Brompton Electric Bike, Sepeda Praktis yang Luar Biasa

Brompton Electric Bike, Sepeda Praktis yang Luar Biasa Sumber: brompton.com

MATA LELAKI - Brompton adalah produsen sepeda yang fenomenal, karena mampu membuat sebuah sepeda lipat mini yang memiliki estetika tinggi. Tidak berlebihan bila perusahaan ini didefinisikan sebagai pembuat sepeda kecil yang serbaguna dan futuristik. Bromptons telah dipuja dan dicerca banyak orang, dan beberapa bulan kemarin di bulan Juli mereka meluncurkan sepeda listrik pertama mereka.

Hampir di setiap perancangan sepeda elektrik selalu ditemui kesulitan dalam mendesain tempat menyimpan baterai sepeda itu, dan beberapa mungkin membuatnya agar bisa dilepas sehingga mudah diisi ulang. Beberapa sepeda listrik yang cukup laris menyembunyikan baterai di dalam batang pipa sepeda. Sementara yang lain memasangnya ke bingkai atau boncengan belakang yang akhirnya terlihat seperti sebuah kotak beban yang tidak enak dilihat. Brompton menempuh sebuah desain yang sama sekali berbeda.

Perusahaan sepeda asal Inggris ini tetap konsisten dengan kulturnya yang sudah mereka jalankan selama 44 tahun, yaitu “kepraktisan”. Solusi cerdasnya, Brompton secara praktis menempatkan baterainya di dalam sebuah tas sandang kecil yang bisa dengan mudah dilepas dan diposisikan di bagian depan sepeda. Kami akan mencoba membahas apa yang perlu Anda ketahui tentang sepeda lipat Brompton Electric seharga 70 Jutaan Rupiah ini.

Tentunya di seluruh dunia, nama Brompton sudah identik dengan sepeda lipat. Sepeda yang saat ini diproduksi di London tetap setia pada desain ikonik yang sama sejak didirikan pada tahun 70-an. Selama beberapa dekade, Bromptons telah digunakan, dan dibawa di kereta, bus, dan mobil oleh kaum komuter yang membutuhkan solusi untuk menemani aktivitas keseharian mereka atau sekedar berkeliling kota. Sepeda ini menambahkan motor listrik 250W sebagai pelengkap yang meringankan kayuhan pengguna sehingga memperluas jangkauan pemakaian. Dengan kelebihannya itu, dalam perjalanan Anda akan terasa lebih ringan hingga sampai ke tujuan.

BROMPTON ELECTRIC BIKE

 

Sepeda kecil Brompton ini  dapat dibawa ke dalam transportasi umum secara gratis dan kemudian disimpan di bawah meja Anda di rumah atau kantor. 

Kami telah menguji coba Brompton Electric (model M2L) di Jakarta selama beberapa minggu terakhir dalam perjalanan menggunakan KRL dan bersepeda sejauh sekitar 5 km. Tapi pertama-tama, mari kita bicara sedikit tentang tas yang unik itu.

Tas ukuran 1,5 liter pada dasarnya fungsinya adalah sebagai alat portabel. Tas ini menampung baterai 300Wh yang dapat dilepas dari sepeda. Baterai ini mampu dibawa antara 30 hingga 70 km tergantung bagaimana dan di mana Anda berkendara. Saat kami uji baterai ini berada dalam jarak jangkauan 40 km saat dibawa berkendara dengan kondisi daya penuh dalam penggunaan di lintasan yang datar. Tas itu memiliki sebuah saku luar kecil untuk tempat kabel pengisi daya, bahkan bisa sebagai tempat kunci, dan tempat smartphone Anda disimpan sambil di-charge di sana lewat port USB pada baterai. Baterai tidak dapat dipasang ke sepeda tanpa tas ini.

Ada dua tombol di bagian atas baterai untuk mengganti mode daya dan ada lampu LED di depan dan belakang. Anda dapat mengaksesnya saat mengendarai sepeda. Lampu indikator menunjukkan sisa baterai, mode daya, dan status pencahayaan lampu sepeda (mati, hidup, atau otomatis). Baterai dapat diekstraksi dari tas dengan pegangannya yang terintegrasi (yang terlipat rata saat berada di dalam tas). Tas itu sendiri juga memiliki pegangan, di mana Anda akan menemukan tombol yang Anda tekan untuk melepaskan tas dari sepeda. Tali sandang yang disebutkan di atas melekat dengan aman ke saku samping.

Sebagai sepeda, Brompton memiliki dua roda berukuran 16 inci. Namun demikian, mereka  menambahkan tiga roda kecil tambahan (dua di belakang tiang pengaman dan satu di atas spakbor belakang) yang memungkinkan sepeda ditarik seperti halnya sebuah bagasi dan di tarik di stang-nya ketika roda belakang dilipat. Sepeda tidak terlalu stabil saat disangga roda plastik kecil itu dan dapat dengan mudah terbalik jika Anda tidak hati-hati. Tapi saat terlipat semuanya terlihat cukup rapi dan aman walau tetap terlihat kabel dan baut yang menonjol dan bergulung.

