Wednesday Oct 20, 2021 04:18

Ciri-ciri Kolesterol Tinggi yang Tidak Diketahui Penderitanya

Ciri-ciri Kolesterol Tinggi yang Tidak Diketahui Penderitanya

MATA LELAKI - Bagi anda yang belum tahu, kolesterol merupakan salah satu penyakit pembunuh terbesar yang ada di dunia. Tidak tanggung-tanggung, kolestrol sudah merenggut nyawa 2,6 juta di seluruh dunia. Kolesterol sendiri bisa muncul, karena berbagai penyakit mulai dari diabetes, serangan jantung sampai tekanan darah tinggi. 

Penyakit ini memang memiliki beberapa gejala, meski demikian, ternyata ada ciri-ciri penyakit ini yang justru tak diketahui oleh penderitanya. Apa saja?

Ciri-ciri Kolesterol Tinggi yang Tidak Diketahui Penderitanya
Sumber: American Nutrition

 

Kolesterol TIdak Mempunyai Gejala yang Spesifik

Kolesterol memang tidak mempunyai gejala yang spesifik, sehingga terkadang ada orang yang tetap bugar dan segar, padahal di dalam dirinya ada kolesterol. Maka dari itu, penting sekali bagi anda dan para orangtua untuk rutin melakukan cek kolesterol, secara rutin dan juga berkala. Hal ini, agar anda sendiri bisa memantau kadar kolesterol diri anda dari waktu ke waktu. Tes kolesterol sendiri, dilakukan untuk mengukur kadar lemak, yang ada di dalam darah. Total ada 4 komponen yang diukur, yaitu HDL, LDL, trigliserida dan juga Kolesterol total.

Ciri-ciri Kolesterol Tinggi Merasakan Sakit Kepala

Kolesterol tinggi, bisa ditandai dan dideteksi dengan munculnya sakit kepala. Ketika orang mengalami dan mempunyai kolesterol, maka akan lebih sering terkena sakit kepala intens. Lebih parah lagi, orang yang punya kadar kolesterol tinggi lebih sering mengalami migrain daripada orang yang memiliki kolesterol jauh lebih rendah. 

Kolesterol juga Bisa Ditandai Dengan Nyeri Dada

Selanjutnya kolesterol juga bisa ditandai dengan gejala nyeri dada. Hal ini terjadi, karena ada sebuah plak yang menyumbat arteri di pori-pori jantung. Hal ini, akan membuat darah tidak bisa mengalir dengan lancar dan akan bisa membuat dada orang yang terkena kolesterol menjadi dan mengalami sensasi seperti ditekan-tekan.

Total Kolesterol yang Baik Untuk Tubuh

Untuk orang dewasa, total kolesterol yang baik bagi tubuh adalah di bawah 200mg/dL. Sementara, jika jumlah kolesterol di angka 200-239 mg/dL masih tergolong tinggi dan diatas 240 mg/dL sangat tinggi sekali. Untuk itulah, anda harus rutin dan cek kolesterol anda, agar anda bisa tahu berapa total kadar kolesterol di tubuh anda, dan kalau tinggi anda bisa mencegah dan memperbaikinya. 

You may also like

Leave a comment