DAW, Senjata Andalan Para Produser Musik EDM

DAW, Senjata Andalan Para Produser Musik EDM Sumber: Supermusic

MATA LELAKI - Dalam industri musik EDM, kita mengenal dua buah profesi yang tidak bisa dipisahkan satu sama lain yakni produser musik dan seorang DJ. Meskipun keduanya memiliki ranah pekerjaan yang sama, yakni berkecimpung di dunia musik EDM, namun ada perbedaan dari deskripsi pekerjaan yang mereka lakukan. Dalam artikel ini kami akan membahas mengenai DAW, yang identik dengan profesi Produser DJ tersebut.

DAW sendiri memiliki arti Digital Audiowork Station atau ruang kerja audio digital. Atau secara awam, DAW berarti ruang kerja produser musik dalam membuat dan juga melakukan mixing lagu. Kemunculan Digital Audioworks Station ini tidak lepas dari kemajuan teknologi yang ada saat ini.

DAW sendiri merupakan transfomasi digital dari instrumen-instrumen musik yang tadinya bersifat analog atau manual. Semakin hari, segala sesuatu bisa semakin mudah untuk dilakukan termasuk dengan memproduksi lagu menggunakan DAW ini. Meskipun sudah dikenal sejak lama, namun keberadaan DAW ini sangat membantu para produser musik dalam membuat karya dari lagu mereka.

DAW sendiri berbentuk aplikasi perangkat lunak yang memungkinkan penggunanya untuk bisa merekam, kemudian melakukan ubahan lagu, serta mencampur lagunya untuk bisa menjadi sebuah karya yang enak untuk dinikmati. DAW sendiri sudah mulai diperkenalkan pada tahun 1970-an, saat-saat di mana musik disko memasuki fase awal sebelum akhirnya banyak diminati orang.

#

 

Jika pada zaman dahulu, penggunaan peralatan yang ada di sebuah studio rekaman harus memakan banyak tempat karena harus menempatkan alat-alat musik. Akan tetapi, kemunculan DAW ini menjadi salah satu gebrakan terbaru di bidang teknologi, khususnya dalam dunia musik ini. Di mana instrumen yang tadinya bersifat analog berubah menjadi digital.

Tidak semua orang bisa menggunakan DAW ini secara mahir, perlu pembelajaran khusus unntuk bisa menguasai semua fitur yang ada dalam DAW ini. Sebenarnya tidak terlalu sulit untuk bisa menguasai seluruhnya komponen dan juga fitur yang ada dalam DAW ini, anda hanya perlu konsisten dan juga kesabaran dalam belajar menggunakan DAW ini.

Secara konsep, sebenarnya penggunaan DAW ini sama dengan menggunakan alat musik konvensional. Oleh karenanya, sebelum anda mulai mencoba merekam dan menggubah suara, ada baiknya anda mengetahui pengetahuan dasar dari DAW ini. Banyak orang yang memiliki latar belakang di luar musik yang menguasai perangkat lunak Digital Audioworks Station ini dengan sangat baik.

Karena DAW ini adalah perangkat lunak, maka untuk bisa menggunakannya anda memerlukan sebuah Personal Computer atau PC yang memiliki spesifikasi khusus agar bisa menggunakan DAW ini dengan lancar. Setidaknya, anda harus memiliki perangkat dengan RAM sebesar 8Gb dan juga prosesor berupa Quad Core agar bisa menjalankan perangkat lunak ini dengan baik.

Selain melihat spesifikasi komputer anda, anda juga harus menggunakan tambahan perangkat berupa headphone atau sistem suara yang bagus. Karena dengan alat yang mumpuni tersebut, anda bisa menghasilkan karya terbaik dari musik buat anda sendiri. Sehingga anda sudah bisa menjadi seorang produser musik profesional dari dalam rumah anda sendiri.

Leave a Comment