Saturday Sep 25, 2021 04:01

DJ Profile Dipha Barus “DJ Syariah” Asal Indonesia

DJ Profile Dipha Barus “DJ Syariah” Asal Indonesia

Matalelaki.com - Indonesia dikenal juga sebagai negara di mana musik EDM sedang mencapai puncaknya. Hal itu bisa terbukti dengan semakin banyaknya DJ – DJ tanah air yang bermunculan. Tidak hanya memiliki reputasi lokal, beberapa dari DJ tersebut sudah mendunia. Sebut saja DJ Una atau DJ Yasmin yang karyanya sudah diakui di dunia. Tidak hanya srikandi DJ, namun ada juga arjuna DJ seperti DJ Wingky atau DJ Riri yang juga sudah mendunia. Salah satu DJ anak bangsa yang tidak kalah tenar adalah Dipha Barus. DJ yang memiliki julukan “DJ Syariah” ini memiliki kisah perjalanan yang unik untuk kami ulas dalam artikel ringan kali ini.

Antusias Dengan Dunia Musik Sejak SD

Lahir dengan nama lengkap Dipha Kresna Aditya Barus, pada tanggal 4 Januari 1986, Dipha Barus bahkan sudah mengenal dunia musik sejak dirinya duduk di bangku sekolah dasar. Perkenalan dirinya dengan dunia musik EDM ini bisa dikatakan unik. Pasalnya, Dipha saat itu harus mengantar ayahnya untuk berobat ke negara Singapura. Dipha yang memiliki kemampuan bermain alat musik bass. Di Singapura, Dipha bertemu dengan seseorang yang juga mengajaknya bermain ke sebuah kelab di Singapura. Sejak bermain ke kelab tersebut, Dipha mulai tertarik untuk menggeluti musik EDM, bahkan dia sampai membeli Aphex Twin dan juga perlengkapan musik elektronik lainnya.

DJ Profile Dipha Barus “DJ Syariah” Asal Indonesia
Foto: Makassar Today

 

Seni musik Dipha memang sudah mengalir dalam dirinya saat masih usia belia. Sejak duduk bangku SMP, dirinya semakin menggebu – gebu untuk memperluas wawasannya mengenai dunia musik. Dipha mulai belajar banyak mengenai dunia musik setelah sepupunya yang menjadi penggagas Irama Nusantara memberikannya banyak referensi mengenai dunia musik, di samping dia belajar secara otodidak.

Sempat Mendapat Penolakan Sang Ayah

Sepulang dari mengantar ayahnya berobat, kenginan Dipha untuk menggali ilmu mengenai musik EDM semakin besar. Tidak cukup hanya dengan belajar dari DJ – DJ senior, Dipha memutuskan untuk mengambil kuliah dengan jurusan musik agar ilmu dan wawasannya mengenai musik elektronik itu semakin mantap. Dipha mengutarakan keinginannya untuk mengambil kuliah jurusan musik kepada ayahnya, namun ayahnya lebih menyarankan agar dirinya menjadikan musik sebagai hobi saja, bukan sebagai studi ilmu yang diambil.

DJ Profile Dipha Barus “DJ Syariah” Asal Indonesia
Foto: Tribun News

 

Meskipun harapan untuk mengambil kuliah musik tersebut harus dikubur oleh Dipha, dirinya tetap dengan antusias mempelajari musik EDM tersebut. Dipha mengambil kuliah jurusan desain grafis di Malaysia, dan sempat beberapa saat menjadi seorang desainer grafis di Negeri Jiran itu. Namun, passion dirinya yang memang ingin menjadi DJ, membuatnya meninggalkan pekerjaan sebagai desain grafis di Malaysia dan kembali ke tanah air untuk menekuni  hobinya bermusik dan menjadi seorang DJ.

Pengalaman Buruk Menjadi DJ

Kiprahnya menjadi seorang DJ ternama memang membutuhkan proses. Meskipun dirinya memiliki passion di bidang musik tersebut, bukan berarti karirnya berjalan mulus dan langsung mencapai puncak dalam sekejap. Salah satu pengalaman yang tidak pernah dilupakan Dipha adalah ketika dirinya dilemprai botol air mineral ketika dia sedang melakukan pertunjukkan. Hal itu terjadi sekitar tahun 2008 silam ketika dirinya sedang mengadakan pertunjukkan di kota Bandung.

