Pacco, Makanan Khas Indonesia yang Mirip dengan Sashimi

Pacco, Makanan Khas Indonesia yang Mirip dengan Sashimi Sumber: trendingdunia.net

MATA LELAKI - Sashimi merupakan teman dari Sushi yakni makanan Jepang yang terbuat dari makanan laut yang masih segar dan langsung dimakan ketika masih mentah, lalu hanya dibumbui dengan kecap asin atau wasabi. JIka Sushi digulung, maka berbeda dengan Sashimi. Sashimi akan dicampur dan dijadikan untuk lauk makan. Makanan laut yang tersedia seperti ikan, kerang, dan lainnya yang masih segarlah yang bisa dikonsumsi secara mentah ini. Jika anda sudah tahu tentang Sashimi dan asalnya, kali ini ada satu makanan yang dijuluki Sashimi-nya orang Indonesia.

Pacco, makanan satu ini merupakan makanan khas Sulawesi Selatan, dan bahan dasarnya juga sama dengan Sashimi yakni ikan laut mentah. Karena banyak penduduk Sulawesi Selatan berada di daerah pesisir pantai, maka dari itu mereka banyak yang mengonsumsi olahan satu ini. Tak heran jika Pacco juga dikatakan mirip dengan Sashimi dan Sushi dari Jepang. Pacco dihidangkan dengan bahan campuran lemon, garam, cabai rawit dan bahkan ada juga yang menambahkan potongan mangga muda, sehingga cita rasa yang dihasilkan akan terasa asam pedas. Karena diolahnya tidak dengan dimasak, Pacco memanfaatkan Asam Cuka sebagai penggantinya.

#

 

Jika anda berkunjung ke Sulawesi Selatan, rasanya harus mencoba makanan khas satu ini. Karena tidak dimasak maka ikan dan bahan lainnya haruslah yang masih benar-benar segar dan bersih. Jika sudah dimasukkan atau dibekukan tentu tidak akan enak jika dibuat makanan Pacco ini. Proses pembuatannya juga sangat mudah dan sederhana, dimana pacco hanya disajikan dengan beberapa bumbu sederhana saja.

Pacco sendiri terdapat banyak resep, namun inti dari resep tersebut tetaplah pada bahan ikan yang digunakan. Bisa ikan teri, atau ikan kecil lainnya yang terpenting masih segar. Dan jika bisa baru dapat dari lautan, itulah yang bisa menghasilkan cita rasa yang khas dari Pacco ini.

Sajian dari Sulawesi Selatan ini juga sangat nikmat jika disajikan dengan Dange, makanan yang juga merupakan khas Sulawesi yang terbuat dari sagu. Jika anda bosan dengan olahan laut yang hanya digoreng, disambal, disemur, disantan dan lainnya, maka anda bisa mencoba alternatif satu ini. Selain gizinya yang tinggi anda juga akan merasakan sensasi masakan yang berbeda dari biasanya.

Leave a Comment