Mengendarai Brompton pada awalnya akan terasa tidak halus dan kadang seperti menyentak sampai Anda nanti akan terbiasa dengan desain stang kecilnya dan rodanya yang juga kecil. Brompton Electric mungkin akan terasa aneh dengan semua beban ekstra di atas roda depan dan hub motor depan yang akan membantu  menarik sepeda Anda saat berjalan. Meskipun demikian, Anda akan beradaptasi dengan cepat dan menemukan bahwa perjalanan menggunakan sepeda ini akan cukup nyaman untuk jarak pendek dan sedang, tetapi kurang ideal untuk perjalanan yang lebih lama.

Namun harus Anda catat dan ingat  bahwa tas baterai ini menimbulkan suara yang cukup berisik saat digunakan di beberapa jalan yang berbatu tidak rata. Sistem penguncian tas yang memungkinkan tas ini (dan baterai) untuk dengan mudah dimasukkan dan dilepas dari motor tidak cukup aman untuk menjaga kombinasi berat dari guncangan di permukaan yang tidak rata. Di trotoar datar itu masih sedikit terasa.

Ingat saat Anda mungkin saja melewati gundukan yang cukup menghentak, hal itu dapat menyebabkan motor terputus, dan Anda akan melihat dua lampu menyala pada baterai. Bila Anda mengalaminya jangan khawatir, tetap saja mengendarai sepeda seperti biasa untuk menghidupkan dan memulihkan fungsi baterai. Brompton menyampaikan mereka telah mengetahui masalah ini, dan telah merilis pembaruan perangkat lunak untuk mengatasinya. Namun demikian, itu masih dapat terjadi walau jarang, disebabkan oleh "gangguan daya mikro" karena "berat dan atau guncangan besar." Kami hanya mengalaminya sekali dalam beberapa ratus kilometer penggunaan normal.

BROMPTON ELECTRIC BIKE

 

Motor listriknya sendiri dilindungi oleh garansi dua tahun, dan baterainya juga dua tahun atau 500 kali charge, mana yang lebih dulu. Brompton mengatakan sedang memantau masalah tadi dan mencari solusi lebih lanjut. Pencegahan yang baik adalah dengan lebih menjaga dan menstabilkan tas.

Menurut kami, sadel Brompton terlalu keras dan grip standarnya terlalu tipis dan kaku untuk perjalanan terpanjang yang mungkin saja karena kemampuan tambahan dari motor listriknya yang membuat anda jadi bersepeda lebih jauh dari biasanya. Sebenarnya semuanya baik-baik saja untuk jarak pendek dan bahkan menengah. Masalah yang kami temui adalah adalah desain stang tipe M yang lebih pendek. Ini akan  menempatkan pengguna pada posisi menunggang sedikit ke depan yang memberi tekanan lebih pada tangan, menyebabkan semua beban badan hanya bertumpu pada lengan. Penting sekali untuk mengukur ukuran Brompton Anda dengan benar saat memesan. Anda dapat memesan sepeda dengan tinggi stang pilihan Anda (dua ukuran) dan panjang seatpost (tiga ukuran). Akan lebih nyaman jika menggunakan stang tipe H yang lebih panjang untuk posisi mengendarai yang lebih tegak. Sadel dan grip dapat diganti dengan aksesoris aftermarket.

Perjalanan bersepeda agak tidak nyaman ketika mengenakan ransel yang diisi dengan laptop dan perlengkapan lain yang diperlukan untuk perjalanan sehari-hari. Untung Brompton menawarkan City Bag seharga 2 jutaan Rupiah dengan kapasitas besar 20 liter yang dapat menampung baterai, laptop Anda, charger, dan peralatan lainnya. Itu membuat perjalanan yang lebih lama dan jauh lebih nyaman, bahkan jika tas besar yang terpasang di bagian depan sepeda mungil itu tampak konyol dan semakin membebani roda depan.

Sementara Brompton suka menyombongkan diri tentang hub motor depan mereka yang dibangun dan dirancang bekerja sama dengan insinyur Formula 1 dari Williams, walau tidak bisa dikatakan sangat terkesan. Motor itu tetap berisik, mengeluarkan suara bernada tinggi saat melaju pada output maksimum 25 km/jam. Ada juga sedikit keterlambatan sebelum daya motor masuk setelah Anda mengayuh sepeda, dan kemudian terus mengayuh sepeda ke depan selama sepersekian detik setelah cranking berhenti, meskipun dilengkapi dengan sensor torsi dan sensor irama. Secara relatif, pengiriman daya pada Brompton jauh lebih tidak intuitif daripada sepeda elektrik merk Koboi yang hening, dan hampir sama dengan sepeda elektrik lipat GM merek Ariv yang sama berisik. Ariv yang menggunakan motor di tengah memang menyenangkan untuk dikendarai, sedangkan motor Brompton yang dipasang di depan tidak dapat disangkal adalah hal yang tidak terlalu baik.

