Bar, Lounge, Pub, Diskotik, Club, Apa Bedanya?

Bar, Lounge, Pub, Diskotik, Club, Apa Bedanya? Richard Charles dari Hakkasan Jakarta (Sumber: kompas.com)

MATA LELAKI - Mungkin kita sering mendengar hiburan malam yang bernama bar, club malam, lounge, pub, dan juga diskotik. Mungkin juga ada yang menganggap bahwa hiburan malam tersebut sama saja dan hanya berbeda nama, namun kenyataannya, nama-nama tersebut memiliki perbedaan, sehingga tak bisa disamakan. Apa saja perbedaan dari semua hiburan malam tersebut?

Pertama, mari kita bahas mengenai bar dan lounge. Masih ada beberapa orang yang menyamakan kedua hiburan malam tersebut, karena memang bar tak bisa dipisahkan dari lounge. Namun, sebenarnya kedua tempat itu memiliki perbedaan. Bar bisa dibilang mirip dengan kafe, hanya saja yang dijual adalah minuman beralkohol. Pengunjungnya juga biasanya anak muda yang berpakaian santai.

#
Lounge Hotel Amaroossa Bekasi (Sumber: kompas.com)

 

Sementara untuk lounge, lounge ini biasanya ada di hotel berbintang, dan merupakan tempat untuk minum-minum yang lebih elegan. Di sini tersedia pelayan, dan biasanya tamunya merupakan pebisnis. Karena itulah, pengunjung dari lounge biasanya berpakaian lebih rapi dan sopan. Harga minumannya juga biasanya lebih mahal dibandingkan dengan bar.

#
Jaya Pub Thamrin (Sumber: kompas.com)

 

Berikutnya, yang akan dibahas adalah pub dan diskotik. Sama seperti bar dan lounge, masih ada yang menganggap bahwa pub dan juga diskotik adalah satu tempat yang sama namun hanya berbeda nama. Faktanya, kedua tempat ini adalah tempat yang berbeda. Biasanya, diskotik adalah tempat di mana pengunjungnya hanya ingin berdansa mengikuti irama lagu yang diputar oleh DJ, sembari minum minuman beralkohol.

Sementara itu, pub merupakan tempat yang lebih cocok untuk komunitas. Karena itulah, pub dibuat lebih besar dan menyediakan banyak tempat duduk, sehingga cocok juga untuk tempat diskusi. Secara garis besar, perbedaan mendasar dari pub dan diskotik adalah keberadaan lantai dansa atau dance floor. Di diskotik sudah pasti ada dance floor, sementara di pub tak ada dance floor, karena pub biasanya lebih ke live music.

#
Klub malam Akasaka, Jepang (Sumber: kompas.com)

 

Terakhir, yang akan dibahas adalah club malam. Beberapa menganggap club malam ini serupa dengan pub dan diskotik, namun sebenarnya berbeda. Untuk lebih mudahnya, club ini biasanya berupa bangunan yang di dalamnya terdiri dari kurang lebih 3 layanan, seperti pub, diskotik, atau karaoke.

Apakah kalian kini sudah tahu perbedaan dari bar, lounge, pub, diskotik, dan club?

Leave a Comment