Barong Family, Label Musik EDM Asal Belanda Bernuansa Indonesia

Barong Family, Label Musik EDM Asal Belanda Bernuansa Indonesia Sumber: AaPutrakencana

MATA LELAKI - Pesona Indonesia memang sudah tidak asing lagi di mata internasional. Selain karena keindahan negararanya, faktor kebudayaanlah yang menjadi daya tarik utamanya. Salah satu label produksi musik DJ asal Belanda yakni Barong Family menjadi bukti bahwa Indonesia memang sudah dikenal di dunia musik EDM. Lalu bagaimana kisah mengenai Barong Family ini? Berikut adalah ulasannya.

Barong Family adalah sebuah label musik yang khusus meluncurkan musik-musik EDM yang dimiliki oleh DJ grup asal Belanda yakni Yellow Claw. Logo dari label musik ini menggunakan gambar Barong dengan dominasi warna merah dan hijau. Seperti yang diketahui, barong sendiri adalah berasal dari Pulau Dewata Bali.

Sebelumnya, Barong Family didistribusikan pertama kalinya pada tahun 2014 dengan Spinnin’ Records. Akan tetapi, Yellow Claw memutuskan untuk mengakhiri kontrak kerja samanya dengan Spinnin’ Records dan mulai berdiri sendiri dengan label musik independen pada tahun 2015. Alasan Yellow Claw mengakhiri kerja sama adalah karena untuk mempertebal rasa kekeluargaan, sesuai dengan namanya Barong Family.

#
Foto: AaPutrakencana

 

Selain itu, prinisp yang diemban dalam manajemen ini adalah murni kekeluargaan di mana mereka tidak melulu membahas mengenai masalah pekerjaan dan bisnis saja. Untuk genre musik yang dirlis oleh label ini bisa dikatakan unik dan juga anti mainstream. Mereka menaungi aliran musik Trap dan juga Jungle Terror yang memiliki lagu-lagu dance keras.

Ada beberapa DJ internasional yang juga bergabung dengan Barong Family ini seperti Mike Cervello, Moksi, Snavs, Stoltenhoff, Yung Felix, Wiwek Mahabali dan lainnya. Beberapa dari DJ tersebut juga memasukkan unsur Indonesia dalam setiap karyanya seperti misalnya Yellow Claw dan juga Wiwek yang memasukkan gamelan Jawa dan juga musik Bali dalam single mereka.

Dalam sebuah wawancara, Yellow Claw mengakui bahwa mereka tertarik dengan segala sesuatu yang ada di Indonesia. Wajar saja, mengingat Indonesia dan Belanda memang sudah memiliki keterikatan sejak ratusan tahun silam. Yellow Claw sendiri sebagai penggagas dari Barong Family ini sudah sering mengadakan pertunjukan di Indonesia seperti di Yogyakarta, Bandung, Medan, Surabaya, Bali dan juga Jakarta. Terakhir kali kunjungan mereka adalah pada tanggal 11 Juli 2017 ketika mengadakan konser tur di Jakarta.

Leave a Comment