Wednesday Oct 20, 2021 04:56

DJ Kevintyo, Keputusan Besar Menjadi DJ Profesional

DJ Kevintyo, Keputusan Besar Menjadi DJ Profesional

MATA LELAKI - Profesi DJ kini menjadi salah satu profesi di bidang seni yang sedang digandrungi oleh kaum milenial dan juga Gen Z. Hal ini juga terlihat dari banyaknya lagu-lagu bergenre EDM yang populer di tangga lagu sampai ke pemutar musik streaming seperti JOOX atau Spotify. Menjadi DJ, kini menjadi hobi sampai profesi keren yang begitu kekinian. Harapan para Millenial menjadi the next Alan Walker sampai Zedd pun mulai diimpikan mereka. Salah satu millenial, yang sudah dari remaja bermimpi menjadi DJ profesional adalah Kevin Tyo.

Kevin Tyo sendiri merupakan DJ berusia 24 tahun. Perkenalan dirinya dengan musik DJ, sudah dilakukan sejak dirinya masih SMP. Namun, saat menjadi DJ profesional dan memutuskan di industri DJ, Kevin akan mencari uangnya sendiri pada tahun 2012. Itu semua, dimulai dari proses kecintaanya kepada genre musik EDM ini. Mulai dari SMP, SMA, Kuliah sampai sekarang di usia 24 tahun. Kevin kini, sudah memutuskan menjadi DJ profesional.

DJ Kevintyo, Keputusan Besar Menjadi DJ Profesional
Sumber : Tupperware.co.id

 

Baginya menjadi seorang DJ merupakan jalan hidupnya. Dirinya mengaku, telah menjalani sebagai DJ secara serius pada tahun 2013. Dirinya mengaku belajar secara otodidak, dan juga meminta bimbingan dari sejumlah teman yang menekuni profesi DJ terlebih dahulu. Youtube dan Google, juga menjadi guru bagi dirinya mencari dan belajar panduan-panduan tentang Disc Jockey. Pria dengan nama lengkap Kevintyo Prima Bagas ini, menekuni dan terus belajar mengasah dirinya secara otodidak.

Apa yang ditekuninya saat ini juga berawal dari profesinya sebagai penyiar radio di Kota Bandung. Dalam suatu program siaran yang dibawakan oleh Kevin, Kevin menghadirkan dan mengundang DJ ke studio dan mewawancarai mereka. Perkenalan dengan para DJ ini membuatnya ingin masuk lebih dalam ke dunia para “peracik musik”. Bagai gayung bersambut, beberapa DJ yang pernah diwawancarai Kevin pun memberikan ruang bagi Kevin untuk berkembang. Selain memberikan panduan, mereka juga mengajak Kevin untuk langsung praktek belajar dari trial dan error. Kevin yang merupakan mantan penyiar di Zora Radio, Oz FM dan Paramuda ini bersyukur akan kebaikan teman-temannya itu.

Berikutnya, salah satu dari teman DJ-nya ini, memperbolehkan Kevin untuk tampil sebagai additional DJ. Ini tentu saja menjadi hal berharga bagi kepercayaan diri Kevin sebagai seorang DJ. Bagi Kevin, semua orang bisa menjadi seorang DJ asalkan menyukai musik dan mau belajar. Menurut Kevin sendiri, belajar menjadi seorang DJ jauh lebih mudah ketimbang belajar memainkan instrumen musik seperti gitar, bas, biola, ataupun drum.

DJ Kevintyo, Keputusan Besar Menjadi DJ Profesional
Sumber : Tupperware.co.id

 

Tapi yang menjadi tantangan adalah, DJ bertugas membangun suasana menjadi lebih hidup lewat racikan musiknya. Karena itulah, seorang DJ harus memahami ritme, ketukan dan bagaimana menyatukan berbagai potongan-potongan lagu secara smooth dan sampai menjadi alunan musik yang menghibur dan bisa menghidupkan suasana yang ada. 

Genre favorit kevin sendiri adalah EDM, gaya ini biasa dimainkan dengan 140 ketukan (beat) atau lebih tiap menit. Genre ini sendiri mengalami perkembangan pesat sejak 2013. Untuk saat ini sendiri, Kevin memiliki jadwal tampil tetap tiga kali seminggu di  Triple Nine – 999, Kemang, Jakarta. Ia menghibur pengunjung tiap Selasa, Jumat, dan Sabtu. Selain itu ia juga kerap tampil dalam berbagai event yang membutuhkan jasa DJ.

Kevin sendiri, mengaku mengikmati profesi menjadi seorang DJ. Selain bisa menyalurkan hobi bermusik, ia juga mendapatkan imbalan berupa uang dari hal yang ia sukai dan sesuai dengan passion dirinya.

You may also like

Leave a comment