DJ Erin Berbicara Mengenai Emansipasi Wanita

DJ Erin Berbicara Mengenai Emansipasi Wanita Sumber: Tribun Manado

MATA LELAKI - Dunia musik EDM adalah dunia musik yang sepertinya tidak akan habis untuk dibahas dari berbagai macam sisi karena terdapat banyak topik menarik yang bisa diulas. Sudah banyak artikel yang membahas kehidupan seorang DJ atau dari informasi mengenai dunia musik itu EDM sendiri. Kali ini kami akan mengajak anda berkenalan dengan salah satu DJ yang bernama DJ Erin.

Erin adalah salah satu DJ dari Sulawesi Utara dan dirinya dikenal sebagai salah satu DJ yang memiliki atraksi panggung yang sangat menarik. Hal tersebut yang membuatnya banyak disukai oleh para penggemar EDM khususnya yang berada di Sulawesi Utara. DJ cantik yang satu ini memang tumbuh dan berkembang di daerah asalnya yaitu Sulawesi Utara.

DJ Erin paham betul dengan keinginan dan juga antusiasme masyarakat di Sulawesi Utara khususnya kaum milenial. Para kaum milenial yang ada di Sulawesi Utara tersebut sangat menyukai musik EDM terutama lagu disco. Dan hal itulah yang membuat DJ Erin memutuskan untuk menjadi seorang DJ di Sulawesi Utara.

Menampilkan atraksi panggung yang menarik adalah pedomannya. DJ Erin juga salah satu DJ yang tidak lupa berinteraksi dengan para penggemarnya. Dia sadar bahwa saat ini dirinya bisa terkenal karena dukungan dari fansnya. Tidak jarang juga dirinya harus meminta tambahan waktu ketika tampil di atas panggung karena permintaan penontonnya.

Paras cantik dan juga kemampuan bermain DJ yang ditampilkan oleh Erin inilah yang membuat dirinya bisa menjadi populer saat ini. Rambut panjang dan juga kulitnya yang terang seolah menegaskan bahwa dirinya adalah salah satu wanita yang bisa menarik perhatian banyak orang. Namun tentu saja dirinya mengimbangi hal tersebut dengan kemampuan bermain DJ yang sangat baik.

Sebenarnya Erin hanyalah nama yang digunakannya di atas panggung. Lengkapnya adalah Sonia Mailangkay, dan anak-anak muda di Sulawesi Utara lebih mengenal dirinya dengan sebutan DJ Erin. Menurutnya penggunaan nama DJ Erin tersebut memberikan berkah tersendiri karena mudah diingat oleh para penonton. Selain itu juga dirinya memang harus memiliki nama panggung agar bisa lebih melebarkan sayapnya lagi di dunia musik EDM.

#
Foto: Tribun Manado

 

Ketertarikannya dalam musik EDM ini bukan serta-merta karena keterpaksaan atau keinginan dari orang lain. Akan tetapi dirinya memang memiliki hobi mendengarkan lagu dan juga menari. Kebetulan saat itu ada seorang kawannya yang menawarkan dirinya dengan menjadi seorang DJ.

Kesempatan tersebut tentunya tidak disia-siakan oleh dirinya sebab Erin memang memiliki passion dalam dunia musik tersebut. Kurang lebih dirinya belajar DJ ini 3 tahun lamanya dengan dibimbing oleh rekannya tersebut. DJ Erin juga tergolong salah satu DJ yang masih muda karena dirinya merupakan seorang wanita kelahiran tahun 1992.

Jika DJ lain saat ini banyak yang dikontrak oleh production house atau rumah produksi dan juga manajemen artis, DJ Erin justru saat ini bergabung dengan salah satu kesenian yang berasal dari Sulawesi Utara. Nama tim tersebut adalah Nyong Noni Sulut yang merupakan salah satu tim kesenian bawah Dinas Kebudayaan Sulawesi Utara.

Tidak hanya itu juga, DJ Erin ternyata pernah menjadi salah satu finalis dalam ajang Nyong Noni Sulut. Dirinya mengikuti ajang tersebut pada tahun 2009 akan tetapi tidak mendapatkan gelar juara umum. Dalam ajang tersebut dirinya harus puas dengan gelar harapan2 namun dirinya tetap merasa bangga.

Kami sempat bertanya mengenai kehidupan dari keluarga DJ Erin, dan dia bersedia menceritakannya sedikit. DJ Erin mengatakan bahwa dirinya adalah anak tunggal, ayahnya adalah salah seorang pengusaha di Sulawesi Utara. Sementara itu sang ibu bekerja di rumah sebagai ibu rumah tangga. Dirinya juga mengatakan berasal dari keluarga yang sederhana namun memiliki banyak sekali pengalaman berharga dari kehidupan keluarganya tersebut.

DJ Erin juga menambahkan meskipun dirinya adalah anak tunggal, dia sangat ingin hidup mandiri. Dia sebisa mungkin berusaha untuk tidak menyusahkan kedua orangtuanya. Dirinya ingin mendapatkan penghasilan sendiri dan ingin menunjukkan kepada banyak orang mengenai emansipasi wanita. Menurutnya saat ini wanita memang sudah harus disetarakan dengan para kaum pria.

DJ Erin mengatakan bahwa Emansipasi Wanita itu mutlak diperlukan oleh setiap wanita. Karena menurutnya wanita juga bisa bekerja sendiri dan mereka juga berhak untuk mendapatkan yang layak dari pekerjaannya tersebut. Meskipun demikian tentu saja ada batasan-batasan tertentu mengenai emansipasi wanita ini yang juga harus dipahami oleh wanita terutama bagi mereka yang bekerja di industri hiburan.

Dirinya juga sangat menolak keras anggapan mengenai kehidupan DJ yang sering diidentikkan dengan hal-hal yang negatif. Menurutnya seorang DJ juga berhak untuk mendapatkan perlakuan yang manusiawi meskipun apa yang dilakukannya itu tidak bisa lepas dari kehidupan malam. Dirinya juga tidak menyangkal jika bekerja di malam hari itu sangat rentan kepada hal-hal yang negatif.

Semuanya kembali lagi kepada individunya masing-masing. Apakah dia bisa menjaga dirinya dan layak untuk diperlakukan secara manusiawi oleh orang lain? Atau justru individu tersebut yang menjerumuskan dirinya sendiri ke dalam hal-hal yang negatif. Tidak semua orang-orang yang bekerja di malam hari itu selalu dicap negatif.

Meskipun dirinya saat ini disibukkan dengan berbagai kegiatan di dunia musik EDM, dirinya juga tidak melupakan pendidikan. DJ Erin sendiri tercatat sebagai salah satu perempuan yang memiliki gelar Sarjana Ekonomi Akuntansi. Dirinya merupakan alumni dari Universitas Klabat yang ada di Sulawesi Utara.

Ketika ditanya Bagaimana pendapat dirinya mengenai dunia hiburan yang ada di Sulawesi Utara ini? Erin menjawab Bahwa saat ini anak muda di Sulawesi Utara sudah memiliki kreativitas dan inovasi tersendiri. Mereka juga terlihat sangat mencintai seni budaya di Sulawesi Utara dan umumnya di Indonesia. Ke depan dirinya berharap bisa go international melalui profesinya sebagai DJ ini.

Leave a Comment