BROMPTON ELECTRIC BIKE

 

Mungkin sedikit keluhan terkait sepeda Electric Brompton ini adalah karena tidak terlipat ke dalam paket yang sangat kecil, walau sebenarnya cukup kecil untuk dapat masuk ke dalam bagasi mobil kecil perkotaan atau diposisikan di sebelah Anda di kereta. Bagi banyak penumpang komuter, itulah hal yang paling penting.

Brompton Electric terlipat tiga seperti sepeda lipat merk lain. Meskipun kita bisa melipatnya dengan baterai terpasang, tapi jauh lebih mudah untuk melepas baterai/tas 2,9 kg, dengan sepeda seberat 14 kg untuk anda lipat dan angkat. Itu sangat ringan untuk sepeda lipat, tetapi ini bukan yang paling ringan.

Sepeda ini terlipat dengan baik hanya dengan dalam lima langkah koreografi. Dua langkah membutuhkan manipulasi dari mur dan engsel. Menarik pelatuk dan kemudian membalikkan roda belakang ke bawah sepeda, bagaimanapun, sangat memuaskan, seperti halnya menjepit stang ke rangka dengan mudah saat gravitasi akan membimbingnya ke tempatnya. Ini adalah metode pelipatan yang dicoba dan benar yang telah digunakan Brompton dengan baik selama beberapa dekade. Namun demikian, pendatang baru seperti GM dan Gocycle telah meningkatkannya dengan cara yang ramping dan intuitif, tetapi dengan tambahan berat yang sedikit lebih .

Saat sudah terbiasa Anda dapat melipat dan membuka lipatan sepeda secara konsisten dalam waktu sekitar 20 hingga 30 detik. Brompton Electric cukup kecil sehingga Anda biasanya dapat membuka lipatannya saat masih di dalam kereta saat mendekati stasiun, memungkinkan Anda untuk mendorongnya saat pintu kereta terbuka. Anda hanya harus berhati-hati untuk tidak meninggalkan tas baterai di kereta.

Adapun beberapa catatan utama lain terkait sepeda ini adalah :

  • Sepeda ini tidak memiliki standar penyangga seperti sepeda lain, tetapi roda belakang dapat dilipat dengan cepat sehingga sepeda dapat berdiri sendiri. Fender, lampu, dan bel semuanya sudah lengkap tersedia.
  • Brompton Electric dilengkapi dengan rem ganda, walau bukan sistem hidrolik, Anda tidak akan merasa perlu menggunakan tenaga yang besar.
  • Tidak adanya hambatan tambahan saat berkendara dengan motor dimatikan.
  • Baterai 300Wh mengisi daya sekitar 4 jam dengan pengisi daya yang disertakan, atau sekitar 2 jam dengan sistem pengisi daya cepat 4-amp tambahan (seharga 1,7 juta Rupiah).
  • Meskipun Brompton Electric bisa masuk di dalam bagasi penumpang di pesawat, baterai lithium-ion yang besar diklasifikasikan sebagai barang berbahaya dan karenanya tidak dapat diangkut dengan pesawat penumpang.
  • Pedal di sisi kiri Brompton dapat dilipat sehingga memudahkan untuk mendorong tanpa resiko cedera pada tulang kering kaki Anda.
  • Pompa tangan yang unik terintegrasi ke dalam rangka sepeda.
  • Brompton mengatakan motor ini cocok untuk pengendara dari tinggi badan 140 cm hingga 203 cm 
  • Aplikasi smartphone tersedia untuk sepeda ini. Awalnya akan merekam dan menampilkan data seperti kecepatan, perjalanan, dan jarak total yang ditempuh, melacak riwayat layanan Anda dan mengirim pengingat layanan, dan memungkinkan Anda mengubah mode berkendara. Ini akan berkomunikasi dengan sepeda melalui Bluetooth, yang dapat diaktifkan melalui pembaruan perangkat lunak di dealer Brompton Electric.
  • Brompton Electric tidak memiliki fungsi GSM atau GPS untuk pelacakan lokasi atau untuk menemukan pencurian.

 BROMPTON ELECTRIC BIKE

 

Dapat disimpulkan Brompton Electric adalah sepeda lipat listrik yang sangat bagus. Meskipun menurut kami beberapa elemen-elemen tertentu dari desainnya tidak memiliki kemajuan yang signifikan, kemampuan praktisnya yang luar biasa membuatnya cocok untuk semua orang kecuali untuk penggunaan sepeda jarak jauh. Ya, itu adalah sepeda untuk orang yang melek teknologi. Bisa dibilang sepeda ini adalah sepeda yang dapat menggantikan mobil untuk banyak perjalanan perkotaan, dibawa ke transportasi umum pada jam-jam sibuk secara gratis, dan cukup kecil untuk terselip dari pandangan. Dan ketika Anda mampu menghabiskan lebih banyak uang untuk sepeda listrik, Anda akan dapat menggunakannya setiap kesempatan.

Sumber foto : https://www.brompton.com/

Leave a Comment