Comment