Bir vs Kopi: Anda Pilih yang Mana ?

Bir vs Kopi: Anda Pilih yang Mana ? Sumber: okezone.com

MATA LELAKI- Bir dan kopi sama-sama punya penggemarnya masing-masing. Kopi sendiri merupakan minuman wajib dari berbagai lapisan masyarakat. Mulai dari kalangan bawah berupa kopi sachet warung, sampai kalangan urban yang minum kopi dari gerai kopi ternama. Begitu juga dengan bir, walaupun di Indonesia kurang populer. Di negara barat, bir sudah menjadi minuman wajib untuk menyantap makanan ataupun nobar dan nongkrong-nongkrong.

Rupanya, baik bir atau kopi memiliki efek pada otak, yang salah satunya bisa membuat otak lebih kreatif. Bisa dibilang kita memiliki ketergantungan pada bir atau kopi, mengingat kita sebagai orang dewasa memiliki berbagai rutinitas, dan kita juga perlu sesuatu untuk bisa melakukan rutinitas itu dengan baik. Caranya yaitu dengan meminum bir atau kopi. Berikut ini adalah efek yang didapat dari meminum bir dan juga kopi.

1. Bir

#
Sumber : Qraved

 

Bir diketahui memiliki efek pada bagian otak yang disebut cerebral cortex. Fungsi dari bagian otak itu antara lain adalah untuk berpikir dan juga kemampuan berbahasa. Bir memiliki efek negatif untuk bagian otak tersebut, yaitu membuat kita jadi kurang fokus. Namun, di sisi lain, meminum bir justru bisa membuat tubuh lebih bugar dan merasa rileks.
 
Lebih jauh lagi, meminum 2 gelas bir ternyata bisa membuat kita jadi lebih kreatif. Jadi, anda bisa menemukan berbagai ide baru hanya dengan minum bir. Hanya saja kami sarankan, anda juga jangan terlalu banyak meminumnya.

2. Kopi

#
Sumber : Qraved

 

Kopi sudah lama dikenal sebagai minuman untuk melawan kantuk. Yang membuat kia tahan terhadap kantuk adalah karena adanya kandungan kafein di dalam kopi. Selain menghilangkan kantuk, meminum kopi diketahui juga membuat kita jadi lebih aktif dan memiliki energi lebih. Bahkan ada yang mengatakan bahwa kopi juga akan membuat tubuh jadi lebih fokus. Karena itulah, kopi ini memang cocok dikonsumsi oleh orang yang ingin fokus menyelesaikan sesuatu, entah itu pekerjaan atau hal lainnya.

Kesimpulan

Jadi, kesimpulannya adalah meminum bir dan kopi selain memiliki efek negatif, juga bisa memiliki efek positif, yaitu membuat otak jadi berpikir lebih kreatif, sehingga muncul ide-ide baru yang tak terpikirkan sebelumnya. Namun, seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, jangan mengkonsumsi bir atau kopi ini secara berlebihan, karena justru akan mendatangkan penyakit.

Leave a Comment