Canon EOS R, Kamera Rp 50 Juta dengan Segudang Fitur

Canon EOS R, Kamera Rp 50 Juta dengan Segudang Fitur Sumber: oktagon.co.id

MATA LELAKI - Canon EOS R ini merupakan kamera yang istemewa dari Canon. Mengapa demikian? Karena EOS R merupakan mirrorless dari Canon pertama yang menggunakan sensor full frame, dimana sensor ini dapat menangkap cahaya yang banyak serta sangat baik ketika digunakan dalam kondisi minim cahaya. Bagian body dari EOS R memiliki pegangan tangan yang besar sehingga sangat cocok bagi anda yang memiliki tangan besar. Untuk bobot kameranya sendiri lebih berat dari pada mirrorless pada umumnya, dan pada bagian lensalah yang paling berat dari pada body-nya.

#

 

Selain itu fitur yang terdapat pada mirrorless satu ini adalah adanya fitur elektronik view finder, dimana biasanya digunakan pada kamera jenis DSLR. Sedangkan di bagian sensornya sendiri sudah berukuran 30.3 megapixel, yang tentu bisa menghasilkan gambar dan video yang jernih. Satu lagi fitur mencengangkan dari EOS R adalah titik fokusnya yang luar biasa, dimana memiliki 5.655 titik fokus. Bandingkan saja dengan DSLR biasa yang biasanya hanya 9 sampai 11 titik fokus. Sebenarnya jika dilihat sekilas fisik dari Canon EOS R ini terlihat seperti jenis DSLR karena memang lebih besar dari mirrorless pada umumnya.

Di bagian LCD-nya Canon EOS R ini menggunakan layar lipat ke samping yang sama dengan Canon 700D dan sejenisnya. Meskipun foto yang dihasilkan sangat tinggi, namun sayang kualitas videonya tertinggal dari mirrorless sekelasnya. Meski demikian, kamera ini masih bisa dibilang hampir sempurna, karena bisa menghasilkan resolusi video UHD 4K dengan 30fps. Harusnya dengan harga yang menyentuh Rp 50 jutaan, kualitas videonya bisa di atas ini.

#

sumber : kompas.com

Namun anda tak perlu khawatir, Canon tentunya sudah mempertimbangkan banyak hal dalam menentukan harga yang tinggi seperti ini. Pastinya anda tak akan menyesal jika membelinya. Fitur lainnya adalah adanya touchscreen pada layar, dan juga anda bisa menentukan fokusnya melalui layar dengan cara menekannya secara langsung. Dengan point autofokus sebanyak itu tentu tak akan membutuhkan waktu lama agar kamera bisa fokus dengan satu objek.

Di bagian baterainya EOS R ini menggunakan jenis yang sama dengan kamera semipro dan pro seperti 5D dan 7D, dengan kapasitas 1800mAh. Jadi anda tak perlu khawatir akan cepat kehabisan baterai, karena bisa dibilang ini adalah baterai untuk DSLR yang dimasukkan ke kamera mirrorless, sehingga tentu akan jauh lebih awet. Canon EOS R ini bisa dipakai untuk kalangan pemula dan juga profesional karena fitur yang dibawanya sangat banyak dan juga mumpuni. Kamera ini masuk di Indonesia sejak Oktober 2018 silam, dan untuk harganya sendiri sekitar Rp 46 jutaan di situs jual beli online plazakamera.com, jika dijual offline kemungkinan antara Rp 50-52 jutaan.

Bagaimana menurut anda? Apakah fitur yang dibawanya pantas jika dihargai Rp 50 jutaan? Atau justru terlalu mahal?

Leave a Comment