DJ Profile Dipha Barus “DJ Syariah” Asal Indonesia
Foto: Okezone

 

Selain dilempar dengan botol air mineral, para penonton saat itu juga meminta agar Dipha turun dari panggung karena para penonton merasa musik yang dia mainkan tidak cocok dengan keinginan penontonya. Hal itu sempat membuat Dipha drop, namun semangatnya untuk menjadi DJ tetap ada dan Dipha bangkit dari pengalaman buruk tersebut. Dirinya mengaku hanya butuh tidur untuk melupakan kejadian buruk tersebut dan keesokan harinya tetap manggung sambil menerima kritikan dari pendengar yang menyaksikan pertunjukkannya.

Pengalaman lain yang tidak akan dilupakannya yaitu ketika dia melakukan pertunjukkan dan tidak mendapat bayaran sama sekali. Peristiwa itu terjadi saat Dipha berada di sebuah Klub di Malaysia, di mana saat itu salah seorang temannya meminta dirinya untuk mencoba kemampuan turn table dan mengontrol penontonnya. Namun ternyata di kelab tersebut nama Dipha tidak ada dalam daftar penampil. Dipha akhirnya harus memutar otak agar bisa tampil, dan dia membuat flyer sederhana untuk disebarkan kepada WNI yang ada di Kuala Lumpur. Siapa sangka, usahanya itu berhasil menarik perhatian pengunjung kelab malam tersebut sehingga pemilik kelab malam keheranan dengan banyaknya pengunjung yang hadir.

Mendapatkan Julukan “DJ Syariah”

Dipha yang saat ini sudah berhasil menjadi seorang DJ ternama di tanah air, ternyata memiliki rahasia untuk menjaga tubuhnya agar tetap fit selama mengadakan pertunjukkan. Dirinya mengaku ingin menjadi vegetarian, yang hanya mengkonsumsi daging sekali selama seminggu. Selain itu, dirinya memiliki kebiasaan unik yakni hanya meminta pisang dan air putih saja kepada promotor yang mengundangnya untuk mengadakan pertunjukkan.

DJ Profile Dipha Barus “DJ Syariah” Asal Indonesia
Foto: Merah Putih

 

Dipha mengaku dengan mengkonsumsi daging sekali sealam seminggu, mampu mengontrol emosi dirinya. Dan alasan mengapa hanya meminta buah pisang saat mengadakan pertunjukkan adalah karena buah pisang bisa memacu hormon endorfin yang sangat baik, sehingga bagi yang mengkonsumsinya akan meningkatkan mood baik saat sedang manggung.

Tidak seperti kehidupan DJ lainnya yang terkenal dengan merokok dan minum – minuman, Dipha memiliki tekad untuk berhenti merokok dan hanya menjalani pola hidup sehat saja. Sikapnya ini dianggap sebagai sesuatu yang nyeleneh di mata para teman – teman seprofesi DJnya tersebut. Karena pola hidup sehat itulah julukan DJ Syariah disematkan kepada Dipha Barus. Namun meskipun demikian, rekan sesama DJnya tersebut memuji apa yang dilakukan oleh Dipha untuk menjalani pola hidup sehat.

Profil dan Karya Dipha Barus

Data Diri

Nama Dipha Kresna Aditya Barus
Akun Instagram @diphabarus
Lahir Jakarta, Indonesia, 4 Januari 1986
Tahun Aktif 2010–sekarang

Daftar Karya

Tahun

Karya

2015
  • Move Your Bomboclat

 

2016

 

  • No One Can Stop Us (w/ Kalilua)
  • Lemme Get That (w/ Rinni Wulandari & Teza  Sumendra)
2017
  • All Good(w/Nadin)
  • Decide (w/ A. Nayaka, Matter Mos & Ramengvrl)
2018
  • Money Honey (Count Me In) (w/ Monica Karina)
  • My Kind of Crazy (w/ Raisa)
  • Mine (w/Raisa)

Penghargaan

Tahun

Penghargaan

2016 Anugerah Musik Indonesia Karya Produksi Dance/Electronic Dance Music Terbaik "No One Can Stop Us"

 

 

 

  

You may also like

Leave a comment