Wednesday Oct 20, 2021 05:40

Canon RF 85mm f / 1.2L USM, Lensa Pro Terbaik

Canon RF 85mm f / 1.2L USM, Lensa Pro Terbaik

MATA LELAKI - Lensa yang besar dengan harga yang besar, itulah yang dapat dikomentari mengenai lensa Canon terbaru ini. Tetapi sangat jelas bahwa Canon RF 85mm f / 1.2L USM telah dirancang dengan standar operasi dan kinerja tertinggi. Meskipun jauh dari praktis untuk penggunaan sehari-hari, ini merupakan lensa type RF terbaru yang mengesankan. Dengan kehadiran kamera jenis EOS R dan EOS RP dengan  sistem kamera mirrorless, mereka dengan cepat menghadirkan teknologi optik terbaik yang bisa menyertai teknologi mirrorless.

RF 85mm f/1.2L USM

RF 85mm f / 1.2L USM adalah gelombang kedua dari produksi lensa RF untuk sistem terbaru Canon. Sebanyak 4 jenis lensa awal telah diluncurkan pada 2018 lalu. Melengkapi empat lensa yang sudah tersedia, dari RF 35mm f / 1.8 IS Macro STM yang ringkas hingga Lensa USM RF 28-70mm f / 2L USM, dengan panjang fokus serta bukaan maksimumnya, menjadikannya lensa ini jadi yang ternyaman untuk melakukan pengambilan gambar.

Canon RF 85mm f / 1.2L USM

Canon RF 85mm f / 1.2L USM ini dirancang dengan banyak elemen teknologi terbaik. Dengan elemen yang mampu membaca penyimpangan dan ketidakstabilan cahaya, otomatis akan meningkatkan kualitas gambarnya secara umum. Teknologi Air Sphere Coating (ASC) juga telah digunakan untuk menjaga kontras dan meminimalkan pantulan (dan dengan demikian mengurangi flare dan ghosting). Fungsi yang sangat berguna dalam kondisi cahaya latar yang berlebih.

Ini juga merupakan lensa kedua yang menampilkan elemen Blue Spectrum Refractive Optics, mengikuti EF 35mm f / 1.4L II USM pada tahun 2015, dan Canon mengatakan ini digunakan untuk "hampir menghilangkan" chromatic aberration atau kesalahan fokus warna pada lensa.

Pemfokusan diatur menggunakan penggerak motor USM, yang bekerja dengan CPU kecepatan tinggi, yang menghasilkan kinerja yang cepat dan operasi yang nyaris hening, dan bersifat internal, sehingga panjang laras tetap konstan setiap saat.  Anda juga dapat mengatur fokus secara manual menggunakan cincin pengatur besar, yang diposisikan di tengah-tengah laras. Fungsi fokus manual dan dan otomatis dapat berfungsi sekaligus tanpa harus disetel satu persatu.

RF 85mm f/1.2L USM

Canon RF 85mm f / 1.2L USM adalah lensa yang besar dan berat, terutama bila Anda menggunakannya sebagai lensa utama. Hal itu disebabkan oleh aperture maksimum f / 1.2  (setelan bukaan lensa yang mengatur cahaya masuk dan menjaga kualitas gambar tetap tinggi) pada lensa ini memerlukan beberapa lensa kaca yang besar. Tetapi faktanya bahwa pada lensa ini lebih besar dan lebih berat  daripada “EF” 85mm f / 1.2L II USM menunjukkan bahwa  desain optik yang disertakan tentunya lebih modern.

Yang cukup mengesankan adalah larasnya yang bergaya sederhana yang minimalis. Hanya ada dua tombol kecil, satu untuk berganti-ganti antara fokus manual dan fokus otomatis, dan lainnya untuk membatasi rentang fokus, dari kisaran 1,5 m hingga tak terbatas, dan keduanya cukup rata dengan casing dan bergerak dengan mudah.

Satu-satunya kontrol tambahan lainnya adalah cincin kontrol yang dapat dikustomisasi untuk mengakses salah satu dari empat fungsi: aperture, kecepatan rana, eksposur atau ISO. Cincin kontrol memiliki desain bergerigi dan suara klik saat diputar, sehingga setiap klik sesuai dengan perubahan settingan. Cincin itu dapat digerakkan dengan mudah, dan suara klik yang terdengar membuat Anda tahu persis bahwa settingan sudah diubah.

RF 85mm f/1.2L USM

RF 85mm f / 1.2L USM terasa sangat pas saat digunakan, dengan jaminan konstruksinya yang tahan cuaca. Casing berbahan matte (lapisan karet lembut) kadang mudah terlihat seperti tergores, sama dengan  lensa EF seri-seri lainnya, meskipun goresan itu dapat dengan mudah dihilangkan.

Bobotnya membuatnya sangat berat dan beratnya terpusat di depan bagian depan. Namun pengaruh berat itu masih sangat aman untuk bodi kamera EOS R atau EOS RP, dudukan berbahan logam terpasang dengan kokoh ke bod., Memang lensa ini kurang nyaman saat dibawa-bawa apalagi saat kamera digantung di leher, karena lensa ini memang lebih diarahkan ke penggunaan menggunakan tripod atau digunakan di studio.

Pengambilan fokusnya pun memang tidak bisa sangat cepat, tapi tidak juga terlalu lambat seperti yang dibayangkan. Sangat wajar untuk lensa besar seperti ini.  Faktanya, dalam pencahayaan yang baik, RF 85mm f / 1.2L USM melakukan pekerjaan yang baik untuk fokus sulit sekalipun. Semuanya dilakukan tanpa terlalu banyak perlambatan, dan kinerja tetap baik, ketika kondisi pencahayaan kurang dari ideal.

RF 85mm f/1.2L USM

Namun, saat fokus sedang diposisikan, suaranya cukup terdengar, tapi tidak sampai pada titik di mana itu merupakan masalah jika Anda mencoba memotret objek secara diam-diam. Tetapi tentu saja cukup keras untuk terdengar dan mengganggu  saat merekam video. Tapi pahamilah ini bukan lensa yang dirancang dengan perekaman video sebagai fokus utama, dan jika Anda menggunakan fokus manual itu tidak akan menjadi masalah.

Kualitas hasil bidikannya sebanding dengan uang yang anda bayarkan untuk sebuah lensa. Kinerjanya pada aperture terluas sangat sepadan. Ketajaman pada f / 1.2 sangat baik, tajam penuh sampai ke sudut bingkai gambar.

Canon RF 85mm f / 1.2L USM

Canon RF 85mm f / 1.2L USM ini dapat anda beli seharga Rp 28 juta. Harga ini memang cukup mahal dan membuat anda harus kembali bereksplorasi saat digunakan. Tetapi  kinerjanya yang luar biasa membuat lensa ini patut untuk dimiliki, terutama bila anda merupakan fotografer profesional.

Memiliki lensa ini berarti Anda dapat menggunakan diafragma lensa dengan bukaan lebar dan mendapatkan ketajaman luar biasa, baik di seluruh gambar saat Anda membutuhkannya, atau pada area luar fokus yang halus dan indah saat tidak dibutuhkan. Hal ini sangat menakjubkan. Gambar bokeh pun memiliki tekstur halus yang indah.

RF 85

Pastinya lensa Ini tidak akan menjadi lensa untuk semua orang, dan hanya sedikit yang mampu membelinya, tetapi dipahami bahwa lensa RF 85mm F1.2L USM begitu bagus dan sempurna. Lensa yang mampu memberikan hasil sempurna dengan intervensi yang sangat minimal.

Sumber Gambar : https://global.canon/en/

You may also like

Leave a comment